Kamis, 02 November 2017

Anjing dan Babi dalam Alkitab (17): Penggenapan Nubuat Kematian Izebel



Senin, 6 November 2017
Bacaan Alkitab: 2 Raja-raja 9:30-37
Mereka kembali memberitahukannya kepada Yehu, lalu ia berkata: "Memang begitulah firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, Elia, orang Tisbe itu: Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel. (2 Raj 9:36)


Anjing dan Babi dalam Alkitab (17): Penggenapan Nubuat Kematian Izebel


Setelah dua kali Tuhan menubuatkan kematian Izebel dengan perantaraan nabi-nabi-Nya, akhirnya Yehu menjadi alat Tuhan untuk membuat Izebel terbunuh. Memang Yehu tidak membunuh Izebel secara langsung, tetapi jelas bahwa kematian Izebel tentu karena campur tangan Yehu mengingat memang Yehu diurapi Tuhan menjadi raja Israel dengan salah satu tugasnya untuk memusnahkan keluarga Ahab termasuk izebel. Jika kita membaca ayat-ayat sebelumnya maka kita akan melihat bagaimana Yehu membunuh Yoram, raja Israel serta Ahazia, raja Yehuda. Yoram adalah anak Ahab dan Izebel yang naik tahta menjadi raja Israel menggantikan ayahnya.

Setelah membunuh Yoram dan Ahazia, kemudian sampailah Yehu ke Yizreel (ay. 30a). Pada waktu itu Ahab dan Izebel memiliki istana di Yizreel meskipun ibukota kerajaan ada di Samaria. Namun Yizreel mungkin menjadi kota kedua bagi Ahab dan Izebel. Ketika Izebel mendengar bahwa Yehu telah datang, maka ia pun mencalak matanya dan menghiasi kepalanya, lalu menjenguk dari jendela (ay. 30b). pada saat Yehu memasuki pintu gerbang, berserulah Izebel: “Bagaimana, selamatkah Zimri, pembunuh tuannya itu?” (ay.31).

Salah satu kemungkinan mengapa Izebel berseru seperti itu adalah karena mungkin ia sudah mendengar bagaimana Yehu membunuh Yoram dan Ahazia, sehingga Izebel menyamakan Yehu dengan Zimri yang membunuh tuannya atau atasannya (raja Israel). Zimri adalah orang yang membunuh Ela, anak Baesa. Sama seperti Yehu, Zimri pun juga adalah panglima tentara Israel pada waktu itu (1 Raj 16:8-10). Jadi Izebel kemungkinan ingin berseru bahwa Yehu adalah panglima yang memberontak terhadap kekuasaan keluarga Ahab (dan juga Izebel) sama seperti yang dilakukan Zimri kepada keluarga Baesa. Kemungkinan besar Izebel berharap bahwa rakyat dan pasukan di Yizreel tahu mengapa Yehu datang ke Yizreel dan memihak Izebel sebagai ibu suri yang berkuasa.

Di sisi lain, setelah melihat Izebel yang berseru demikian dari atas jendela istana, maka Yehu pun berseru pula: “Siapa yang di pihakku? Siapa?” (ay. 32a). Pada saat itu ada beberapa orang pegawai istana yang menjenguk kepadanya (ay. 32b). Yehu pun berseru: “Jatuhkanlah dia (Izebel)!” (ay.33a). Alkitab menulis bahwa “perang seruan” tersebut pada akhirnya dimenangkan oleh Yehu karena pada akhirnya para pegawai istana itu pun memilih untuk menjatuhkan Izebel dari atas jendela istana sehingga darahnya memercik ke dinding dan ke kuda (ay. 33b). Kuda-kuda yang ada di bawah jendela istana pun mungkin terkejut sehingga bereaksi dan menginjak-injak mayat Izebel (ay. 33c).

Setelah melihat Izebel mati, maka Yehu pun masuk ke dalam istana Yizreel lalu makan dan minum, baru setelah itu ia menginstruksikan orang-orang untuk mengurus dan menguburkan mayat Izebel, karena dia pun adalah anak raja (ay. 34). Memang Izebel adalah anak raja Sidon sehingga mungkin ia termasuk dalam kalangan bangsawan. Tetapi Yehu memang cukup berani menyebut Izebel sebagai “orang terkutuk”, karena ia mungkin telah banyak mendengar dan melihat sendiri bagaimana tindakan Izebel yang luar biasa jahat dan licik.

Ketika orang-orang Yehu pergi untuk mencari mayat Izebel, ternyata mereka tidak menjumpai mayat Izebel secara utuh. Hanya kepala dan kedua kaki serta kedua telapak tangannya yang ditemukan (ay. 35). Melihat hal tersebut, orang-orang Yehu pun masuk kembali untuk menyampaikan hal tersebut kepada Yehu. Yehu pun menjawab bahwa memang demikianlah Firman Tuhan yang disampaikan melalui perantaraan Elia, bahwa daging Izebel akan dimakan anjing di kebun di luar Yizreel, bahkan maka mayat Izebel akan terhampar di kebun di luar Yizreel seperti pupuk di ladang, sehingga tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel (ay. 36-37).

Kematian Izebel yang tercatat di dalam Alkitab memang sangat mengerikan. Namun demikian, ini seharusnya menjadi peringatan bagi kita untuk tidak hidup mengikuti cara hidup Izebel. Justru kita harus berjuang untuk hidup benar supaya kehidupan kita bisa bercahaya sebagai anak-anak terang. Jangan tiru Izebel yang selama hidupnya justru menyesatkan orang, bahkan kematiannya sendiri menunjukkan bahwa ia adalah orang yang jahat. Jadilah terang, dan kalahkanlah kegelapan. Itulah tugas kita supaya kehidupan kita senantiasa menjadi terang. Bahkan jika suatu saat kita mati pun, biarlah kematian kita boleh menjadi berkat bagi orang lain.



Bacaan Alkitab: 2 Raja-raja 9:30-37
9:30 Sampailah Yehu ke Yizreel. Ketika Izebel mendengar itu, ia mencalak matanya, dihiasinyalah kepalanya, lalu ia menjenguk dari jendela.
9:31 Pada waktu Yehu masuk pintu gerbang, berserulah Izebel: "Bagaimana, selamatkah Zimri, pembunuh tuannya itu?"
9:32 Yehu mengangkat kepalanya melihat ke jendela itu dan berkata: "Siapa yang di pihakku? Siapa?" Dan ketika dua tiga orang pegawai istana menjenguk kepadanya,
9:33 ia berseru: "Jatuhkanlah dia!" Mereka menjatuhkan dia, sehingga darahnya memercik ke dinding dan ke kuda; mayatnya pun terinjak-injak.
9:34 Yehu masuk ke dalam, lalu makan dan minum. Kemudian ia berkata: "Baiklah urus mayat orang yang terkutuk itu dan kuburkanlah dia, sebab ia memang anak raja."
9:35 Mereka pergi untuk menguburkannya, tetapi mereka tidak menjumpai mayatnya, hanya kepala dan kedua kaki dan kedua telapak tangannya.
9:36 Mereka kembali memberitahukannya kepada Yehu, lalu ia berkata: "Memang begitulah firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, Elia, orang Tisbe itu: Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel;
9:37 maka mayat Izebel akan terhampar di kebun di luar Yizreel seperti pupuk di ladang, sehingga tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.