Jumat, 10 Oktober 2014

Dimurnikan Tuhan



Minggu, 12 Oktober 2014
Bacaan Alkitab: Zakharia 13:7-9
“Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!” (Za 13:9)


Dimurnikan Tuhan


Saya sendiri belum pernah melihat orang yang memurnikan logam yang berharga semacam emas atau perak. Namun demikian, saya percaya bahwa orang sampai melakukan hal tersebut karena ingin agar emas yang dihasilkan adalah emas yang berkualitas. Mereka memurnikan emas agar kadar emas yang ada menjadi semakin tinggi bahkan jika memungkinkan memiliki 100% emas, tanpa campuran apapun, sehingga emas tersebut dapat menjadi jauh lebih berharga dibandingkan dengan emas yang penuh dengan campuran logam lain.

Bicara tentang memurnikan, Alkitab juga beberapa kali berbicara tentang kebenaran Firman Tuhan ini. Dimulai dari bagaimana Tuhan sangat benci kepada gembala-gembala (nyatanya mereka tidak pernah bekerja ataupun berperan sebagai gembala atas domba-domba Tuhan), sehingga Tuhan ingin membunuh para gembala-gembala tersebut (ay. 7a), bahkan domba-domba yang tercerai-berai (akibat tidak ada gembala) juga akan dibunuh oleh Tuhan (ay. 7b).

Sepintas kita melihat mengapa Tuhan sangat kejam? Bukankah gembala-gembala itu yang salah dan domba-domba sebenarnya hanya terkena dampak dari kesalahan gembala? Justru saya melihat di sini keadilan Tuhan yang luar biasa, bagaimana gembala yang salah dihukum, dan juga domba-domba yang salah (dalam ayat 7 menggunakan istilah “yang lemah”), dihukum juga oleh Tuhan. Oleh karena begitu dashyatnya penghukuman Tuhan, bahkan hingga 2/3 dari domba tersebut mati binasa, tetapi 1/3 dari domba tersebut akan tetap hidup (ay. 8).

Mungkin bagi 1/3 domba yang selamat tersebut, mereka merasa sudah memasuki zona aman. Tetapi tidak sama sekali! Tuhan justru akan menaruh sepertiga domba tersebut di dalam api untuk memurnikan mereka. Tuhan justru ingin agar domba-domba yang sudah selamat, semakin dimurnikan sehingga mencapai kualitas yang paling tinggi. Ayat Alkitab mengibaratkan proses pemurnian ini seperti orang yang memnurnikan emas dan perak (ay. 9a). Proses memurnikan emas dan perak ini membutuhkan api dengan tingkat panas yang sangat tinggi, sehingga logam-logam campuran (non logam mulia) akan meleleh dan terlepas dari emas atau perak yang dimurnikan. Proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi ini akan diulang-ulang hingga dicapai hasil yang memuaskan. 

Proses pemurnian ini memang tidak mudah. Bagi emas dan perak yang dimurnikan, ini justru sangat menyakitkan. Tetapi jangan hanya melihat sakit yang diderita dalam proses pemurnian tersebut, melainkan lihatlah hasil akhirnya ketika emas yang telah dimurnikan tersebut menjadi emas yang sangat indah dan cemerlang. Sama seperti emas yang dimurnikan, domba-domba yang selamat tersebut justru akan menjadi domba kesayangan Tuhan. Mereka akan memanggil nama Tuhan dan Tuhan akan menjawab mereka. Tuhan akan memanggil mereka dan mereka akan menjawab Tuhan. Ini merupakan gambaran yang indah ketika umat Tuhan dapat berkomunikasi dengan bebas kepada Tuhannya. Hal yang sebenarnya sangat dirincukan Tuhan ketika Tuhan Allah menciptakan manusia di taman Eden. 

Jika saat ini kita sedang mengalami proses pemurnian dari Tuhan, percayalah bahwa hal tersebut bukan karena Tuhan tidak sayang dengan kita, tetapi karena Tuhan ingin agar kita menjadi umat-umat Tuhan yang berkualitas tinggi, seperti emas dan perak yang dimurnikan. Ikutilah proses pemurnian dari Tuhan, karena ketika kita telah melewati proses pemurnian tersebut, maka baik kita maupun Tuhan akan bersukacita, karena kita sudah sah menjadi umat Tuhan yang telah lolos uji.


Bacaan Alkitab: Zakharia 13:7-9
13:7 "Hai pedang, bangkitlah terhadap gembala-Ku, terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala, sehingga domba-domba tercerai-berai! Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah.
13:8 Maka di seluruh negeri, demikianlah firman TUHAN, dua pertiga dari padanya akan dilenyapkan, mati binasa, tetapi sepertiga dari padanya akan tinggal hidup.
13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.