Selasa, 07 Mei 2013

Gratis tetapi Tidak Murahan



Sabtu, 4 Mei 2013
Bacaan Alkitab: Roma 3:21-26
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.” (Rm 3:23-24)

Gratis tetapi Tidak Murahan

Ketika saya terlambat memperbaharui tulisan saya dalam blog ini, mungkin ada beberapa orang pembaca yang jengkel dan merasa kesal dengan saya, karena tidak dapat membaca renungan yang terbaru. Memang saya pun bukan seorang full timer sehingga saya pun baru dapat menulis renungan ini di sela-sela kesibukan saya, bahkan terkadang saya baru bisa menulis renungan ini pada tengah malam. Memang renungan saya ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun, tetapi saya tidak ingin karena “kegratisannya” maka untuk “kejar tayang” saya hanya meng-copy tulisan dari pihak lain dan saya muat di blog saya. Saya ingin menulis dengan jari-jari saya sendiri dan dengan pemikiran saya sendiri setiap renungan yang saya muat di blog saya ini. Tulisan saya memang gratis, terbuka bagi siapa saja yang mau membacanya, tetapi tulisan saya ini tidak murahan.

Hal yang sama juga terjadi pada keselamatan yang diberikan Allah kepada kita melalui Yesus Kristus. Dahulu pada zaman bangsa Israel, Allah memberikan hukum Taurat kepada mereka (ay. 21). Tetapi hukum Taurat tidak dapat membawa bangsa Israel kepada keselamatan, melainkan mereka justru mengenal dosa melalui hukum Taurat tersebut. Keselamatan hanya ada di dalam nama Yesus Kristus, yaitu bagi mereka yang mau percaya kepadaNya (ay. 22). Tidak ada perbedaan apakah yang percaya adalah bangsa Israel  yang sudah memiliki hukum Taurat ataukah yang percaya adalah orang non bangsa Israel yang tidak pernah menerima hukum Taurat.

Di mata Tuhan, hanya ada 2 jenis manusia: Pertama, manusia yang belum percaya kepada Yesus Kristus. Di mata Tuhan, manusia jenis ini adalah manusia yang telah kehilangan kemuliaan Allah, manusia yang hidup dalam dosa dan hidup sebagai seteru Allah (ay. 23). Jenis yang kedua, adalah manusia yang telah percaya kepada Yesus Kristus, mereka ini adalah jenis manusia yang telah dibenarkan dengan cuma-cuma di dalam penebusan Yesus Kristus (ay. 24). Tidak ada jenis ketiga, keempat, dan seterusnya. Hanya ada dua jenis manusia di dalam pandangan Allah: yaitu manusia yang percaya kepada Yesus Kristus dan manusia yang tidak percaya kepada Yesus Kristus.

Mengapa kita harus percaya kepada Yesus Kristus? Karena memang Allah sendiri yang telah menentukan Yesus Kristus menjadi satu-satunya jalan pendamaian karena iman di dalam darahNya (ay. 25a). Memang dahulu Allah masih sabar melihat manusia jatuh ke dalam dosa. Allah sendiri telah memberikan hukum Taurat kepada bangsa Israel tetapi hukum Taurat tersebut sama sekali tidak dapat menyelamatkan manusia. Sampai dengan Yesus Kristus turun ke dunia, sesungguhnya Allah sedang sabar membiarkan manusia jatuh ke dalam dosa (ay. 25b). Tetapi setelah Yesus Kristus turun ke dunia, menderita, mati, dibangkitkan dan naik ke surga, berarti kesabaran Allah sudah habis bagi mereka yang tetap tidak mau percaya kepada nama Yesus Kristus. Allah memang adalah Allah yang adil, yang memberi jalan keselamatan kepada manusia. Syaratnya hanya satu: yaitu percaya kepada Yesus, maka Allah akan membenarkan orang tersebut (ay. 26).

Keselamatan dari Allah memang sepintas terlihat sederhana. Memang keselamatan itu sederhana dan bahkan gratis alias cuma-cuma. Untuk selamat kita cukup percaya dan beriman kepada Yesus Kristus. Akan tetapi keselamatan itu tidak murahan. Kita harus tetap berjuang dalam hidup kita dan mengerjakan keselamatan kita (Flp 2:12). Jangan kita hanya berdiam diri saja setelah kita selamat. Perlu ada suatu tindakan sebagai respon kita terhadap anugerah keselamatan dari Allah tersebut. Alkitab mengatakan bahwa kita ditebus dengan darah yang sangat mahal (1 Ptr 1:19). Oleh karena itu, jangan kita main-main dengan keselamatan kita, tetapi mari kita mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, sehingga hidup kita bukan hanya sekedar hidup yang tanpa arti, tetapi kepastian keselamatan yang kita terima tersebut akan mampu membuat hidup kita lebih berarti.



Bacaan Alkitab: Roma 3:21-26
3:21 Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi,
3:22 yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.
3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
3:26 Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.