Selasa, 11 Oktober 2011

Dilarang Merokok

Sabtu, 8 Oktober 2011

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 6:12-20

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?” (1 Kor 6:19)


Dilarang Merokok


Saya pernah berbicara dengan seorang saudara seiman yang hobi merokok, Ia tidak bisa lepas dari kebiasaannya merokok, bahkan begitu keluar dari gereja, biasanya ia langsung menyalakan rokoknya. Ketika saya bertanya mengapa ia tak bisa berhenti merokok, ia mengatakan bahwa ia akan berhenti merokok asalkan di Alkitab tertulis “Dilarang merokok”. Lalu saya katakan, kalau di Alkitab, mau dicari dari Kitab Kejadian sampai Wahyu, mau dicari di terjemahan mana pun, sampai ke bahasa daerah, bahasa Jawa, Aceh, hingga ke Papua, kita tidak akan menemukan kata-kata “Dilarang merokok”. Justru kalau kita ke SPBU kita pasti menemukan ada tulisan “Dilarang merokok” tertempel di mana-mana. Walaupun demikian, jika kita cermati Alkitab dengan mendalam, kita bisa menemukan sebuah ayat yang mendekati dengan kata-kata “Dilarang merokok” tersebut, yang salah satunya adalah dalam bacaan Kitab Suci kita hari ini.

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, menasehatkan jemaat bahwa semua sesuatu, walaupun telah dianggap halal, namun tidak semuanya berguna atau bermanfaat. Memang segala sesuatu pasti ada yang bermanfaat, ada juga yang tidak bermanfaat namun tidak merugikan juga, tetapi juga ada yang merugikan. Rokok misalnya, saya rasa lebih bannyak negatifnya daripada positifnya. Buktinya, dalam setiap kemasan dan iklan rokok selalu dituliskan “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan ganguan kehamilan dan janin”. Lha, kalau sudah tahu merokok itu tidak sehat malah bikin penyakit, kok masih ada yang mau merokok ya?

Salah satu penyebabnya adalah orang tersebut sudah terikat dengan rokok. Dengan kata lain, ia sudah menjadi hamba rokok. Dalam ayat 12, Paulus mengatakan bahwa kita yangan sampai diperhamba oleh apapun, apalagi oleh rokok. Sangat disayangkan karena ketika seseorang ketagihan merokok, orang itu akan menghabiskan uangnya untuk membeli rokok, padahal mungkin uang tersebut akan lebih berguna untuk membeli beras atau membayar uang sekolah anak-anaknya. Selain itu merokok juga dapat mengganggu kesehatan orang lain, terlebih orang-orang terdekat dengan kita, entah itu isteri kita, atau anak-anak kita.

Banyak hal-hal di dunia ini yang tidak berguna. Dalam konteks Jemaat di Korintus, mereka lebih banyak digoda oleh percabulan, karena di kota Korintus sendiri terdapat kuil romawi yang cukup besar, dimana para pendeta kuil tersebut yang sebagian besar adalah perempuan, menjadikan diri mereka sebagai pelacur di kuil tersebut. Karena kuil tersebut adalah landmark dari kota Korintus, maka percabulan seakan-akan menjadi hal yang biasa bagi setiap orang di Korintus, termasuk jemaat yang ada di sana. Jika ditarik ke konteks di masa kini, maka mungkin selain percabulan, tentunya banyak hal yang tidak berguna seperti rokok, minuman keras, dugem, dan lain-lain.

Terhadap percabulan, dan juga hal-hal lain, Paulus menegaskan bahwa bagi orang percaya, Roh Kudus telah diam dalam tubuh kita, dan dengan demikian tubuh kita adalah Bait Roh Kudus (ay. 15 & 18). Apakah kita masih tega untuk merusak tubuh kita dengan hal-hal yang tidak berguna dan bahkan merugikan kita? Paulus mengartakan agar kita memuliakan Allah dengan tubuh Kita. Bahkan seharusnya tubuh kita itu digunakan untuk memuliakan Tuhan (ay. 13 & 20). Bagaimana mungkin kita dapat memuliakan Allah jika tubuh kita saja sakit-sakitan karena merokok? Bagaimana pula orang lain bisa memuliakan Allah jika kita yang mengaku orang Kristen saja merokok di sembarang tempat, mengganggu orang lain terlebih wanita dan anak-anak yang ada di sekitar kita? Belajarlah dari hal-hal yang sederhana. Jangan mau diperhamba oleh apapun, karena Tuhan telah membebaskan kita dari perhambaan (Gal 5:1).


Bacaan Alkitab: 1 Korintus 6:12-20

6:12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

6:13 Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

6:14 Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.

6:15 Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!

6:16 Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: "Keduanya akan menjadi satu daging."

6:17 Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.

6:18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.