Selasa, 27 Agustus 2013

Iblis Itu Tidak Bodoh



Rabu, 28 Agustus 2013
Bacaan Alkitab: Efesus 6:11-13
Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Ef 6:12)


Iblis Itu Tidak Bodoh


Belakangan ini, ada semacam kebiasaan yang sudah umum di antara orang Kristen untuk “mengusir” iblis di dalam doa kita. Memang Alkitab pun mengatakan agar kita harus melawan iblis dan iblis akan lari dari kita (Yak 4:7). Akan tetapi, apa benar iblis begitu mudah untuk pergi dan tidak akan kembali lagi? Apa iya hanya dengan “mengusir” iblis kemudian hidup kita akan tenang-tenang saja?

Tidak. Iblis bukanlah musuh yang bodoh. Iblis bukanlah musuh yang sekali diusir lalu tidak akan mencoba untuk datang lagi. Jika iblis itu adalah musuh yang bodoh, tentu saja Paulus tidak akan meminta jemaat Tuhan untuk mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah (ay. 11a). Jika iblis hanya musuh yang mudah untuk dikalahkan, tentu kita cukup mengenakan 1 atau 2 senjata saja bukan?

Tetapi perhatikan kalimat selanjutnya dari ayat ini. Kita mengenakan seluruh perlengkapan senjata untuk bertahan melawan tipu muslihat iblis (ay. 11b). Apa Paulus tidak salah menulis? Seluruh perlengkapan senjata hanya untuk bertahan dari tipu muslihat iblis? Ya. Ini adalah kebenaran yang mengejutkan. Seringkali kita berpikir bahwa iblis ini cukup mudah diusir begitu saja. Memang benar kuasa Tuhan Yesus jauh lebih besar daripada kuasa apapun di dunia ini, termasuk kuasa iblis. Ketika kita melawan atau mengusir iblis di dalam nama Yesus, tentu iblis akan pergi. Akan tetapi ingatlah bahwa iblis tidak pergi begitu saja, ia akan mencari waktu yang tepat untuk datang kembali (1 Ptr 5:8).

Sekali lagi saya katakan bahwa iblis tidak bodoh. Ayat selanjutnya dari bacaan Alkitab kita hari ini menyatakan bahwa iblis memiliki “struktur organisasi” yang luar biasa. Bahkan dikatakan bahwa lawan kita (iblis) adalah para pemerintah, penguasa, penghulu dan roh-roh jahat di udara (ay. 12). Ini bukan musuh yang sembarangan. Musuh yang teroganisir dengan rapi akan lebih sulit dikalahkan dibandingkan dengan musuh yang  berdiri sendiri. Oleh karena itu Paulus pun kembali lagi menyarankan agar kita mengambil dan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah agar kita dapat melawan iblis dan dapat tetap berdiri setelahnya (ay. 13).

Jadi, apakah iblis lawan yang tidak dapat dikalahkan atau dapat dikalahkan? Jawaban saya sebenarnya sederhana, tetapi mengandung makna yang dalam. Iblis sudah dikalahkan oleh  Yesus Kristus, akan tetapi iblis itu bukan lawan yang bodoh, sehingga kita tidak boleh menganggap remeh atau menganggap enteng iblis. Kita harus melawan iblis dengan sungguh-sungguh. Jangan main-main dengan iblis jika kita belum siap melawannya. Bahkan seorang hamba Tuhan atau pendeta yang sudah senior sekalipun bisa jadi sasaran iblis. Kita mungkin pernah mendengar ada pendeta yang berselingkuh, atau ada lulusan sekolah theologi yang hidupnya tidak benar, dan lain sebagainya. Mengapa bisa terjadi hal-hal seperti itu? Karena iblis pintar mencari celah dalam kehidupan kita dan memanfaatkan kelengahan kita. Peperangan rohani melawan iblis bukan hanya terjadi sekali saja, tetapi setiap hari dan setiap saat kita sebenarnya sedang berperang melawan iblis. Di saat kita merasa kita sudah menang dan kita merasa jumawa, di saat itulah iblis akan datang menyerang kita tanpa kita sadari.

Berjaga-jagalah dengan lawan kita tersebut. Jangan sekali-kali menganggap bahwa iblis itu begitu mudah dikalahkan, hanya dengan sekali mengusir maka iblis tidak akan datang lagi. Mintalah Tuhan menjaga kehidupan kita dan memagari kita, sehingga kita bisa bertahan melawan segala tipu muslihat iblis. Jangan lupa pula untuk mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah agar kita boleh bersenjata lengkap melawan iblis.


Bacaan Alkitab: Efesus 6:11-13
6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.
6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.