Rabu, 05 Juni 2013

Tuhan Setia Sejak Kita Masih Kecil



Kamis, 30 Mei 2013
Bacaan Alkitab: Mazmur 71:17-18
Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib.” (Mzm 71:17)


Tuhan Setia Sejak Kita Masih Kecil


Berapa usia kita saat ini? 20 tahun? 30 tahun? 40 tahun? 50 tahun? 70 tahun? Atau ada yang lebih dari 80 tahun? Pernahkah dari usia kita kecil hingga kita dewasa di umur kita yang sekarang ini, Tuhan meninggalkan kita? Mungkin kita dulu pernah mengalami masalah yang begitu berat sehingga pada waktu itu kita merasa bahwa Tuhan seakan-akan telah meninggalkan kita. Akan tetapi jika kita melihat dari sudut pandang kita sekarang, maka sekarang kita tahu bahwa pada waktu-waktu tersulit yang pernah kita alami, Tuhan tidak pernah sekalipun meninggalkan kita. Justru kita yang seringkali meninggalkan Tuhan ketika ada masalah yang datang bukan?

Bacaan Alkitab kita hari ini berbicara tentang Tuhan yang setia kepada kita, bahkan telah mengajar kita sejak masa kecil kita (ay. 17a). Ini berarti bahwa Tuhan kita bukan Tuhan yang baru mengasihi kita setelah kita beranjak dewasa. Alkitab mengatakan bahwa sejak kita kecil, sebenarnya Tuhan pun telah mengasihi kita. Ia mendidik kita, memberi kita pertumbuhan dan perkembangan, memberi kita orang-orang yang mendidik dan mengasihi kita, dan begitu banyak lagi hal yang lain.

Hal yang lebih ajaib lagi, sejak kecil hingga saat ini, Tuhan masih tetap melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib bagi kita (ay. 17b). Pemazmur yang pada saat menulis mazmur ini sudah berusia cukup lanjut, mengatakan bahwa bahkan sampai masa tuanya dan ketika rambutnya telah putih, Tuhan juga tidak pernah meninggalkan dirinya (ay. 18a). Pemazmur tahu bahwa Tuhan adalah Tuhan yang setia, sejak ia kecil  hingga ia dewasa, bahkan ketika ia sudah memasuki masa lanjut usia sekalipun.

Jika Tuhan adalah Tuhan yang setia, lalu apa yang menjadi bagian kita? Apakah kita hanya berkata, “Oh ya baguslah, Tuhan memang setia”? Hanya itukah yang dapat kita lakukan? Tentu tidak bukan? Kita yang telah mengalami perbuatan-perbuatan ajaib dari Tuhan, sudah saatnya juga untuk kita untuk memberitakan perbuatan-perbuatan ajaib tersebut kepada orang lain (ay. 17b). Bahkan kita harus memberitakan bukan hanya kepada orang-orang yang seangkatan dengan kita, melainkan juga kepada orang-orang lain dari angkatan yang akan datang (ay.18b).

Bagaimanapun itu sudah merupakan tanggung jawab kita. Tuhan sudah menyertai kita sejak kita kecil hingga kita tua. Bukankah hal itu juga harus diberitakan kepada orang lain yaitu dari generasi penerus kita, sehingga mereka pun dapat merasakan bahwa Tuhan menyertai mereka juga sejak usia mereka kecil. Tuhan setia kepada semua umatnya sejak mereka kecil. Tidak hanya kita, tetapi juga generasi sebelum dan sesudah kita. Apa yang sudah kita lakukan untuk membalas kasih setiaNya yang tidak pernah berkesudahan itu?


Bacaan Alkitab: Mazmur 71:17-18
71:17 Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib;
71:18 juga sampai masa tuaku dan putih rambutku, ya Allah, janganlah meninggalkan aku, supaya aku memberitakan kuasa-Mu kepada angkatan ini, keperkasaan-Mu kepada semua orang yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.