Rabu, 06 Agustus 2014

Perkataan Iblis yang Tercatat dalam Alkitab (3): Iblis dan Ayub Bagian 2



Jumat, 8 Agustus 2014
Bacaan Alkitab: Ayub 2:1-7
Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Kulit ganti kulit! Orang akan memberikan segala yang dipunyainya ganti nyawanya. Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah tulang dan dagingnya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu." (Ayb 2:4-5)


Perkataan Iblis yang Tercatat dalam Alkitab (3): Iblis dan Ayub Bagian 2


Setelah sebelumnya Iblis meminta Tuhan agar ia boleh mencobai Ayub dengan cara mengambil seluruh harta bendanya (Baca Ayb 1:6-12), kembali Iblis datang bersama-sama dengan anak-anak Allah (mungkin adalah malaikat) untuk menghadap Tuhan (ay. 1). Sama seperti sebelumnya, Tuhan pun bertanya kepada Iblis, “Dari mana engkau?” dan dijawab dengan jawaban yang sama seperti sebelumnya yaitu “Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi” (ay. 3). Pada saat itu, harta benda Ayub sudah habis karena Tuhan izinkan Iblis untuk mengambilnya. 

Tetapi Tuhan tahu bahwa selama Ayub dicobai, Ayub tidak pernah berbuat dosa ataupun menuduh Allah berbuat yang tidak patut terhadapnya (Ayb 1:22). Tuhan pun menegaskan hal ini kembali dalam percakapanNya dengan Iblis, dimana Tuhan tetap menyanjung Ayub bahkan meninggikan Ayub karena kesalehannya tersebut (ay. 3).

Seharusnya Iblis malu karena usahanya untuk membuat Ayub berpaling dari Tuhan dengan cara mengambil segala harta bendanya sudah gagal. Akan tetapi Iblis tetaplah Iblis, di hadapan Tuhan pun ia tetap mencoba melakukan cara apapun untuk dapat menjatuhkan Ayub. Iblis bahkan berani berargumen dengan Tuhan, yaitu dengan mengatakan bahwa jika Tuhan membuat tubuh Ayub sakit parah, maka pasti Ayub akan mengutuki Tuhan (ay. 4-5).

Saat itu Tuhan mengizinkan Iblis melakukan apa yang hendak ia lakukan kepada Ayub. Namun demikian, perhatikan bahwa Iblis hanya dapat berkuasa atas diri Ayub dengan seizin Tuhan. Tuhan hanya mengizinkan Iblis memberi penyakit kepada Ayub, tetapi tidak boleh mencabut nyawanya (ay. 6). Iblis pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dia langsung menimpakan penyakit yang sangat parah kepada Ayub, yaitu barah yang busuk dari ujung kepala hingga telapak kaki Ayub (ay. 7). Inilah salah satu ciri Iblis, ketika diberikan kesempatan, Iblis akan melakukan usaha semaksimal mungkin. Ketika diizinkan Tuhan untuk menjamah tubuh Ayub, Iblis tidak mulai dari penyakit flu, batuk, atau penyakit ringan lainnya, tetapi langsung memberi barah. Barah membuat bau busuk yang akan menyebabkan orang lain tidak mau atau tidak berani mendekat kepada Ayub. Akibatnya Ayub akan merasa sendirian dan tertolak dan Iblis mengharapkan Ayub akan tersiksa dan mengutuki Tuhan Allahnya.

Akan tetapi saya rasa kita semua tahu kelanjutan kisah Ayub. Ayub mampu melewati segala sesuatunya dan akhirnya dipulihkan Tuhan secara luar biasa (Ayb 42:10). Ayub mampu melewati semua dan menjadi pemenang. Namun demikian, harus kita pahami bahwa proses yang harus dilalui Ayub tidaklah mudah. Perlu perjuangan ekstra dan pengorbanan yang luar biasa dari Ayub agar dapat melalui itu semua.

Satu hal yang dapat kita pelajari dari bacaan Alkitab kita hari ini, Iblis tidak pernah main-main dan berbelas kasihan kepada manusia. Ia akan berusaha untuk menjatuhkan manusia dengan cara apapun. Oleh karena itu, jangan pernah main-main dengan Iblis. Orang Kristen seharusnya hanya percaya kepada Tuhan, tidak boleh lagi bermain-main dengan Iblis dan kuasa kegelapan. Jangan jadi orang Kristen yang hari Minggu ke gereja, tapi di hari-hari lain tetap menyembah berhala, pergi ke dukun, dan lain sebagainya. Ingat bahwa Iblis senantiasa berkeliling dan menjelajah bumi untuk mencoba membuat manusia jatuh ke dalam dosa. Iblis pun diibaratkan sebagai singa yang senantiasa berkeliling untuk mencari mangsanya (1 Ptr 5:8). Masihkah kita mau membuka celah untuk bermain-main dengan singa tersebut?


Bacaan Alkitab: Ayub 2:1-7
2:1 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datang juga Iblis untuk menghadap TUHAN.
2:2 Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Dari mana engkau?" Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi."
2:3 Firman TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia tetap tekun dalam kesalehannya, meskipun engkau telah membujuk Aku melawan dia untuk mencelakakannya tanpa alasan."
2:4 Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Kulit ganti kulit! Orang akan memberikan segala yang dipunyainya ganti nyawanya.
2:5 Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah tulang dan dagingnya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu."
2:6 Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, ia dalam kuasamu; hanya sayangkan nyawanya."
2:7 Kemudian Iblis pergi dari hadapan TUHAN, lalu ditimpanya Ayub dengan barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.