Senin, 25 Februari 2013

“I Am the Way”



Sabtu, 23 Februari 2013
Bacaan Alkitab: Yohanes 14:4-7
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”” (Yoh 14:6)


I Am the Way


Pernahkah kita tersesat ketika kita mencari suatu alamat di daerah yang asing bagi kita? Bagaimana rasanya jika kita sudah mencoba mencari tetapi belum menemukan jalan yang kita ingin tuju? Lalu ketika kita menemukan jalan yang memang kita tuju, bagaimana perasaan kita? Bukankah kita akan sangat senang karena kita sudah menemukan jalan yang kita tuju?

Demikian halnya juga dengan kehidupan kita. Sesungguhnya, hidup di dunia ini tidaklah kekal. Hidup di dunia ini hanya sementara. Oleh karena itu, kita harus mencari alamat yang benar ketika nanti kita masuk ke dalam kekekalan tersebut, yaitu setelah kita mati. Permasalahannya, banyak orang tidak tahu bahwa mereka hidup di dunia ini hanya sementara dan menumpang saja (1 Ptr 1:17). Permasalahan yang kedua adalah bahwa banyak orang sadar mereka nanti akan hidup kekal, tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara mereka bisa menuju surga yang kekal, dan bukannya menuju ke neraka yang kekal.

Hal ini juga menjadi permasalahan pada masa murid-murid Yesus hidup. Yesus awalnya berkata bahwa Ia akan pergi, dan kemana Ia pergi, murid-muridNya tahu jalan menuju kesana (ay. 4). Tetapi menarik melihat apa yang salah satu muridNya, Tomas, ucapkan, “Tuhan, kami tidak tahu kemana Engkau pergi, jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” (ay. 5). Bayangkan, murid Yesus saja pada saat itu tidak tahu Yesus mau pergi kemana, dan tidak tahu jalan untuk menuju ke tempat Yesus pergi. Kalau murid Yesus saja tidak mengerti, bagaimana dengan kita?

Untungnya saat itu Yesus memberikan jawaban yang luar biasa, dan termasuk salah satu ayat yang “wajib” dihafal oleh setiap orang percaya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (ay. 6). Dalam bahasa Inggrisnya, kalimat tersebut lebih bermakna, yaitu: “I am the way, the truth, and the life” (versi King James Version/KJV). Perhatikan kata “the” dalam ayat tersebut. Dalam bahasa Inggris, kata “the” menunjuk kepada sesuatu yang spesifik. Contoh “the king” bisa diterjemahkan kepada “raja itu” atau “sang raja”. Kata “the” dalam “the king” menunjuk kepada raja yang spesifik, bukan sembarang raja yang ada. Demikian juga dalam ayat ini, ketika Tuhan Yesus menggunakan kalimat “I am the way, the truth, and the life”, hal tersebut berarti Tuhan Yesus menunjukkan bahwa Dialah “jalan itu”, “kebenaran itu”, dan “kehidupan itu”, atau dalam bahasa yang lebih sederhana: Yesuslah “sang jalan”, “sang kebenaran”, dan “sang kehidupan”.

Ini berarti tidak ada orang lain yang bisa menjadi jalan, kebenaran, dan hidup selain Yesus sendiri. Tidak ada seorang manusia atau nabi di dunia ini yang berani berkata, “Akulah jalan, kebenaran, dan hidup”. Oleh karena itu, satu-satunya jalan untuk mencapai kebenaran dan kehidupan yang kekal adalah melalui Tuhan Yesus. Tidak ada jalan lain untuk menuju ke surga selain melalui Yesus, karena hanya Yesus yang berasal dari surga dan mau turun ke dunia ini untuk menunjukkan jalan ke surga kepada manusia-manusia yang percaya kepadaNya.

Pertanyaannya, sudahkah kita menjadikan Tuhan sebagai jalan kita untuk menuju surga? Sudahkah kita mengenal Yesus secara benar? Mengenal Yesus secara benar akan membuat kita mengenal Allah Bapa (ay. 7). Jangan sampai kita mengambil jalan yang salah, karena jalan yang salah tidak akan dapat membuat kita mengenal Allah yang sebenarnya. Lebih parah lagi, dengan mengenal jalan yang salah, bisa-bisa kita tidak menuju tujuan yang benar dalam kekekalan, yaitu surga yang indah dan mulia, tetapi justru menuju neraka yang penuh dengan siksaan kekal. Sudahkah kita yakin dengan pilihan kita? Sudahkah kita menjadikan Yesus sebagai jalan kita menuju surga? Jika belum, inilah saatnya untuk percaya kepada Tuhan Yesus, karena Dialah jalan, kebenaran, dan hidup yang sebenarnya.


Bacaan Alkitab: Yohanes 14:4-7
14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."
14:5 Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"
14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.