Sabtu, 28 Oktober 2017

Anjing dan Babi dalam Alkitab (12): Hukuman Terhadap Keluarga Raja Baesa



Rabu, 1 November 2017
Bacaan Alkitab: 1 Raja-Raja 15:25-16:4
Siapa yang mati dari pada Baesa di kota, akan dimakan anjing dan yang mati dari padanya di padang akan dimakan burung yang di udara. (1 Raj 16:4)


Anjing dan Babi dalam Alkitab (12): Hukuman Terhadap Keluarga Raja Baesa


Sama halnya dengan firman Tuhan kepada Yerobeam, Tuhan juga menyampaikan firman yang hampir sama kepada Baesa, raja Israel. Siapakah Baesa itu? Alkitab mencatat bahwa Baesa berasal dari suku Isakhar dan ia memberontak melawan Nadab, anak Yerobeam hingga menduduki tahta kerajaan Israel. Baesa bahkan membunuh dan melenyapkan seluruh keturunan raja Yerobeam sebagaimana firman Tuhan yang diucapkan oleh nabi Ahia tersebut (ay. 25-32). Alkitab memang tidak mencatat dengan rinci bagaimana keturunan Yerobeam dibunuh oleh Baesa, tetapi cukuplah bahwa firman Tuhan terhadap Yerobeam telah digenapi.

Sayangnya, ketika Baesa menjadi raja atas Israel, ia tetap melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Alkitab bahkan mencatat bagaimana Baesa tetap hidup menurut tingkah laku Yerobeam yang jahat dan menurut dosanya sendiri sehingga mengakibatkan orang Israel berdosa kepada Tuhan (ay. 33-34). Oleh karena itu, Tuhan pun menyampaikan firman-Nya kepada Baesa melalui nabi Yehu bin Hanani (ay. 1). Dalam firman kepada Baesa, Tuhan menyampaikan bahwa Tuhan telah mengangkat Baesa dari bukan siapa-siapa menjadi raja atas Israel. Namun demikian, ternyata Baesa tidaklah lebih baik daripada Yerobeam dan juga menyebabkan bangsa Israel berdosa dan menyakiti hati Tuhan (ay. 2).

Baesa seharusnya dapat belajar dari kesalahan Yerobeam dan keturunannya, mengenai bagaimana cara mereka memimpin bangsa Israel, bagaimana mereka hidup dalam penyembahan berhala, dan bagaimana mereka menyesatkan seluruh bangsa dari jalan Tuhan yang benar. Baesa juga telah melihat bagaimana firman Tuhan terhadap Yerobeam dan keturunannya digenapi, bahkan ia sendiri yang melenyapkan seluruh keturunan Yerobeam. Namun demikian, ternyata Baesa juga melakukan kejahatan yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Yerobeam. Ia tidak lebih baik daripada Yerobeam, pendahulunya.

Oleh karena dosa dan kesalahan Baesa tersebut, maka Tuhan menubuatkan hukuman yang sama dengan apa yang diucapkan-Nya kepada Yerobeam. Tuhan akan menyapu bersih Baesa dan keluarganya (keturunannya), kemudian Tuhan akan membuat keluarga Baesa seperti keluarga Yerobeam (ay. 3). Hukuman Tuhan juga tidak hanya  berhenti samai di situ, melainkan juga terdapat hukuman yang sama yaitu iapa yang mati daripada Baesa di kota, akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung di udara (ay. 4).

Hukuman Tuhan atas Baesa sama persis dengan hukuman Tuhan terhadap Yerobeam. Hal ini tentu karena memang standar Tuhan terhadap pemimpin bangsa dan pemimpin umat memang jauh lebih tinggi daripada standar atas rakyat biasa. Yerobeam dan Baesa sama-sama melakukan apa yang jahat di mata Tuhan, bahkan Baesa tentu dipandang lebih bodoh karena ia mengulangi kembali kesalahan Yerobeam, pendahulunya. Oleh karena itu tidak heran bahwa standar hukuman Tuhan atas Baesa pastilah sama dengan standar hukuman Tuhan atas Yerobeam, yaitu mereka yang mati di kota akan dimakan oleh anjing.



Bacaan Alkitab: 1 Raja-Raja 15:25-16:4
15:25 Nadab, anak Yerobeam, menjadi raja atas Israel dalam tahun kedua zaman Asa, raja Yehuda. Ia memerintah atas Israel dua tahun lamanya.
15:26 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, serta hidup menurut tingkah laku ayahnya dan menurut dosa ayahnya, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.
15:27 Dan Baesa bin Ahia, dari kaum Isakhar, mengadakan persepakatan melawan dia. Baesa menewaskan dia di Gibeton yang termasuk wilayah orang Filistin, sedang Nadab dan seluruh Israel mengepung Gibeton itu.
15:28 Baesa membunuh dia dalam tahun ketiga zaman Asa, raja Yehuda, dan menjadi raja menggantikan dia.
15:29 Segera sesudah ia menjadi raja, ia membunuh seluruh keluarga Yerobeam; tidak ada yang bernafas yang ditinggalkannya hidup dari pada Yerobeam, sampai dipunahkannya semuanya, sesuai dengan firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya Ahia, orang Silo itu,
15:30 oleh karena dosa-dosa yang telah dilakukan Yerobeam, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula, oleh sebab sakit hati yang ditimbulkannya pada TUHAN, Allah Israel.
15:31 Selebihnya dari riwayat Nadab dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?
15:32 Dan ada perang antara Asa dan Baesa, raja Israel, sepanjang umur mereka.
15:33 Dalam tahun ketiga zaman Asa, raja Yehuda, Baesa bin Ahia menjadi raja atas seluruh Israel di Tirza. Ia memerintah dua puluh empat tahun lamanya.
15:34 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam dan menurut dosanya yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.16:1 Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Yehu bin Hanani melawan Baesa, bunyinya:
16:2 "Oleh karena engkau telah Kutinggikan dari debu dan Kuangkat menjadi raja atas umat-Ku Israel, tetapi engkau telah hidup seperti Yerobeam dan telah menyuruh umat-Ku Israel berdosa, sehingga mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan dosa mereka,
16:3 maka sesungguhnya Aku akan menyapu bersih Baesa dan keluarganya, kemudian Aku akan membuat keluargamu seperti keluarga Yerobeam bin Nebat.
16:4 Siapa yang mati dari pada Baesa di kota, akan dimakan anjing dan yang mati dari padanya di padang akan dimakan burung yang di udara."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.