Kamis, 06 Desember 2012

Berkat dan Masalah



Minggu, 9 Desember 2012
Bacaan Alkitab: Mazmur 34:20-21
Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu.” (Mzm 34:20)


Berkat dan Masalah


Hampir semua Kebanyakan orang jika disuruh memilih apakah mau berkat atau mau masalah, pasti akan menjawab mau berkat. Tidak ada orang yang mau mendapatkan masalah bukan? Lalu bagaimana ketika kita mengiring Tuhan, apakah Tuhan menjanjikan hidup kita penuh berkat? Ya, ada begitu banyak ayat di Alkitab yang menyatakan bahwa Tuhan akan memberkati anak-anakNya. Tetapi jika kita mau jujur membaca Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu, lebih banyak ayat yang berbicara tentang orang-orang benar yang hidupnya susah dan penuh masalah, daripada berbicara tentang orang-orang yang diberkati Tuhan secara materi

Mau contoh? Kita bisa melihat Ayub yang diberkati Tuhan dengan materi yang luar biasa. Ternaknya banyak, uangnya banyak, dan lain sebagainya, bahkan dikatakan bahwa Ayub adalah orang terkaya dari semua orang di wilayah Timur (Ayb 1:3). Akan tetapi, Tuhan mengijinkan Ayub ditimpa masalah yang luar biasa. Hartanya habis lenyap begitu saja dan ia menderita penyakit yang sangat menyiksa dirinya. Abraham contohnya, ia salah satu orang terkaya pada zamannya, tetapi ia mengalami pergumulan hampir seumur hidup, yaitu anak kandung yang baru ia dapatkan pada usia 100 tahun (Kej 21:5), dan ia pun diminta Tuhan untuk mengorbankan anaknya yang sangat ia kasihi itu (Kej 22:2). Atau apakah kita mau melihat Daud, yang walaupun menjadi raja yang sangat luar biasa dan kaya akan tetapi ia pun pernah menjadi pelarian dikejar-kejar Saul dan anaknya sendiri?

Jika kita melihat tokoh-tokoh dalam Alkitab yang kaya raya, mereka juga memiliki masalah masing-masing. Masalah itu belum tentu sanggup kita hadapi. Maukah kita memiliki harta sebanyak harta Ayub tetapi dalam satu hari semua hartanya habis dan kita menderita penyakit yang tidak kunjung sembuh? Setiap orang akan memiliki berkatnya dan masalahnya masing-masing dan kita tidak boleh iri terhadap orang lain.

Alkitab mengatakan bahwa orang benar seharusnya kemalangannya lebih banyak daripada orang yang tidak benar (ay. 20a). Lho kok begitu? Ya memang benar, itu seharusnya menjadi bagian dari proses kita memikul salib Tuhan dan mengiring Tuhan. Bedanya adalah dalam setiap kemalangan atau kesulitan, Tuhan akan melepaskan kita dari setiap masalah (ay. 20). Pilih mana, sedikit masalah tapi Tuhan tidak menolong kita, atau banyak masalah tetapi Tuhan selalu menolong kita?

Penyertaan Tuhan itu sempurna. JanjiNya tak pernah terlambat menolong kita. Tuhan akan melindungi kita dalam segala perkara, sehingga walaupun kita jatuh, tetapi kita tidak akan tergeletak (Mzm 37:24). Tuhan akan melindungi segala tulang-tulang kita sehingga tidak ada satu pun yang patah (ay. 21). Jadi, ketika kita berdoa kepada Tuhan meminta berkat tetapi justru masalah yang datang, berarti ada maksud  Tuhan di balik itu semua. Semakin besar masalah yang kita hadapi, semakin besar pula berkat yang Tuhan siapkan di balik itu semua ketika kita berhasil melewati masalah-masalah tersebut bersama Tuhan.



Bacaan Alkitab: Mazmur 34:20-21
34:20 Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;
34:21 Ia melindungi segala tulangnya, tidak satu pun yang patah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.