Senin, 29 Desember 2014

Alfa dan Omega



Rabu, 31 Desember 2014
Bacaan Alkitab: Wahyu 22:12-13
Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir. (Why 22:13)


Alfa dan Omega


Tidak terasa akhirnya kita sampai di penghujung tahun 2014. Saya tidak tahu apa rencana para pembaca renungan ini di akhir tahun 2014 ini. Mungkin ada di antara kita yang berencana untuk ikut acara ibadah tutup tahun di gereja. Mungkin juga ada di antara kita yang berencana untuk mengikuti acara pergantian tahun di alun-alun kota, atau di sejumlah kafe. Ada juga yang berencana untuk hanya menghabiskan waktu di rumah saja dengan menonton televisi.

Apapun pilihan kita, setiap tahun kita diingatkan bahwa pasti ada awal dari setiap tahun, dan pasti ada akhir dari setiap tahun. Setiap tahun, entah tahun 2014 maupun tahun 2015 pasti diawali di tanggal 1 Januari dan diakhiri di tanggal 31 Januari. Demikian pula dengan kehidupan kita sebagai manusia di bumi ini, kita pasti memiliki tanggal kelahiran dan juga nantinya tanggal kematian.

Dalam Alkitab, hanya ada satu pribadi yang tidak terbatas oleh waktu yaitu Allah Tritunggal. Dalam Natal kita memperingati lahirnya Tuhan Yesus Kristus di dunia. Dan Natal tersebut berarti bahwa Allah yang tidak terbatas dan tidak dapat dibatasi ruang dan waktu, masuk ke dalam tubuh manusia yang terbatas secara ruang dan waktu. Namun kita patut bersyukur bahwa karena Allah mau turun ke dunia dalam rupa manusia, sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal (Yoh 3:16).

Dalam momen Natal memang kita diingatkan tentang lahirnya Yesus Kristus ke dunia. Namun kita harus ingat bahwa Yesus Kristus saat ini sudah naik ke surga dan suatu saat nanti akan datang kembali ke dunia ini. Bahkan kita membaca bahwa Yesus Kristu akan datang segera (ay. 12a), dan membawa upahNya untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya (ay. 12b). Kita yang telah percaya kepada Yesus Kristus tentu saja tidak akan mendapatkan hukuman atau pembalasan Tuhan, tetapi kita telah ditebus dengan darahNya yang sangat mahal (1 Ptr 1:18-19).

Tentu saja terkait dengan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali ke dalam dunia ini, kita tidak perlu menghitung-hitung kapan Tuhan Yesus akan datang kembali. Ingat bahwa Tuhan Yesus tidak dapat dibatasi oleh waktu manusia. Firman Tuhan berkata bahwa satu hari di mata Tuhan sama dengan seribu tahun di mata manusia (2 Ptr 3:8). Oleh karena itu yang terpenting adalah kita sadar bahwa Tuhan kita dapat datang sewaktu-waktu, dan kita harus selalu siap sedia menyambut kedatanganNya yang kedua kali.

Ingat bahwa Tuhan adalah Alfa dan Omega. Dalam abjad Yunani, Alfa adalah abjad pertama dan Omega adalah abjad terakhir (sama dengan A dan Z dalam susunan abjad kita). Oleh karena itu, kita percaya bahwa Tuhan ada sebelum waktu manusia ditentukan. Ia sendiri tidak terbatas oleh waktu. Tuhan kita adalah Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir (ay. 13). Ia tidak berawal dan tidak berakhir. Waktu diciptakan oleh Tuhan sendiri sehingga Ia tidak bisa dibatasi oleh waktu.

Oleh sebab itu, di hari terakhir di tahun 2014 ini sudah sepatutnya kita bersyukur kepadaNya yang menciptakan segala sesuatu termasuk menciptakan kita. Kita patut bersyukur bahwa Tuhan kita tidak terbatas oleh waktu, dan jika Ia tidak terbatas oleh waktu, maka Ia pun tidak akan terbatas oleh apapun. Ia sanggup menyembuhkan kita, Ia sanggup memberkati kita, namun di sisi lain Ia pun sanggup menghukum kita jika kita menyimpang dari jalanNya. Jika di akhir tahun 2014 ini kita mengevaluasi hidup kita masing-masing, maka kita akan mengerti bahwa dalam segala kondisi Tuhan pasti memperhatikan kita. Kita tidak mungkin dapat lari daripadaNya.

Oleh karena itu daripada kita lari dan bersembunyi dari Tuhan, bukankah lebih baik kita percaya kepadaNya dan berada di pihakNya? Jika selama tahun 2014 ini kita lebih banyak menjadi seteru Tuhan, lebih banyak berbuat dosa dan pelanggaran, maka sudah saatnya di tahun yang akan datang, mulai tahun 2015, kita harus berani untuk melangkah dan berada di sisi Tuhan, mencoba menjadi orang-orang yang taat kepadaNya, menjadi orang-orang yang mau melakukan kehendakNya. Saya percaya, jika kita mau berada di sisi Allah yang benar, kita tidak akan pernah ditinggalkan, tetapi kita akan selalu disertai dan senantiasa diberkati menyambut tahun-tahun yang akan datang.


Bacaan Alkitab: Wahyu 22:12-13
22:12 "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.
22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.