Kamis, 02 Februari 2012

Tidak Ada yang Tahu Kapan Tuhan Yesus Akan Datang Kembali


Senin, 6 Februari 2012
Bacaan Alkitab: Matius 24:32-36
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Mat 24:36)


Tidak Ada yang Tahu Kapan Tuhan Yesus Akan Datang Kembali


Beberapa waktu yang lalu, ketika saya sedang asyik menelusuri salah satu forum Indonesia terbesar di Internet, saya menemukan ada seseorang yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan, mengatakan bahwa kiamat akan datang pada tanggal 20 Desember 2012. Memang sudah banyak isu yang menyatakan hal demikian, mulai dari ramalan suku Maya, adanya isu badai matahari, hingga analisa-analisa dan teori-teori modern lainnya. Tetapi apa yang membuat saya tercengang adalah bahwa orang ini (yang berasal dari non agama Kristen), mengatakan bahwa ia mendapatkan hal tersebut dari tubuh manusia. Salah satu yang ia katakan adalah bahwa karena jumlah jari di tangan kiri ada lima, dan di tangan kanan ada lima, maka totalnya adalah sepuluh jari. Dengan demikian, ia menganalisis bahwa kiamat akan datang pada tanggal 20 Desember 2012.

Saya yakin pasti anda yang membaca cerita saya di atas pasti bingung, apa hubungan antara jumlah jari dengan 20 Desember 2012? Orang tersebut dalam tulisannya mengatakan bahwa angka 10 merupakan angka keramat, sehingga kiamat akan jatuh pada tanggal 20 Desember 2012 (20/12/2012), dengan dasar perhitungan seperti ini: 2+0+1+2+2+0+1+2 = 10. Ketika saya membaca penjelasannya, saya pun semakin heran, bagaimana mungkin orang tersebut dapat mengatakan kiamat tanggal 20 Desember 2012 hanya dengan menjumlahkan angka-angka pada tanggal tersebut? Dan ternyata tidak hanya saya, banyak orang juga terheran-heran bahkan cukup banyak yang mencibir analisa dari orang tersebut (kebanyakan yang mencibir justru mereka yang berasal dari non agama Kristen).

Kembali ke Alkitab, Tuhan Yesus sendiri tidak pernah memberitahukan secara pasti kapan kiamat  (atau kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali) akan datang. Tuhan Yesus hanya berkata bahwa kita harus dapat melihat tanda-tanda zaman. Tuhan Yesus memberikan pelajaran dari pohon ara, dimana jika ranting-ranting pohon ara sudah mulai bertunas, maka itulah tandanya musim panas sudah dekat (ay. 32). Demikian juga kita pun hanya bisa melihat tanda-tanda akhir zaman seperti yang tertulis dalam ayat-ayat sebelumnya (Mat 24:3-31). Jika tanda-tanda tersebut sudah mulai terjadi,berarti waktu kedatangan Tuhan juga sudah semakin dekat. Salah satu tanda yang Tuhan Yesus berikan adalah bahwa akan banyak nabi palsu yang muncul yang menyesatkan orang-orang (Mat 24:11). Saya sendiri sempat berpikir, apakah orang dari Sulawesi yang mengatakan kiamat akan datang pada tanggal 20 Desember 2012 itu juga termasuk golongan nabi palsu ya?

Saya merasa bahwa ke depannya, akan semakin banyak orang-orang yang mengaku bahwa kiamat akan datang pada tanggal segini atau segitu. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada juga beberapa hamba Tuhan yang “tergoda” untuk menyampaikan prediksi kapan kiamat akan datang. Masalahnya, Tuhan Yesus sendiri sudah berkata bahwa “tentang hari dan saat itu (kedatangan Tuhan Yesus yang kedua), tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri” (ay. 36). Jadi kalau malaikat saja tidak tahu, Tuhan Yesus saja pun tidak tahu kapan Ia akan datang, dan yang tahu hanyalah Allah Bapa sendiri, untuk apa kita mencoba meramal-ramal maupun membuat prediksi kapan Tuhan Yesus akan datang lagi?

Saya memang merasa bahwa tanda-tanda akhir zaman yang disebutkan Tuhan Yesus memang semakin hari semakin jelas saja. Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa memang waktu kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali ini semakin dekat. Hanya saja, menurut saya, apa yang harus kita lakukan adalah bukan menebak-nebak kapan Tuhan Yesus akan datang, melainkan menyiapkan diri kita sehingga kita sebagai mempelai perempuan siap menyongsong kedatangan Tuhan Yesus yang merupakan mempelai pria kita. Di satu pihak, kita pun tidak boleh bersikap apatis dan lama-lama menjadi tidak yakin dengan janji kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Ingatlah, bahwa Tuhan Yesus sudah berjanji bahwa Ia akan datang kembali, dan walaupun langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan Tuhan tidak akan pernah berlalu. Firman Tuhan adalah ya dan amin, dan pasti akan digenapi. Sekarang pertanyaannya bukan “Kapan Tuhan Yesus akan datang kembali?”, melainkan “Apakah kita sudah siap ketika Tuhan Yesus datang untuk yang kedua kalinya?”.


Bacaan Alkitab: Matius 24:32-36
24:32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.
24:33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.
24:34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.
24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.
24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.