Kamis, 23 April 2015

Pesuruh-pesuruh Cepat



Jumat, 24 April 2015
Bacaan Alkitab: 2 Tawarikh 30:5-11
Maka berangkatlah pesuruh-pesuruh cepat ke seluruh Israel dan Yehuda membawa surat dari raja dan para pemimpin, dan mengatakan sesuai dengan perintah raja: "Hai, orang Israel, kembalilah kepada TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, maka Ia akan kembali kepada yang tertinggal dari pada kamu, yakni mereka yang terluput dari tangan raja-raja Asyur.” (2 Taw 30:6)


Pesuruh-pesuruh Cepat


Di masa sekarang ini, kita sudah sangat familiar dengan pihak ekspedisi yang mengirim dan mengantar dokumen serta paket. Ada banyak perusahaan ekspedisi mulai dari yang kecil hingga yang besar, yang sering kali berlalu-lalang untuk mengantarkan kiriman hingga sampai ke tujuan. Saya tentu tidak akan membahas tentang pihak ekspedisi ini karena saya bukan berpromosi, tetapi ingin melihat bahwa pihak ekspedisi ini sangat diperlukan ketika ada suatu dokumen, paket, maupun barang yang diperlukan untuk tiba di tempat tujuan dalam waktu sesegera mungkin.

Hari ini kita membaca tentang bagaimana raja Hizkia berencana untuk merayakan Paskah di Yerusalem. Raja dan segenap bangsa Yehuda tidak ingin hanya merayakan Paskah di kerajaan Yehuda saja (yang hanya terdiri dari 2 suku yaitu Yehuda dan Benyamin), tetapi juga mengundang 10 suku yang lain di kerajaan Israel. Oleh karena itu mereka ingin menyampaikan maklumat ke seluruh Israel agar suku-suku Israel datang ke Yerusalem untuk merayakan Paskah bagi Tuhan (ay. 5).

Mereka lalu mengutus para pesuruh-pesuruh cepat ke seluruh daerah Israel dan Yehuda untuk mengajak seluruh suku-suku Israel merayakan Paskah bagi Tuhan (ay. 6). Mereka mengingatkan agar bangsa Israel dan Yehuda tidak mengikuti jejak nenek moyang mereka yang meninggalkan Tuhan sehingga Tuhan murka (ay. 7). Para pesuruh-pesuruh cepat itu menyampaikan ajakan raja Hizkia agar segenap suku Israel datang berbalik kepada Tuhan, karena Tuhan adalah Tuhan yang penuh belas kasihan ketika orang datang kepadaNya dengan penuh pertobatan (ay. 8-9).

Pesuruh-pesuruh cepat itu tentu saja menyampaikan berita ini kepada segenap bangsa Israel di kota-kota Israel dan Yehuda. Walaupun mereka hanya bertugas mengantarkan surat, tetapi mereka tentu saja berharap ajakan raja Hizkia dapat diterima. Namun demikian, Alkitab menulis bahwa sejumlah pesuruh cepat yang melintasi tanah Efraim dan Manasye bahkan hingga ke daerah Zebulon, mereka ditertawakan dan diolok-olok oleh para penduduknya (ay. 10). Tentu saja hal ini cukup disayangkan. Andaikata mereka tidak mau datang ke Yerusalem untuk merayakan Paskah, cukuplah dengan diam dan tidak perlu mengolok-olok para pesuruh cepat itu.

Namun ada juga berita baik, dimana sejumlah orang dari daerah Asyer, Manasye dan Zebulon, mau merendahkan diri, mendengar Firman tersebut dan mau datang ke Yerusalem (ay. 11). Ini adalah suatu berita sukacita yang menghibur hati para pesuruh itu. Sama seperti pengantar dokumen atau paket, mereka akan sangat senang jika paket mereka diterima dengan selamat hingga tujuan, dan penerima paket tersebut bersukacita. Demikian pula para pesuruh cepat itu pun bersukacita jika ada rakyat Israel dan Yehuda yang mau mendengarkan berita yang mereka sampaikan untuk merayakan Paskah di Yerusalem.

Kita semua adalah para pesuruh-pesuruh Tuhan yang ditugaskan untuk memberitakan Injil. Ada yang dikaruniai kesempatan memberitakan Injil di atas mimbar, di televisi, di media sosial, dan lain sebagainya. Tetapi tanpa kita sadari, kita pun wajib dan harus memberitakan Injil kepada orang lain melalui kehidupan kita. Untuk itu, jadilah pesuruh-pesuruh yang cepat dan tidak berlambat-lambat. Biarlah hidup kita boleh menjadi suatu kesaksian bagi orang lain, sehingga banyak orang boleh mengenal Yesus melalui hidup kita. Tidak ada sukacita yang lebih besar dibanding jika ada orang lain yang percaya kepada Yesus setelah melihat kehidupan kita yang memuliakan Tuhan.


Bacaan Alkitab: 2 Tawarikh 30:5-11
30:5 Mereka memutuskan untuk menyiarkan maklumat di seluruh Israel, dari Bersyeba sampai Dan, supaya masing-masing datang ke Yerusalem merayakan Paskah bagi TUHAN, Allah Israel, karena mereka belum merayakannya secara umum seperti yang ada tertulis.
30:6 Maka berangkatlah pesuruh-pesuruh cepat ke seluruh Israel dan Yehuda membawa surat dari raja dan para pemimpin, dan mengatakan sesuai dengan perintah raja: "Hai, orang Israel, kembalilah kepada TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, maka Ia akan kembali kepada yang tertinggal dari pada kamu, yakni mereka yang terluput dari tangan raja-raja Asyur.
30:7 Janganlah berlaku seperti nenek moyangmu dan saudara-saudaramu yang berubah setia terhadap TUHAN, Allah nenek moyang mereka, sehingga Ia membuat mereka menjadi kedahsyatan seperti yang kamu lihat sendiri.
30:8 Sekarang, janganlah tegar tengkuk seperti nenek moyangmu. Serahkanlah dirimu kepada TUHAN dan datanglah ke tempat kudus yang telah dikuduskan-Nya untuk selama-lamanya, serta beribadahlah kepada TUHAN, Allahmu, supaya murka-Nya yang menyala-nyala undur dari padamu.
30:9 Karena bilamana kamu kembali kepada TUHAN, maka saudara-saudaramu dan anak-anakmu akan mendapat belas kasihan dari orang-orang yang menawan mereka, sehingga mereka kembali ke negeri ini. Sebab TUHAN, Allahmu, pengasih dan penyayang: Ia tidak akan memalingkan wajah-Nya dari pada kamu, bilamana kamu kembali kepada-Nya!"
30:10 Ketika pesuruh-pesuruh cepat itu pergi dari kota ke kota, melintasi tanah Efraim dan Manasye sampai ke Zebulon, mereka ditertawakan dan diolok-olok.
30:11 Namun beberapa orang dari Asyer, Manasye dan Zebulon merendahkan diri, dan datang ke Yerusalem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.