Kamis, 06 Desember 2012

Berkat dan Kutuk sebagai Janji Tuhan

Rabu, 5 Desember 2012
Bacaan Alkitab: Ulangan 28:1-46
Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu ... Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau” (Ul 28:2 & 15)


Berkat dan Kutuk sebagai Janji Tuhan


Banyak orang Kristen dan juga hamba Tuhan yang mengutip janji berkat Tuhan di Ulangan 28 ini. Sayangnya, banyak orang Kristen dan juga hamba Tuhan yang melihat janji Tuhan hanya dari satu sisi, yaitu dari sisi berkat saja. Padahal, masih dalam satu pasal, yaitu Ulangan pasal 28 ini, tercantum janji Tuhan tentang berkat dan janji Tuhan tentang kutuk. Kutuk itu pun adalah janji Tuhan, yaitu janji Tuhan kepada orang-orang yang tidak mau mendengarkan dengan setia suara Tuhan dan tudak mau melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapanNya (ay. 15). Sebaliknya, bagi orang-orang yang mau mendengarkan suara Tuhan dan melakukan perintah dan ketetapanNya dengan setia, maka berlaku janji Tuhan tentang berkat (ay. 1-2 & 14).

Ketika saya membandingkan tentang berkat dan kutuk ini, saya melihat bahwa janji Tuhan tentang kutuk itu ada dalam 32 ayat (ay. 15-46), sedangkan janji Tuhan tentang berkat itu ada dalam 14 ayat (ay. 1-14). Sehingga janji Tuhan tentang kutuk itu dua kali lipat lebih banyak daripada janji Tuhan tentang berkat. Jadi jangan salahkan Tuhan jika hidup kita sepertinya sangat sulit dan berat karena mungkin saja salah satu janji Tuhan tentang kutuk berlaku atas kita ketika kita tidak taat kepada suara Tuhan.

Jika kita bandingkan satu ayat demi satu ayat, kita akan melihat bagaimana janji Tuhan tentang kutuk jauh lebih luas daripada janji Tuhan tentang berkat sebagai berikut:

Pertama, Tuhan menjanjikan kita diberkati di kota dan di ladang ketika kita taat kepadaNya (ay. 3), sementara Tuhan juga menjanjikan kita terkutuk di kota dan di ladang ketika kita tidak mau taat kepadaNya (ay. 16).

Kedua, Tuhan menjanjikan buah kandungan kita diberkati, hasil bumi dan hasil ternak kita diberkati (ay. 4 & 11), tetapi ketika kita tidak taat, maka Tuhan akan mengutuk buah kandungan kita, hasil bumi kita, anak lembu sapi kita dan kandungan kambing domba kita (ay. 18).

Ketiga, Tuhan menjanjikan bakul dan tempat adonan kita diberkati (ay. 5), tetapi ketika kita tidak taat maka Tuhan akan mengutuk bakul dan tempat adonan kita (ay. 17).

Keempat, Tuhan menjanjikan kita diberkati ketika kita masuk dan keluar (ay. 6), tetapi ketika kita tidak taat, maka Tuhan menjanjikan kita terkutuk ketika kita masuk dan keluar (ay. 19).

Kelima, Tuhan menjanjikan kita akan memukul mundur musuh-musuh kita (ay. 7), akan tetapi ketika kita tidak taat, maka Tuhan akan membiarkan kita terpukul kalah oleh musuh kita (ay. 25), bahkan mayat kita akan menjadi makanan bagi binatang (ay. 26).

Keenam, Tuhan menjanjikan kita berkat dari Tuhan ke dalam lumbung kita dan memberkati kita dalam segala usaha kita (ay. 8), akan tetapi ketika kita tidak taat, maka langit di atas kepala kita akan menjadi tembaga dan tanah di bawah kita akan menjadi besi, sehingga berkat Tuhan tidak akan dapat kita rasakan (ay. 23).

Ketujuh, Tuhan akan menetapkan kita sebagai umatNya yang kudus, dan seluruh bangsa akan melihat bahwa Tuhan beserta dengan kita (ay. 9-10). Akan tetapi ketika kita meninggalkan Tuhan maka Tuhan akan menghukum kita dengan sedemikian rupa, dengan segala penyakit sampar (ay. 21) dan sakit penyakit serta hama lainnya (ay. 22, 27, 35), kita akan menjadi gila dan hilang akal (ay. 28 & 34) sehingga kita akan menjadi sindiran di antara bangsa-bangsa (ay. 37).

Kedelapan, Tuhan akan membuka bagi kita perbendaharaanNya yang melimpah untuk memberi hujan bagi tanah kita dan memberkati segala pekerjaan kita, sehingga kita akan memberi pinjaman kepada banyak bangsa (ay. 11). Akan tetapi ketika kita meninggalkan Tuhan maka Tuhan justru akan mengutuk usaha yang kita kerjakan (ay. 20), kita akan selalu diperas (ay. 29), kita tidak akan menikmati hasil usaha kita (ay. 30-33, 37-42) menurunkan hujan abu dan debu dari langit (ay. 24) dan orang asing yang ada di tengah-tengah kita akan makin tinggi dan memberi pinjaman kepada kita (ay. 43-44a).

Kesembilan, Tuhan akan mengangkat kita menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, kita akan tetap naik dan tidak turun (ay. 13). Akan tetapi ketika kita tidak taat kepada Tuhan maka kita akan menjadi ekor dan justru orang lain akan menjadi kepala (ay. 44b).

Sangat seram membaca janji Tuhan tentang kutuk. Akan tetapi hal ini juga benar, karena segala kutuk ini akan datang kepada kita ketika kita tidak mau mendengarkan suara Tuhan dan tidak berpegang pada perintah Tuhan (ay. 45), dan hal ini akan menjadi tanda bagi kita dan keturunan kita untuk selama-lamanya (ay. 46). Bangsa Israel yang tidak mau taat kepada Tuhan telah mengalami hal ini sebanyak dua kali. Bangsa Israel dibuang ke Asyur dan bangsa Yehuda dibuang ke Babel selama 70 tahun. Saat zaman romawi, bangsa Yahudi juga akhirnya dibuang ke seluruh dunia dan baru kembali lagi ke Israel pada tahun 1948. Janji Tuhan selalu ya dan amin. Pilihan kita hanya ada dua, mau taat kepada Tuhan, maka ada janji berkat. Jika tidak mau taat, maka ada janji kutuk. Mana yang mau kita pilih?


Bacaan Alkitab: Ulangan 28:1-46
28:1 "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
28:2 Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:
28:3 Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.
28:4 Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
28:5 Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.
28:6 Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.
28:7 TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.
28:8 TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
28:9 TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.
28:10 Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.
28:11 Juga TUHAN akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu -- di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.
28:12 TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.
28:13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,
28:14 dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."
28:15 "Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:
28:16 Terkutuklah engkau di kota dan terkutuklah engkau di ladang.
28:17 Terkutuklah bakulmu dan tempat adonanmu.
28:18 Terkutuklah buah kandunganmu, hasil bumimu, anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
28:19 Terkutuklah engkau pada waktu masuk dan terkutuklah engkau pada waktu keluar.
28:20 TUHAN akan mendatangkan kutuk, huru-hara dan penghajaran ke antaramu dalam segala usaha yang kaukerjakan, sampai engkau punah dan binasa dengan segera karena jahat perbuatanmu, sebab engkau telah meninggalkan Aku.
28:21 TUHAN akan melekatkan penyakit sampar kepadamu, sampai dihabiskannya engkau dari tanah, ke mana engkau pergi untuk mendudukinya.
28:22 TUHAN akan menghajar engkau dengan batuk kering, demam, demam kepialu, sakit radang, kekeringan, hama dan penyakit gandum; semuanya itu akan memburu engkau sampai engkau binasa.
28:23 Juga langit yang di atas kepalamu akan menjadi tembaga dan tanah yang di bawah pun menjadi besi.
28:24 TUHAN akan menurunkan hujan abu dan debu ke atas negerimu; dari langit akan turun semuanya itu ke atasmu, sampai engkau punah.
28:25 TUHAN akan membiarkan engkau terpukul kalah oleh musuhmu. Bersatu jalan engkau akan keluar menyerang mereka, tetapi bertujuh jalan engkau akan lari dari depan mereka, sehingga engkau menjadi kengerian bagi segala kerajaan di bumi.
28:26 Mayatmu akan menjadi makanan segala burung di udara serta binatang-binatang di bumi, dengan tidak ada yang mengganggunya.
28:27 TUHAN akan menghajar engkau dengan barah Mesir, dengan borok, dengan kedal dan kudis, yang dari padanya engkau tidak dapat sembuh.
28:28 TUHAN akan menghajar engkau dengan kegilaan, kebutaan dan kehilangan akal,
28:29 sehingga engkau meraba-raba pada waktu tengah hari, seperti seorang buta meraba-raba di dalam gelap; perjalananmu tidak akan beruntung, tetapi engkau selalu diperas dan dirampasi, dengan tidak ada seorang yang datang menolong.
28:30 Engkau akan bertunangan dengan seorang perempuan, tetapi orang lain akan menidurinya. Engkau akan mendirikan rumah, tetapi tidak akan mendiaminya. Engkau akan membuat kebun anggur, tetapi tidak akan mengecap hasilnya.
28:31 Lembumu akan disembelih orang di depan matamu, tetapi engkau tidak akan memakan dagingnya. Keledaimu akan dirampas dari depanmu, dan tidak akan dikembalikan kepadamu. Kambing dombamu akan diberikan kepada musuhmu dengan tidak ada orang yang datang menolong engkau.
28:32 Anak-anakmu lelaki dan anak-anakmu perempuan akan diserahkan kepada bangsa lain, sedang engkau melihatnya dengan matamu sendiri, dan sehari-harian engkau rindu kepada mereka, dengan tidak dapat berbuat apa-apa.
28:33 Suatu bangsa yang tidak kaukenal akan memakan hasil bumimu dan segala hasil jerih payahmu; engkau akan selalu ditindas dan diinjak.
28:34 Engkau akan menjadi gila karena apa yang dilihat matamu.
28:35 TUHAN akan menghajar engkau dengan barah jahat, yang dari padanya engkau tidak dapat sembuh, pada lutut dan pahamu, bahkan dari telapak kakimu sampai kepada batu kepalamu.
28:36 TUHAN akan membawa engkau dengan raja yang kauangkat atasmu itu kepada suatu bangsa yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu; di sanalah engkau akan beribadah kepada allah lain, kepada kayu dan batu.
28:37 Engkau akan menjadi kedahsyatan, kiasan dan sindiran di antara segala bangsa, ke mana TUHAN akan menyingkirkan engkau.
28:38 Banyak benih yang akan kaubawa ke ladang, tetapi sedikit hasil yang akan kaukumpulkan, sebab belalang akan menghabiskannya.
28:39 Kebun-kebun anggur akan kaubuat dan kauusahakan, tetapi engkau tidak akan meminum atau menyimpan anggur, sebab ulat akan memakannya.
28:40 Pohon-pohon zaitun akan kaupunyai di seluruh daerahmu, tetapi engkau tidak akan berurap dengan minyaknya; sebab buah zaitunmu akan gugur.
28:41 Engkau akan mendapat anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan, tetapi mereka bukan bagi dirimu, sebab mereka akan menjadi tawanan.
28:42 Segala pohon-pohonmu dan hasil bumimu akan diduduki oleh kawanan belalang.
28:43 Orang asing yang ada di tengah-tengahmu akan menjadi makin tinggi mengatasi engkau, tetapi engkau menjadi makin rendah.
28:44 Ia akan memberi pinjaman kepadamu, tetapi engkau tidak akan memberi pinjaman kepadanya; ia akan menjadi kepala, tetapi engkau akan menjadi ekor.
28:45 Segala kutuk itu akan datang ke atasmu, memburu engkau dan mencapai engkau, sampai engkau punah, karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu dan tidak berpegang pada perintah dan ketetapan yang diperintahkan-Nya kepadamu;
28:46 semuanya itu akan menjadi tanda dan mujizat di antaramu dan di antara keturunanmu untuk selamanya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.