Selasa, 21 Mei 2013

Melakukan Pekerjaan yang Lebih Besar



Senin, 20 Mei 2013
Bacaan Alkitab: Yohanes 14:12-14
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa.” (Yoh 14:12)


Melakukan Pekerjaan yang Lebih Besar dari Pekerjaan Yesus


Bagi umat Tuhan, seringkali kita terkagum-kagum ketika membaca Alkitab dan menemui bagaimana Tuhan Yesus membuat mujizat yang luar biasa, seperti memberi makan 5.000 orang, berjalan di atas air, mengubah air menjadi anggur, menyembuhkan orang buta, dan lain sebagainya. Memang tidak salah kagum terhadap apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Tetapi jika kita hanya berhenti untuk mengagumi pekerjaan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, berarti ada sesuatu yang masih kurang dalam diri kita.

Bacaan Alkitab kita hari ini berbicara tentang bagaimana kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari apa yang Tuhan Yesus pernah lakukan (ay. 12a). Tentu hal ini bukan berarti bahwa kita akan disalib dan kemudian bisa bangkit sendiri pada hari yang ketiga. Tetapi ayat ini berbicara bahwa segala mujizat dan pekerjaan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, sebenarnya kita pun bisa melakukannya. Mengapa demikian?

Pertama, karena Tuhan Yesus pergi kepada Bapa di Surga (ay. 12b). Apa hubungannya? Karena ketika Tuhan Yesus pergi kepada Bapa, maka Ia mengutus Roh Kudus yang memampukan kita melakukan segala macam pekerjaan yang pernah dilakukan oleh Tuhan Yesus. Tanpa Roh Kudus, segala pelayanan kita akan menjadi hambar dan tidak ada artinya.

Kedua, karena kita pada umumnya memiliki waktu lebih banyak di dunia ini. Tuhan Yesus hanya melakukan pelayanannya selama 3,5 tahun, karena sampai dengan usia 30 tahun Tuhan Yesus pun bekerja mencari nafkah sebagai tukang kayu. Kita yang saat ini membaca renungan ini, mungkin sudah punya waktu untuk melayani lebih banyak dari Tuhan Yesus, sehingga sebenarnya kita memiliki potensi untuk melakukan jauh lebih banyak dan jauh lebih besar dari apa yang dahulu dilakukan oleh Tuhan Yesus. Pertanyaannya, sudahkah kita memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya bagi kemuliaan nama Tuhan?

Ketiga, karena Tuhan sudah memberikan janji kepada kita (ay. 13-14). Janji Tuhan ini sangat luar biasa. Tuhan menjanjikan bahwa apa saja yang kita minta dalam namaNya, maka Tuhan akan melakukannya. Memang motivasi kita dalam meminta itu pun harus benar, yaitu agar nama Tuhan dipermuliakan (ay. 13b).

Kita sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa untuk melakukan perkara-perkara besar. Seringkali masalahnya ada di kita, yaitu kita tidak menyadari potensi itu, atau kita sadar tetapi tidak mau untuk berusaha mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita. Ingat bahwa kita ini adalah ciptaan Allah yang dipersiapkan untuk melakukan pekerjaan baik yang telah dipersiapkan Allah sebelumnya (Ef 2:10). Tuhan ingin agar kita melakukan pekerjaan-pekerjaan baik dalam hidup kita, termasuk melakukan pelayanan bagi kemuliaan nama Tuhan.

Jika kita sudah menyadari hal ini, alasan apa lagi yang dapat kita kemukakan di hadapan Tuhan? Tuhan ingin kita melakukan perkara-perkara besar, bahkan yang jauh lebih besar dari apa yang pernah dilakukan Tuhan Yesus. Tuhan sudah memberi kita potensi yang luar biasa? Maukah kita menggunakannya? Jadilah hamba yang baik dan setia, yang mau menggunakan talenta yang diberikan dan mengembangkannya (Mat 25:21 & 23).


Bacaan Alkitab: Yohanes 14:12-14
14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.