Rabu, 14 Maret 2012

Apa yang Dicari Orang?


Kamis, 15 Maret 2012
Bacaan Alkitab: Yohanes 6:22-24
Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya.” (Yoh 6:23)


Apa yang Dicari Orang?


Saya teringat akan sebuah lagu yang pernah saya dengar ketika saya masih ikut sekolah minggu, kurang lebih 15 tahun yang lalu, dan saya yakin lagu ini mungkin berusia jauh lebih tua lagi. Liriknya kira-kira seperti ini: “Apa yang dicari orang? Uang... Apa yang dicari orang? Uang... Apa yang dicari orang pagi petang siang malam? Uang uang uang, bukan Tuhan Yesus”. Lagu ini ternyata masih relevan dengan kehidupan kita di zaman sekarang ini. Bahkan saya melihat kecenderungan bahwa banyak orang datang ke gereja dengan tujuan mencari berkat Tuhan, dan justru lupa untuk mencari Tuhan. Mereka datang ke KKR-KKR kesembuhan Ilahi untuk mencari kesembuhan, namun kadang-kadang lupa untuk mencari Tuhan yang menyembuhkan mereka. Banyak orang datang ke kebaktian-kebaktian dengan tujuan meminta berkat Tuhan atas usaha mereka, tapi mereka justru lupa meminta Tuhan untuk hadir dalam hati mereka.

Sama halnya dengan apa yang disampaikan Tuhan dalam bacaan Alkitab kita hari ini. Jika kita membaca ayat-ayat sebelumnya, secara ringkas dapat saya katakan bahwa Yesus telah membuat mujizat dengan memberi makan 5.000 orang hanya dari lima roti dan dua ikan saja. Karena itu banyak orang ingin menjadikan Yesus sebagai raja (Yoh 6:15), tetapi Yesus menyingkir dan akhirnya menyusul murid-muridNya dengan berjalan di atas air, kemudian mereka pun menuju ke seberang danau. Yesus menyusul murid-muridNya tersebut adalah pada saat malam hari, sehingga ketika pada pagi hari keesokan harinya, orang-orang banyak yang tadinya ingin menjadikan Yesus sebagai raja mereka, tidak menemukan Yesus, dan mereka tidak menemukan perahu selain perahu yang telah digunakan oleh murid-muridNya untuk menyeberang danau. Orang-orang tersebut tentu saja tahu bahwa Yesus tidak naik ke dalam perahu tersebut, dan hanya murid-muridNya saja yang pergi menggunakan perahu (ay. 22).

Apa sebenarnya yang dicari oleh orang banyak itu dari Yesus? Mereka beranggapan bahwa Yesus yang bisa membuat mujizat melipatgandakan makanan, tentu saja mereka berpikir bahwa jika Yesus menjadi raja, tentunya mereka tak akan kuatir lagi soal makanan. Mereka hanya berpikir secara duniawi dan hanya memikirkan soal makanan saja. Mereka tidak sadar bahwa yang Yesus inginkan adalah mereka mencari Tuhan, dan bukan mencari berkat dan mujizat dari Tuhan. Selanjutnya diceritakan bahwa kabar tentang mujizat Yesus tersebut menyebar dengan cepat hingga orang-orang dari Tiberias datang ke lokasi Yesus membuat mujizat tersebut (ay. 23). Saya sangat yakin bahwa orang-orang ini (yang berjumlah cukup banyak karena Alkitab mengatakan mereka datang dengan beberapa perahu), datang ke tempat tersebut karena mengharapkan mujizat dari Tuhan, bukan karena mencari Tuhan Yesus. Namun karena mereka tidak dapat menemukan Yesus di situ, mereka pun akhirnya naik ke perahu-perahu dan pergi ke Kapernaum untuk mencari Yesus (ay. 24).

Sangat disayangkan bahwa orang-orang tersebut justru mencari Yesus karena mengharapkan berkatnya, dan bukan untuk mendengar kabar baik yang diajarkan oleh Tuhan Yesus. Tapi kadang-kadang kita pun juga seperti itu bukan? Kita datang ke gereja karena gadis yang sedang kita incar juga datang ke gereja tersebut. Kita datang ke gereja dengan harapan bisa bertemu dengan jemaat lain yang berpotensi menjadi rekan bisnis kita. Kita datang ke gereja agar doa-doa kita dijawab Tuhan. Ingat, bahwa Tuhan ingin agar kita mengasihi Tuhan lebih daripada kita mengasihi berkat-berkat Tuhan. Ketika kita mengasihi Tuhan lebih dari apapun, maka segala berkat-berkatNya pun akan menjadi milik kita, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” (Mat 6:33).


Bacaan Alkitab: Yohanes 6:22-24
6:22 Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat.
6:23 Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya.
6:24 Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.