Kamis, 11 Mei 2017

Imam yang Tidak Membawa Umatnya Mengenal Allah



Jumat, 12 Mei 2017
Bacaan Alkitab: Hosea 4:4-6
Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu. (Hos 4:6)


Imam yang Tidak Membawa Umatnya Mengenal Allah


Dalam Perjanjian Lama, kita melihat bagaimana peran para imam sangatlah sentral dalam kehidupan bangsa Israel (yang kemudian terbagi menjadi kerajaan Israel di utara dan Yehuda di selatan). Namun demikian, dalam kitab Hosea dan kitab nabi-nabi lainnya, banyak sekali keluhan terhadap tindakan dan perilaku para imam. Tentu keluhan itu juga terkait dengan kondisi sosial, ekonomi, dan politik bangsa Israel. Namun dalam kitab Hosea kita menemukan bagaimana suara kenabian Hosea yang ditujukan kepada para imam.

Kita melihat larangan orang mengadu dan menegor (ay. 4a). Awalnya saya mengira bahwa Tuhan melarang umat Israel untuk mengeluh karena bencana yang mereka terima. Namun demikian, setelah membaca ayat-ayat selanjutnya, kita mengerti bahwa larangan itu ditujukan Tuhan kepada para imam. Ternyata yang selama ini mengadu dan mengeluh terhadap kondisi bangsa Israel adalah para imam. Namun sebenarnya para imam tidak sadar akan dosa-dosa dan kesalahan mereka yang menyebabkan bencana bagi Israel.

Tuhan juga menubuatkan bahwa para imam yang jahat itu akan tetap tergelincir jatuh pada siang hari. Bahkan para nabi-nabi palsu yang bernubuat palsu juga akan tergelincir pada malam hari (ay. 5a). Bahkan tidak hanya itu saja hukuman Tuhan bagi para imam. Tuhan juga bernubuat bahwa Ia akan membinasakan ibu para imam tersebut (ay. 5b). Ini adalah gambaran bahwa dosa para imam tersebut begitu beratnya sehingga keluarga para imam pun tetap harus menanggung dampak kejahatan dari para imam. Tentu dalam hal ini Tuhan bersikap adil. Jika keluarga para imam sadar tentang dosa, ia akan tahu bahwa pekerjaan para imam itu tidak berkenan di hadapan Tuhan, sehingga seharusnya mereka mengingatkan para imam bahwa mereka sedang berada di jalan yang salah. Oleh karena itu dalam hal ini umat Israel tidak bisa mengatakan bahwa Tuhan tidak adil karena keluarga para imam juga ikut dihukum. Para imam dihukum karena kesalahannya. Keluarga para imam juga ikut menerima hukuman karena mereka juga ikut menikmati hasil kejahatan para imam tersebut.

Namun satu hal yang lebih menyakitkan hati Tuhan adalah karena umat Tuhan (konteks pada waktu itu adalah umat Israel dan Yehuda) kemudian akan menjadi binasa. Alkitab menulis bahwa umat Tuhan menjadi binasa karena tidak mengenal Allah yang benar (ay. 6a). Umat tidak mengerti dan mengenal Allah karena para imam juga tidak pernah mengajarkan kebenaran semacam itu kepada umat. Imam justru menolak pengenalan Allah yang benar karena jika umat mengenal Allah dengan benar, maka mereka akan menjadi cerdas dan kemudian mengerti bahwa para imam sedang melakukan kejahatan (ay. 6b).

Oleh karena itu, Tuhan Allah menolak para imam tersebut (ay. 6c). Bahkan karena mereka melupakan pengajaran yang benar, yaitu pengajaran supaya umat mengenal Allah dengan benar, mengerti kehendak Allah dengan benar, dan dapat melakukan kehendak Allah dengan benar, maka Tuhan juga melupakan para imam dan juga melupakan keluarga mereka (ay. 6d). Ingat bahwa keluarga para imam juga berbuat jahat dengan ikut menikmati hasil kejahatan para imam. Pada waktu itu kondisi masyarakat Israel begitu bobroknya sehingga hampir semua orang tahu kejahatan yang terjadi di antara mereka. Dan tidak ada yang berani mengingatkan kejahatan mereka selain nabi Tuhan yang benar. Para imam tetap berbuat jahat, nabi-nabi palsu juga diam atau justru mendukung kejahatan para imam, keluarga dan orang-orang terdekat para imam juga ikut menikmati kejahatan. Itulah sebabnya Tuhan menghukum para imam dan semua orang yang terkait dengan mereka, karena mereka tidak mau membawa umat Tuhan untuk mengenal Tuhannya dengan benar. Bagaimana mungkin mereka menyebut umat dengan sebutan umat Allah, namun ternyata umat tersebut belum sungguh-sungguh mengenal Allah?



Bacaan Alkitab: Hosea 4:4-6
4:4 Hanya janganlah ada orang mengadu, dan janganlah ada orang menegor, sebab terhadap engkaulah pengaduan-Ku itu, hai imam!
4:5 Engkau akan tergelincir jatuh pada siang hari, juga nabi akan tergelincir jatuh bersama-sama engkau pada malam hari; dan Aku akan membinasakan ibumu.
4:6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.