Rabu, 12 September 2012

Bangun dari Tidur


Selasa, 4 September 2012
Bacaan Alkitab: Roma 13:10-11
Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.” (Rm 13:11)


Bangun dari Tidur


Saya yakin semua dari kita pasti pernah bermimpi pada waktu tidur. Kadang-kadang kita mengalami mimpi yang seram atau sedih, sementara di sisi lain kita juga bisa mengalami mimpi yang menyenangkan dan membahagiakan. Akan tetapi seindah-indahnya mimpi yang kita alami, hal itu tetap adalah sebuah mimpi dan bukan kenyataan. Realita yang sesungguhnya adalah kehidupan kita yang nyata. Kita akan dapat melihat kenyataan ketika kita sudah bangun dari tidur kita. Jika kita masih tertidur, maka apa yang kita lihat dalam tidur tersebut bukanlah kenyataan hidup melainkan hanya mimpi semata.

Memang terkadang bermimpi itu perlu, karena dari mimpi itulah kita bisa memikirkan tentang apa yang harus kita lakukan di dalam hidup kita. Akan tetapi adalah sangat berbahaya jika kita lebih suka bermimpi tanpa mau melakukan apa yang seharusnya kita lakukan di kehidupan nyata kita. Alkitab memberikan contoh bahwa kasih itu harus menjadi ciri khas bagi orang percaya (ay. 10). Bagaimana cara kita menunjukkan kasih kita kepada orang lain? Apakah harus ditunjukkan hanya di dalam mimpi? Tentu tidak. Kasih itu harus diwujudkan dalam tindakan nyata.

Akan tetapi, bangun dari tidur tidak hanya sekedar bangun dari mimpi dan hidup dalam dunia nyata saja. Bangun dari tidur juga bermakna bahwa kita harus bangun karena memang sudah saatnya kita bangun (ay. 11a). Jika kita adalah seorang karyawan atau seorang pelajar, tentu saja setiap pagi kita harus bangun agar kita bisa berangkat pagi ke kantor atau sekolah kita.

Hal yang sama berlaku dalam kehidupan rohani kita. Kita pun perlu bangun karena memang sudah saatnya kita bangun dan bangkit secara rohani. Kehidupan rohani kita tidak boleh hanya tidur dan tidur saja. Kita harus bangun dan bertindak. Mengapa demikian? Karena waktunya sudah dekat. Alkitab mengatakan bahwa saat ini keselamatan sudah lebih dekat dibandingkan dengan pada saat kita percaya (ay. 11b). Dengan kata lain, Alkitab mencoba untuk mengatakan bahwa waktu kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali pun sudah semakin dekat. Itulah mengapa kita tidak boleh menjadi orang Kristen yang tidur, melainkan orang Kristen yang harus bangun dan melakukan kehendak Bapa kita yang di surga. Ingatlah bahwa bukan orang yang berseru-seru “Tuhan, Tuhan” yang akan diselamatkan, melainkan mereka yang melakukan kehendak Bapa di surga (Mat 7:21).

Ketika kita sadar waktunya sudah semakin dekat, apa yang harus kita lakukan? Bekerjalah di ladang Tuhan dengan giat. Lakukan bagian kita sesuai dengan panggilan Tuhan bagi kita. Alkitab mengatakan agar kita senantiasa mengerjakan pekerjaan Tuhan, selagi hari masih siang, selagi kita masih dapat bekerja, selagi malam belum tiba (Yoh 9:4). Mari kita bangun dari tidur dan bekerja bagi Tuhan, yaitu melakukan kehendak Tuhan, dan melakukannya dengan sebaik-baiknya bagi Tuhan, agar nama Tuhan dipermuliakan.




Bacaan Alkitab: Roma 13:10-11
13:10 Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.
13:11 Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.