Kamis, 06 Juni 2013

Tak Ada Dosa yang Tersembunyi bagi Tuhan



Selasa, 4 Juni 2013
Bacaan Alkitab: Yosua 7:10-15
Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Bangunlah! Mengapa engkau sujud demikian? Orang Israel telah berbuat dosa, mereka melanggar perjanjian-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya, mereka menyembunyikannya, dan mereka menaruhnya di antara barang-barangnya.” (Yos 7:10-11)


Tak Ada Dosa yang Tersembunyi bagi Tuhan


Mungkin selama ini kita hidup dalam dosa yang tersembunyi. Orang tua kita tidak tahu, suami isteri kita tidak tahu, anak-anak kita tidak tahu, saudara kita tidak tahu, keluarga kita tidak tahu, terlebih pendeta kita juga tidak tahu. Mungkin dosa itu sudah mendarah daging dan tidak dapat kita lepaskan. Mungkin juga dosa itu kita biarkan saja walaupun kita sudah mulai melayani di gereja kita. Ya memang yang tahu hanya kita dengan Tuhan. Tetapi tahukah bahwa ketika dosa itu tidak segera dibereskan, maka suatu saat nanti Tuhan pasti akan mengungkapkannya?

Demikian juga halnya dengan bangsa Israel. Ketika mereka menyerang Yerikho, Tuhan telah berfirman agar semua harta benda penduduk Yerikho dibakar, kecuali Rahab dan keluarganya. Akan tetapi Akhan ternyata mengambil harta benda dari Yerikho dan menyimpannya. Hal tersebut ternyata tidak diketahui siapapun, bahkan  Yosua pun tidak. Tetapi Tuhan tahu. Ketika bangsa Israel menyerang kota kecil Ai, mereka pun kalah karena dosa 1 orang yaitu Akhan. Yosua yang kemudian sujud dan datang menghadap Tuhan akhirnya mendapatkan jawaban dari Tuhan.

Tuhan menjawab Yosua (ay. 10). Tuhan menjelaskan mengapa bangsa Israel sampai kalah dari bangsa kecil seperti kota Ai. Alasan utamanya adalah karena bangsa Israel telah berbuat dosa. Mereka melanggar perintah Tuhan. Mereka mengambil sesuatu dari barang yang dikhususkan tersebut. Mereka mencuri, menyembunyikan dan menaruh di antara barang-barangnya (ay. 11). Bayangkan, tidak ada orang Israel yang mengetahui apa yang dilakukan Akhan, bahkan Yosua pun tidak. Tetapi Tuhan tahu dan menjelaskan itu semua dengan rinci kepada Yosua. Oleh karena itu Tuhan pun menghukum Yosua dan bangsa Israel. Tuhan berkata, selama barang-barang itu tidak dimusnahkan (dosa itu tidak dibereskan), maka selama itu pula orang Israel akan kalah menghadapi siapapun (ay. 12).

Ini adalah ancaman Tuhan yang serius kepada Yosua dan bangsa Israel. Bagaimana bisa bangsa Israel menduduki tanah Kanaan jika setiap kali bertempur mereka akan kalah? Oleh karena itu Yosua dihadapkan pada 2 pilihan: Menutupi dosa Akhan (dengan konsekuensi bangsa Israel akan kalah), atau membongkar dosa Akhan. Yosua pun memilih pilihan ke-2, sehingga Tuhan pun memerintahkan Yosua agar memanggil bangsa Israel satu persatu, mulai dari suku demi suku, kaum demi kaum, dan keluarga demi keluarga sesuai dengan penunjukkan Tuhan, hingga didapati orang yang bersalah tersebut (ay. 13-14). Dan hukuman bagi Akhan beserta keluarganya adalah dibakar dengan api, termasuk barang yang dijarah tersebut, karena dosa-dosa Akhan (ay. 15).

Perhatikan hal ini dengan sungguh-sungguh. Tuhan tahu semua dosa apa yang kita lakukan, bahkan ketika tidak ada seorang pun yang tahu. Apapun dosa yang kita lakukan, selama kita tidak mau membereskan dosa tersebut maka selama itu pula ada konsekuensi hukuman Tuhan yang akan menimpa kita. Ketika kita mengakui dan membereskan dosa kita, memang kita pun harus siap dengan konsekuensinya. Tetapi adalah lebih baik bagi kita untuk mengaku dosa kita ketimbang menyimpannya rapat-rapat hingga akhir hayat kita.


Bacaan Alkitab: Yosua 7:10-15
7:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Bangunlah! Mengapa engkau sujud demikian?
7:11 Orang Israel telah berbuat dosa, mereka melanggar perjanjian-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya, mereka menyembunyikannya, dan mereka menaruhnya di antara barang-barangnya.
7:12 Sebab itu orang Israel tidak dapat bertahan menghadapi musuhnya. Mereka membelakangi musuhnya, sebab mereka itu pun dikhususkan untuk ditumpas. Aku tidak akan menyertai kamu lagi jika barang-barang yang dikhususkan itu tidak kamu punahkan dari tengah-tengahmu.
7:13 Bangunlah, kuduskanlah bangsa itu dan katakan: Kuduskanlah dirimu untuk esok hari, sebab, demikianlah firman TUHAN, Allah Israel: Hai, orang Israel ada barang-barang yang dikhususkan di tengah-tengahmu; kamu tidak akan dapat bertahan menghadapi musuhmu, sebelum barang-barang yang dikhususkan itu kamu jauhkan dari tengah-tengah kamu.
7:14 Besok pagi kamu harus tampil ke muka suku demi suku dan suku yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka kaum demi kaum, dan kaum yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka keluarga demi keluarga dan keluarga yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka seorang demi seorang.
7:15 Dan siapa yang didapati menyimpan barang-barang yang dikhususkan itu, akan dibakar dengan api, ia dan segala sesuatu yang ada padanya, sebab ia telah melanggar perjanjian TUHAN dan berbuat noda di antara orang Israel."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.