Senin, 01 September 2014

Cantik-cantik Selingkuh



Senin, 1 September 2014
Bacaan Alkitab: Yohanes 4:16-18
“Sebab engkau sudah mempunyai lima suami dan yang ada sekarang padamu, bukanlah suamimu. Dalam hal ini engkau berkata benar.” (Yoh 4:18)


Cantik-cantik Selingkuh


Siapa di antara para pembaca pria yang tidak bangga mempunyai pasangan hidup yang cantik? Tentu semua pria normal akan bangga jika pacar atau isterinya cantik. Bahkan orang tua pun akan bangga jika mempunyai anak perempuan yang cantik. Meskipun definisi cantik memang relatif, akan tetapi tontonan di televisi saat ini cenderung mendefinisikan kecantikan dengan “wajah putih, kulit bersih, bentuk tubuh proporsional, dan sebagainya”. Bahkan saat ini hampir semua stasiun televisi menayangkan acara-acara yang menunjukkan bahwa perempuan yang cantik itu adalah perempuan yang diidam-idamkan semua laki-laki.

Sayangnya, tidak banyak yang mengerti bahwa kecantikan fisik itu masih kalah penting dibandingkan kecantikan hati. Banyak laki-laki yang mencari pacar, atau bahkan isteri, namun hanya melihat dari sisi kecantikan luar saja, dari sisi keindahan tubuhnya saja. Padahal ketika nanti kita sudah menikah, kecantikan itu akan bergeser dari prioritas utama. Justru kasih dan karakter hati yang dimiliki isteri kita itulah yang akan menjadi jauh lebih bernilai dibandingkan kecantikan fisik.

Terkait dengan hal tersebut, bacaan Alkitab kita hari ini berbicara tentang bagaimana Yesus bertemu dengan seorang perempuan Samaria di pinggir sebuah sumur. Setelah percakapan yang cukup panjang, Yesus mengakhirinya dengan perkataan “Pergilah, panggillah suamimu dan datang ke sini” (ay. 16). Perkataan Yesus bukan menunjukkan bahwa Yesus tidak tahu apa yang terjadi dengan perempuan tersebut, tetapi perkataan Yesus itu pada akhirnya “memaksa” perempuan Samaria itu untuk mengerti kondisi dirinya. Ia memang menjawab “Aku tidak mempunyai suami” (ay. 17a), dan saat itulah Yesus masuk dan mengemukakan kebenaran  kepada perempuan itu, yaitu bahwa Yesus mengerti bahwa ia sudah mempunyai lima orang suami, dan membenarkan perkataan perempuan itu bahwa yang tinggal dengannya sekarang ini bukanlah suaminya (ay. 17b-18).

Saya tidak dapat membayangkan ada seorang perempuan yang mempunyai lima orang suami, dan minimal satu orang selingkuhan dalam satu waktu. Apalagi di masa Yesus dimana adat Yahudi sangatlah kuat, rasa-rasanya hampir tidak mungkin seorang perempuan dapat  bertindak seperti itu. Jadi, perempuan ini tentulah orang yang sangat spesial. Ia mungkin saja adalah seseorang yang sangat kaya, atau seseorang yang sangat cantik, hingga banyak laki-laki yang mau menjadi suaminya, walaupun mungkin suami kedua, ketiga, keempat, kelima, bahkan menjadi selingkuhannya. Mungkin di masa sekarang ini, perempuan Samaria tersebut melebihi kecantikan artis-artis yang sering masuk di televisi kita.

Dari gambaran di atas, jelas bahwa kecantikan fisik tidak menjamin kecantikan hati. Bahkan mungkin orang-orang yang memiliki kelebihan dalam hal kecantikan fisik, justru akan lebih rawan tergoda untuk selingkuh. Memang tidak semua orang cantik itu adalah tipe orang yang doyan atau gemar berselingkuh. Ada juga orang yang tidak cantik atau buruk rupa, tetapi juga doyan berselingkuh. Tetapi mereka yang memiliki kecantikan fisik di atas rata-rata harus lebih berhati-hati agar tidak jatuh dalam godaan berselingkuh.

Saya yakin Tuhan pasti memberi anak-anakNya kelebihan untuk digunakan bagi kemuliaan Tuhan. Termasuk kecantikan yang diberikan kepada anak-anak Tuhan, seharusnya kecantikan itu digunakan sebaik-baiknya bagi kemuliaan Tuhan. Orang yang cantik, bisa menjadi seorang penerima tamu, atau seorang pelayan mimbar. Akan tetapi jika kecantikan tersebut disalahgunakan untuk kepentingan dirinya sendiri, apalagi digunakan untuk “mencari mangsa” bahkan untuk berselingkuh, kecantikan kita itu tidak akan ada artinya.


Bacaan Alkitab: Yohanes 4:16-18
4:16 Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, panggillah suamimu dan datang ke sini."
4:17 Kata perempuan itu: "Aku tidak mempunyai suami." Kata Yesus kepadanya: "Tepat katamu, bahwa engkau tidak mempunyai suami,
4:18 sebab engkau sudah mempunyai lima suami dan yang ada sekarang padamu, bukanlah suamimu. Dalam hal ini engkau berkata benar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.