Jumat, 17 Mei 2013

Siap untuk Menderita



Jumat, 17 Mei 2013
Bacaan Alkitab: Yohanes 16:1-4a
Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.” (Yoh 16:4a)


Siap untuk Menderita


Ketika kita sekolah atau kuliah, salah satu hal yang paling tidak kita sukai adalah ketika guru atau dosen memberikan semacam ujian atau kuis mendadak, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Mengapa demikian, karena dengan demikian kita tidak sempat melakukan persiapan untuk belajar terlebih dahulu. Jika saat itu kita tidak masuk (misal karena sakit atau alasan lain), maka kita pun kehilangan kesempatan untuk mendapatkan nilai dari ujian atau kuis yang mendadak tersebut. Beda halnya jika guru atau dosen sudah memberitahukan terlebih dahulu kepada kita, tentu kita akan dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu sehingga andaikata nilai kita jelek, maka itu sepenuhnya adalah tanggung jawab kita.

Sama halnya dengan Tuhan Yesus yang telah mengatakan sejumlah hal sebelum kita mengalaminya. Salah satunya adalah hal yang kita pelajari hari ini. Dalam bagian bacaan Kitab Suci kita hari ini, kita melihat bahwa hal yang dimaksud Tuhan adalah tentang penganiayaan yang akan dialami oleh jemaat Tuhan. Memang tidak semua jemaat Tuhan harus merasakan penganiayaan (khususnya secara fisik). Tetapi sesungguhnya perjuangan kita untuk hidup benar di dunia ini juga adalah salah satu bentuk “harga yang harus kita bayar” ketika kita memutuskan untuk mengiring Yesus.

Ingat bahwa Yesus sudah mengatakan bahwa kita akan dikucilkan, bahkan beberapa di antara kita akan dibunuh, dan orang yang membunuh kita itu pun menyangka bahwa mereka sedang berbuat baik bagi allah mereka (ay. 2). Itu adalah risiko yang harus kita tanggung ketika kita percaya kepada Yesus. Jika kita dianiaya karena iman kita kepada Allah, maka mereka menganiaya kita karena mereka tidak mengenal Allah, baik Allah Bapa maupun Tuhan Yesus (ay. 3). Mereka menganggap apa yang mereka lakukan itu adalah ibadah menurut kepercayaan mereka.

Apakah semua dari kita akan mengalami hal tersebut? Bisa ya dan bisa tidak. Hanya Tuhan yang tahu jawabannya. Akan tetapi, andai kita mengalaminya sekalipun, ingatlah bahwa Tuhan sudah pernah mengatakannya kepada kita. Mengapa Tuhan mengatakan hal ini kepada kita?

Pertama, supaya kita tidak kecewa kepada Tuhan dan menolak Tuhan (ay. 1). Jika Tuhan telah terlebih dahulu mengatakannya, dan kita menolak untuk menerima penderitaan atau penganiayaan tersebut, berarti sama saja dengan kita menolak Tuhan. Ingat bahwa mengiring Yesus itu bukan saja kita menerima yang enak-enak saja, tetapi juga harus siap menerima yang tidak enak. Tetapi percayalah bahwa yang tidak enak sekalipun itu pada akhirnya akan berujung sesuatu yang baik bagi kita.

Kedua, agar dalam keadaan apapun kita tetap selalu ingat kepada Tuhan (ay. 4a). Jika aniaya atau penderitaan itu tiba, maka kita akan ingat bahwa Tuhan sudah terlebih dahulu mengatakannya. Dengan demikian kita pun akan mengingat Tuhan dan bukannya lupa kepada Tuhan dalam penderitaan yang kita alami. Kita tidak boleh hanya mengingat Tuhan dalam keadaan yang baik saja, tetapi dalam segala hal kita harus tetap ingat Tuhan, bahkan dalam kondisi yang tidak baik sekalipun.

Bersyukurlah ketika kita tidak (atau belum) mengalami penderitaan karena nama Tuhan. Tetapi jika kita sudah pernah merasakannya (atau sedang merasakannya), tetaplah bersyukur, karena itu adalah anugerah Tuhan dalam hidup kita. Tuhan yang paling tahu batas maksimal kekuatan kita, dan segala penderitaan yang kita alami tidak akan melebihi kekuatan kita. Bagi kita yang belum menderita, mari kita siapkan diri kita agar kita pun boleh mengambil bagian dalam penderitaan tersebut dengan sebaik-baiknya.




Bacaan Alkitab: Yohanes 16:1-4a
16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.
16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
16:4a Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.