Jumat, 21 Desember 2012

Have It Your Way



Senin, 17 Desember 2012
Bacaan Alkitab: Yesaya 55:8-9
Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.” (Yes 55:8)


Have It Your Way


Salah satu waralaba restoran hamburger terkenal di Amerika dan juga di dunia (bahkan sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia) memiliki slogan adalah “Have it your way”, yang arti sederhananya adalah “silahkan menikmati dengan cara anda sendiri”. Slogan tersebut bermakna bahwa pelanggan dapat memilih bagaimana pesanan hamburger mereka disajikan. Mereka dapat meminta hamburger tanpa sayuran, atau tanpa mayonaise. Semua tergantung pelanggan.  Bahkan mereka dapat menambah keju khusus dengan biaya tambahan tentunya.

Slogan tersebut ternyata sudah tertulis di dalam Alkitab beribu-ribu tahun sebelumnya, yaitu ketika nabi Yesaya menulis dua ayat yang sangat luar biasa ini. Dalam ayat tersebut, secara prinsip dapat kita katakan “Have it Your way” (dengan huruf “Y” pada kata “Your” menggunakan huruf besar yang melambangkan Tuhan). Inti dari kedua ayat tersebut adalah bahwa rancangan Tuhan sangat jauh dari rancangan manusia dan jalan Tuhan sangat jauh dari jalan manusia (ay. 8). Manusia yang sudah jatuh dalam dosa sejak zaman Adam dan Hawa pun kesulitan menentukan tujuan hidupnya. Coba tanya beberapa orang di sekitar kita (mungkin teman, keluarga, atau siapapun), apakah mereka tahu tujuan hidup mereka? Pasti sebagian besar dari mereka menjawab bahwa mereka hanya hidup di dunia ini untuk belajar, bekerja, mencari uang, menikah, mempunyai keturunan, membesarkan keturunan, dan setelah itu sudah selesai dan mati.

Ini adalah bukti bahwa rencana manusia dan jalan manusia sangat jauh dari rencana dan jalan Tuhan. Bahkan Tuhan mengibaratkan perbedaan antara langit dan bumi, seperti itulah perbedaan dan jauhnya jalan Tuhan dari jalan manusia dan rancangan  Tuhan dari rancangan manusia (ay. 9). Manusia adalah ciptaan Tuhan, dan suatu ciptaan tidak akan lebih hebat daripada yang mencipta. Sama seperti manusia tidak mungkin dapat melampaui Tuhan yang menciptakan manusia, apalagi Tuhan kita adalah Tuhan yang begitu berkuasa dan tidak ada bandingannya.

Kadang kala (atau bahkan sering kali) kita memiliki pandangan yang masih sempit. Akan tetapi Tuhan kita adalah Tuhan Yang Maha Kuasa. Ia mampu melihat dari sudut pandang surgawi, yang jauh lebih baik daripada sudut pandang kita. Ketika keadaan yang kita alami tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan, mungkin saat itulah Tuhan sedang mengerjakan rencanaNya di dalam hidup kita. Yusuf adalah salah satu contohnya. Ia dibuang oleh saudara-saudaranya, menjadi budak dan kemudian difitnah hingga masuk penjara, akan tetapi kemudian ia menjadi penguasa di Mesir. Menarik melihat kalimat Yusuf pada saat bertemu dengan saudara-saudaranya, “Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar” (Kej 50:20).

Dari kisah di atas kita dapat melihat bahwa jika Tuhan saja sudah merencanakan Yusuf untuk dibuang ke Mesir agar ia bisa memelihara hidup ayahnya dan saudara-saudaranya, sangat mungkin Tuhan juga memakai kita untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Ketika apa yang kita alami tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, mungkin saja Tuhan sedang ingin menyatakan rencanaNya kepada kita. Persoalannya, apakah kita mau atau tidak mau melakukan rencana Tuhan tersebut? Jalan Tuhan mungkin bukan jalan yang lebar dan enak, tetapi jalan yang sempit. Akan tetapi jalan sempit tadi menuntun kepada kehidupan yang kekal. Mana yang kita pilih? Jalan Tuhan atau jalan kita? Mampukah kita  berkata kepada Tuhan: “Have it Your way”, bahkan ketika jalanNya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan?


Bacaan Alkitab: Yesaya 55:8-9
55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.