Kamis, 09 April 2015

Hal yang Sangat Penting



Kamis, 9 April 2015
Bacaan Alkitab: 1 Korintus 15:3-8
Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci. (1 Kor 15:3)


Hal yang Sangat Penting


Alkitab penuh dengan ayat-ayat penting yang harus kita perhatikan. Ada begitu banyak ayat-ayat dalam Alkitab yang berbicara tentang kelahiran kembali, pengampunan dosa, berkat jasmani, dan lain sebagainya. Namun demikian, kita perlu belajar tentang suatu prinsip kekristenan yang sebenarnya sangat penting, namun sering dianggap sepele atau dijadikan nomor kesekian dalam hidup kita.

Beberapa waktu lalu, kita baru saja merayakan Paskah. Jika ditanya kepada sebagian besar orang Kristen, kita akan mendapatkan jawaban bahwa hari Paskah dianggap seakan-akan sebagai “hari raya kedua” setelah Natal. Orang lebih suka merayakan Natal daripada Paskah. Orang lebih suka merayakan kelahiran Yesus daripada merayakan kebangkitan Yesus. Memang tanpa kelahiran Yesus tidak mungkin ada pengorbanan dan kebangkitan Yesus. Tetapi kita harus mengerti bahwa puncak dari segala pelayanan Yesus Kristus di dunia ini dapat adalah ketika Dia mau taat sampai mati di atas kayu salib dan mencapai kesempurnaanNya sehingga hidupNya boleh sungguh-sungguh tak bercacat dan tak bercela di hadapan Bapa.

Paulus mengibaratkan hal ini dengan istilah “hal yang sangat penting” (ay. 3a). Hal yang sangat penting itu adalah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita (ay. 3b), bahwa Yesus telah dikuburkan, dan juga telah dibangkitkan pada hari yang ketiga (ay. 4), dan  bahwa Yesus telah menampakkan diri ke sejumlah orang percaya, mulai dari Kefas dan kedua belas muridNya (ay. 5), kepada kebanyakan muridnya (ay. 6), kepada Yakobus, para rasul (ay. 7), dan terakhir kepada Paulus (ay. 8).

Kebanyakan kita merasa bahwa hal ini adalah hal yang biasa, namun sebenarnya Paulus ingin menuliskan di sini bahwa penderitaan, kematian dan kebangkitan Kristus adalah suatu hal yang penting. Mengapa demikian? Karena melalui satu paket itulah (penderitaan, kematian, dan kebangkitan Kristus), maka kita telah dibukakan jalan untuk menjadi serupa seperti Kristus. Kita yang sebelumnya hidup dalam dosa, dimampukan untuk menjadi sempurna seperti Kristus telah sempurna melakukan pekerjaanNya di dunia ini.

Dalam ayat lain Paulus menegaskan bahwa ia ingin mengenal Kristus dan kuasa kebangkitanNya, dan persekutuan dalam penderitaanNya, dan serupa dalam kematianNya, supaya Paulus beroleh kebangkitan dari antara orang mati (Flp 3:10-11). Paulus sadar pentingnya penderitaan, kematian dan kebangkitan Kristus dalam kehidupan orang Kristen. Dan itu juga yang seharusnya kita pikirkan, yaitu kita berusaha mengenal Kristus beserta keseluruhan hidupNya. Kita harus meneladani Kristus dalam segala hal, karena Ia telah terlebih dahulu mencapai kesempurnaan melalui ketaatanNya yang sempurna kepada kehendak Bapa di surga.

Dalam momen Paskah ini kita diingatkan bahwa Tuhan Yesus sudah mati dan bangkit  bagi kita. Ia mati dan bangkit sehingga kita boleh mendapatkan keselamatan kekal di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Ia telah meletakkan pondasi kehidupanNya di dunia ini untuk kita teladani dan ikuti jejakNya. Jika kita mengaku diri kita sebagai seorang Kristen, maka sudah seharusnya kita juga hidup menurut kehidupan Kristus (1 Yoh 2:6). Sudahkah kita melakukannya?


Bacaan Alkitab: 1 Korintus 15:3-8
15:3 Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,
15:4 bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;
15:5 bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.
15:6 Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.
15:7 Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul.
15:8 Dan yang paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.