Sabtu, 28 Oktober 2017

Anjing dan Babi dalam Alkitab (11): Hukuman Terhadap Keluarga Raja Yerobeam



Selasa, 31 Oktober 2017
Bacaan Alkitab: 1 Raja-Raja 14:1-16
Setiap orang dari pada Yerobeam yang mati di kota akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung yang di udara. Sebab TUHAN telah mengatakannya. (1 Raj 14:11)


Anjing dan Babi dalam Alkitab (11): Hukuman Terhadap Keluarga Raja Yerobeam


Setelah istilah “anjing mati” yang terjadi di masa pemerintahan raja Daud, maka dalam waktu 2 generasi setelahnya kembali muncul kata “anjing” dalam Alkitab. Pada saat itu, setelah kematian raja Salomo (anak raja Daud), kerajaan Israel terpecah menjadi 2 kerajaan: 1) Kerajaan Israel (Israel Utara) yang terdiri dari 10 suku; dan 2) Kerajaan Yehuda (Israel Selatan) yang terdiri dari 2 suku, Yehuda dan Benyamin. Saat itu kerajaan Israel dipimpin oleh Yerobeam sedangkan kerajaan Yehuda dipimpin oleh Rehabeam, anak Salomo.

Pada bagian bacaan Alkitab kita hari ini, dikatakan bahwa anak Yerobeam yang bernama Abia jatuh sakit (ay. 1). Yerobeam pun ingin menanyakan apa yang terjadi dengan anaknya kepada nabi Ahia yang ada di Silo, apakah anaknya tersebut dapat disembuhkan. Ia kemudian menyuruh istrinya pergi kepada nabi Ahia dengan menyamar dan membawa berbagai buah tangan bagi nabi Ahia (ay. 2-3). Istri Yerobeam pun melakukan tepat seperti apa yang diinstruksikan oleh suaminya (ay. 4a). Mengapa harus menyamar? Karena Yerobeam sadar bahwa ia sudah bersalah di hadapan Tuhan dan malu untuk datang menanyakan nasib anaknya kepada seorang nabi Tuhan. Di samping itu, ia tahu bahwa Ahia sudah tua dan sudah tidak dapat melihat lagi karena matanya sudah kabur, sehingga dipikirnya ia dapat “menipu” nabi Ahia dengan penyamaran istrinya saat itu (ay. 4b).

Ternyata, Tuhan sudah berfirman kepada Ahia bahwa istri Yerobeam akan datang untuk bertanya kepadanya. Tuhan pun sudah menaruh Firman-Nya dalam mulut nabi Ahia agar disampaikan dengan tepat kepada istri Yerobeam (ay. 5). Saat istri Yerobeam masuk ke rumah nabi Ahia, nabi Ahia sudah menyampaikan Firman Tuhan secara tepat sesuai apa yang diperintahkan Tuhan kepadanya (ay. 6).

Isi dari Firman yang disampaikan tersebut antara lain bahwa Tuhan sebenarnya telah memilih Yerobeam untuk memimpin bangsa Israel (ay. 7). Tuhan bahkan memberikan kepada Yerobeam 10 suku, jauh lebih banyak dibanding 2 suku yang diberikan kepada keturunan Daud (ay. 8a). Tetapi ternyata Yerobeam tidak mau tetap menaati perintah Tuhan dan melakukan apa yang benar di hadapan Tuhan (ay. 8b). Yerobeam bahkan membuat patung dan dewa tuangan, menyembah dewa-dewa tersebut dan bahkan menyebabkan seluruh rakyat Israel turut berdosa (ay. 9).

Oleh karena itu, Tuhan akan menghukum Yerobeam dan juga keturunannya hingga habis (ay. 10). Bahkan hukuman Tuhan begitu berat karena keturunannya yang mati di kota akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung di udara (ay. 11). Kita telah mengerti bahwa anjing adalah binatang najis yang juga memakan makanan yang najis. Oleh karena itu, jika Tuhan berfirman bahwa keturunannnya yang mati di kota akan dimakan anjing, berarti ini adalah hukuman Tuhan yang sangat berat bagi Yerobeam bahkan bagi orang Israel lainnya di waktu itu. Lebih parah lagi, Tuhan pun berfirman bahwa Ia akan membangkitkan seorang raja yang akan melenyapkan keturunan Yerobeam (ay. 14)

Namun kita harus mengerti bahwa nubuatan Tuhan tersebut tidak berlaku secara umum. Tentu setiap orang akan menuai apa yang ia tabur. Oleh karena itu, jika kita memperhatikan keturunan Yerobeam, ternyata tidak semua keturunan Yerobeam mati dimakan anjing di kota atau dimakan burung di padang. Misalnya saja anak Yerobeam yang sakit tadi, Tuhan memang berfirman bahwa ia akan mati begitu istri Yerobeam menginjakkan kaki di kota (ay. 12). Tuhan bahkan mengatakan bahwa hanya anak yang mati tersebut yang terdapat sesuatu yang baik di mata Tuhan (ay. 13).

Hal ini dapat berarti bahwa keturunan Yerobeam yang lain tidak ada yang baik, dan karena anak ini mati muda maka ia masih dipandang baik di mata Tuhan. Jika anak Yerobeam ini sembuh dari sakitnya, ada kemungkinan ia juga bisa menjadi seorang raja yang jahat juga. Dalam hal ini tuntutan seorang pemimpin memang jauh lebih berat. Jika seorang biasa tersesat, maka kesesatannya tersebut hanya akan berdampak kepada dirinya sendiri. Akan tetapi jika seorang pemimpin tersesat, maka kesesatannya itu akan berdampak kepada orang-orang yang sedang dipimpinnya. Jadi bayangkan jika seorang pemimpin bangsa atau seorang pemimpin umat yang tersesat tidak lagi mengikuti jalan Tuhan, betapa parah kesesatan yang akan ditimbulkannya kemudian kepada orang-orang di sekitarnya.

Hal ini juga yang diucapkan Tuhan kepada istri Yerobeam, bahwa karena dosa-dosa Yerobeam maka akan banyak bangsa Israel yang juga menjadi berdosa terhadap Tuhan. Oleh karena itu Tuhan pun juga akan menghajar dan menghukum bangsa Israel yang memilih untuk mengikuti jejak Yerobeam (ay. 15). Bahkan jika bangsa Israel tidak mau bertobat, Tuhan akan lepas tangan terhadap bangsa Israel karena dosa-dosa yang telah dilakukan Yerobeam dan juga dilakukan oleh bangsa tersebut.

Nubuatan terhadap hukuman Tuhan bagi mereka yang jahat memang cukup sering ditemukan dalam Alkitab. Namun demikian, sangat jarang hukuman Tuhan tersebut menggunakan kata anjing sebagai lambang binatang yang najis. Sehingga jika Tuhan sampai berfirman bahwa mereka yang mati di kota akan dimakain anjing, berarti itu adalah suatu warning yang sangat keras bagi orang Israel yang berdosa. Diharapkan mereka dapat bertobat sehingga tidak sampai mengalami nubuatan tersebut. Ingat bahwa Tuhan adalah Tuhan yang setia dan adil. Mereka yang berdosa dan hidup jahat pasti akan menerima hukuman Tuhan. Namun jika kita mau sungguh-sungguh bertobat maka Tuhan akan melalukan hukuman tersebut atas hidup kita.



Bacaan Alkitab: 1 Raja-Raja 14:1-16
14:1 Pada waktu itu Abia, anak Yerobeam, jatuh sakit.
14:2 Lalu Yerobeam berkata kepada isterinya: "Berkemaslah! Menyamarlah, supaya jangan diketahui orang, bahwa engkau isteri Yerobeam, dan pergilah ke Silo. Bukankah di sana tinggal nabi Ahia! Dialah yang telah mengatakan tentang aku, bahwa aku akan menjadi raja atas bangsa ini.
14:3 Bawalah sepuluh roti, kue kismis, dan sebuli-buli air madu, dan pergilah kepadanya. Dia akan memberitahukan kepadamu, apa yang akan terjadi dengan anak ini."
14:4 Isteri Yerobeam berbuat demikian. Ia berkemas, pergi ke Silo dan masuk ke rumah Ahia. Ahia tidak dapat melihat lagi, sebab matanya sudah kabur karena ia sudah tua.
14:5 Tetapi TUHAN telah berfirman kepada Ahia: "Bahwasanya isteri Yerobeam datang untuk menanyakan kepadamu perihal anaknya, sebab anak itu sedang sakit. Begini-begini harus kaukatakan kepadanya." Ketika perempuan itu masuk, berbuatlah ia seolah-olah ia orang lain.
14:6 Tetapi segera sesudah Ahia mendengar bunyi langkah perempuan itu, sementara melangkah masuk pintu, berkatalah ia: "Masuklah, hai isteri Yerobeam! Mengapakah engkau berbuat seolah-olah engkau orang lain? Aku disuruh menyampaikan pesan yang keras kepadamu.
14:7 Pergilah, katakan kepada Yerobeam: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Aku telah meninggikan engkau dari tengah-tengah bangsa itu, dan mengangkat engkau menjadi raja atas umat-Ku Israel;
14:8 Aku telah mengoyakkan kerajaan dari keluarga Daud dan memberikannya kepadamu, tetapi engkau tidak seperti hamba-Ku Daud yang tetap mentaati segala perintah-Ku dan mengikuti Aku dengan segenap hatinya dan hanya melakukan apa yang benar di mata-Ku.
14:9 Sebab engkau telah melakukan perbuatan jahat lebih dari semua orang yang mendahului engkau dan telah membuat bagimu allah lain dan patung-patung tuangan, sehingga engkau menimbulkan sakit hati-Ku, bahkan engkau telah membelakangi Aku.
14:10 Maka Aku akan mendatangkan malapetaka kepada keluarga Yerobeam. Aku akan melenyapkan dari pada Yerobeam setiap orang laki-laki, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel. Aku akan menyapu keluarga Yerobeam seperti orang menyapu tahi sampai habis.
14:11 Setiap orang dari pada Yerobeam yang mati di kota akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung yang di udara. Sebab TUHAN telah mengatakannya.
14:12 Tetapi bangunlah dan pulang ke rumahmu. Pada saat kakimu melangkah masuk kota, anak itu akan mati.
14:13 Seluruh Israel akan meratapi dia dan menguburkan dia, sebab hanya dialah dari pada keluarga Yerobeam yang akan mendapat kubur, sebab di antara keluarga Yerobeam hanya padanyalah terdapat sesuatu yang baik di mata TUHAN, Allah Israel.
14:14 Dan TUHAN akan membangkitkan bagi-Nya seorang raja atas Israel yang akan melenyapkan keluarga Yerobeam -- seperti kenyataan sekarang ini.
14:15 Kemudian TUHAN akan menghajar orang Israel, sehingga tergoyah-goyah seperti gelagah di air dan Ia akan menyentakkan mereka dari pada tanah yang baik ini yang telah diberikan-Nya kepada nenek moyang mereka; Ia akan menyerakkan mereka ke seberang sungai Efrat sana, oleh karena mereka telah membuat tiang-tiang berhala mereka dan dengan demikian menyakiti hati TUHAN.
14:16 Ia akan lepas tangan terhadap orang Israel oleh karena dosa-dosa yang telah dilakukan Yerobeam dan yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.