Selasa, 05 Februari 2013

Mencari Wajah Tuhan



Jumat, 8 Februari 2013
Bacaan Alkitab: Mazmur 27:7-9
Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.” (Mzm 27:8)


Mencari Wajah Tuhan


Saya pernah mendengar kesaksian dari seorang hamba Tuhan sekaligus pengusaha. Ia memiliki suatu ruangan khusus di kantornya. Dalam kesaksiannya, ia bercerita bahwa setiap pagi, yang pertama-tama ia lakukan adalah berdoa kepada Tuhan dan mencari tahu apa yang Tuhan inginkan untuk ia lakukan hari itu. Demikian ketika ia  tiba di kantornya, ia memiliki ruangan khusus untuk berdoa dan kembali ia berdoa kepada Tuhan. Ia juga selalu berdoa sebelum pulang dari kantornya dan sebelum tidur. Bahkan ia bercerita ketika ia menghadapi masalah di perusahaannya, yang pertama kali ia lakukan adalah pergi ke ruang doa dan berdoa di sana.

Saya pikir, ini adalah salah satu contoh nyata bagaimana seseorang harus bersikap dalam kaitannya dengan mencari wajah Tuhan. Ketika kita menghadapi masalah, siapa yang akan kita cari terlebih dahulu? Koneksi kita atau Tuhan kita? Hamba Tuhan yang saya ceritakan tadi, dan juga penulis Mazmur 27 ini mengatakan bahwa Tuhanlah yang mereka cari terlebih dahulu. Ketika ada masalah yang dihadapi, persoalan dan beban berat yang dialami, pemazmur berseru kepada Tuhan, memohon jawaban dan belas kasihan Tuhan (ay. 7). Padahal penulis Mazmur 27 ini adalah raja Daud sendiri, seorang raja yang sangat berkuasa dan kaya raya. Walaupun demikian Daud sadar bahwa segala sesuatu yang ia miliki tidak akan mampu menolongnya, melainkan hanya Tuhanlah yang mampu menolong dirinya.

Ketika persoalan datang, Daud mengikuti Firman Tuhan dan mencari wajah Tuhan (ay. 8). Apa artinya mencari wajah Tuhan? Untuk dapat mencari wajah Tuhan, kita tidak hanya bisa berdoa secara biasa, tetapi meminta dengan sangat kepada Tuhan agar ia memalingkan wajahnya untuk melihat dan mendengar doa kita. Mencari wajah Tuhan berarti berdoa hingga Tuhan menjawab kita. Ini bukan sembarang doa yang bisa diucapkan dalam waktu satu menit saja. Justru kebanyakan doa yang mencari wajah Tuhan ini membutuhkan waktu lama, mungkin paling cepat satu jam dan bisa juga lebih lama. Daud meminta pertolongan Tuhan dengan luar biasa. Ia meminta Tuhan tidak menyembunyikan wajahNya dan menolak doanya. Daud sadar bahwa hanya Tuhanlah pertolongannya dan meminta Tuhan untuk tidak meninggalkan dirinya (ay. 9).

Tidak mudah memiliki pola pikir seperti ini. Dan ketika kita meminta Tuhan agar mendidik kita untuk mencari wajah Tuhan, maka bisa jadi Tuhan akan memberikan kepada kita masalah yang luar biasa berat, hanya untuk mengajar kita mengandalkan Tuhan habis-habisan. Ketika masalah yang datang tidak terlalu berat, kita cenderung untuk mencari orang lain yang dapat membantu kita. Tetapi ketika masalah yang kita hadapi sangat berat, maka mau tidak mau kita harus mencari Tuhan, bukan yang lain.

Jangan salahkan Tuhan ketika ada masalah yang datang kepada kita. Masalah itu adalah salah satu cara Tuhan untuk membuat kita menjadi semakin dewasa di dalam Tuhan. Ingatlah bahwa kemalangan (masalah) orang benar itu banyak, tetapi Tuhan akan melepaskan kita dari semuanya itu (Mzm 34:20). Masalah membuat kita naik tingkat ketika kita bisa melewatinya dengan iman kepada Tuhan. Oleh karena itu, setiap masalah datang, jangan mengeluh kepada Tuhan tetapi tetaplah bersyukur dan mencari wajah Tuhan dalam setiap doa-doa kita. Ketika Tuhan memalingkan wajahNya untuk melihat kita, maka masalah apapun yang kita hadapi tidak akan ada artinya, karena Tuhan sendiri yang akan menjadi penolong kita, tepat pada waktuNya.



Bacaan Alkitab: Mazmur 27:7-9
27:7 Dengarlah, TUHAN, seruan yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku!
27:8 Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.
27:9 Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.