Rabu, 26 April 2017

Baptisan dalam Perjanjian Baru (Bagian 23): Orang-orang Korintus yang Dibaptis



Rabu, 26 April 2017
Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 18:5-8
Tetapi Krispus, kepala rumah ibadat itu, menjadi percaya kepada Tuhan bersama-sama dengan seisi rumahnya, dan banyak dari orang-orang Korintus, yang mendengarkan pemberitaan Paulus, menjadi percaya dan memberi diri mereka dibaptis. (Kis 18:8)


Baptisan dalam Perjanjian Baru (Bagian 23): Orang-orang Korintus yang Dibaptis


Latar belakang dari perjalanan Paulus dalam bagian bacaan Alkitab kita hari ini adalah ketika Paulus pergi ke kota Korintus dari kota Atena. Ia memberitakan Injil dimana-mana, baik kepada ornag Yahudi maupun kepada orang Yunani. Setelah beberapa waktu kemudian, Silas dan Timotius datang dari Makedonia ke Korintus untuk membantu Paulus. Setelah mereka datang, Paulus dapat memberitakan Firman Tuhan dengan lebih leluasa, khususnya kepada orang-orang Yahudi dimana Paulus membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias yang telah datang (ay. 5). 

Namun demikian, orang Yahudi di kota Korintus tidak memberikan respon yang positif terhadap pemberitaan Injil yang dilakukan oleh Paulus. Bahkan mereka memusuhi Paulus dan menghujat dirinya (ay. 6a). Mendapatkan respon seperti itu, Paulus mengebaskan debu dari pakaiannya dan berkata bahwa mulai sekarang Paulus akan pergi memberitakan Injil kepada bangsa-bangsa lain (konteksnya adalah kepada orang-orang non Yahudi di kota Korintus) (ay. 6b).

Paulus yang awalnya memberitakan Injil di rumah ibadat Yahudi, akhirnya pergi dan mulai mengajar di rumah Titius Yustus yangletaknya berdampingan dengan rumah ibadat Yahudi (ay. 7). Meskipun sebagian besar orang Yahudi tidak percaya dan tidak mau mendengarkan Paulus, tetapi kepala rumah ibadat tersebut (yaitu Krispus), menjadi percaya kepada Tuhan bersama dengan seisi rumahnya (ay. 8a). Alkitab juga mencatat bagaimana bahwa banyak orang Korintus (kemungkinan besar justru orang-orang non Yahudi) yang mendengarkan pemberitaan Paulus menjadi percaya dan memberi diri dibaptis (ay. 8b).

Jadi Alkitab mencatat bagaimana Paulus melayani dan memberitakan Injil di kota Korintus. Ia membuat banyak orang Korintus menjadi percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan mereka memberi diri untuk dibaptis. Jemaat Korintus senantiasa mendapatkan tempat khusus di hati Paulus. Kita dapat melihat bagaimana Paulus menulis 2 surat kepada jemaat Korintus dengan jumlah kata yang cukup banyak (16 pasal dan 13 pasal, total 29 pasal) dibandingkan dengan surat-surat Paulus ke jemaat di kota lainnya.

Jemaat di kota Korintus dibaptis sebagai tanda percaya mereka. Baptisan mereka juga dapat dikatakan sebagai tanda pertobatan, yaitu ketika mereka dahulu hidup menurut cara hidup yang sia-sia yang mereka warisi dari nenek moyang mereka. Namun sekarang mereka menjadi percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan mulai belajar untuk hidup berkenan di hadapan Allah, dan memiliki kehidupan seperti Tuhan Yesus  hidup. Baptisan mereka adalah tanda bahwa mereka telah meninggalkan hidup yang lama dan masuk ke dalam kehidupan yang baru sebagai anak-anak Allah. Mereka dibaptis sebagai tanda bahwa mereka adalah jemaat Kristus, yaitu orang-orang yang mau berubah menjadi baik, berkenan, dan bahkan sempurna, sama seperti teladan yang telah diberikan oleh Yesus Kristus.



Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 18:5-8
18:5 Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia memberi kesaksian kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus adalah Mesias.
18:6 Tetapi ketika orang-orang itu memusuhi dia dan menghujat, ia mengebaskan debu dari pakaiannya dan berkata kepada mereka: "Biarlah darahmu tertumpah ke atas kepalamu sendiri; aku bersih, tidak bersalah. Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain."
18:7 Maka keluarlah ia dari situ, lalu datang ke rumah seorang bernama Titius Yustus, yang beribadah kepada Allah, dan yang rumahnya berdampingan dengan rumah ibadat.
18:8 Tetapi Krispus, kepala rumah ibadat itu, menjadi percaya kepada Tuhan bersama-sama dengan seisi rumahnya, dan banyak dari orang-orang Korintus, yang mendengarkan pemberitaan Paulus, menjadi percaya dan memberi diri mereka dibaptis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.