Minggu, 18 Desember 2011

Hidup Sehat ala Daniel


Senin, 19 Desember 2011
Bacaan Alkitab: Daniel 1:11-17
"Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum;" (Dan 1:12)


Hidup Sehat ala Daniel


Siapa di antara kita yang tidak mau hidup sehat? Tentunya semua di antara kita mau hidup sehat, tidak sakit-sakitan dan berumur panjang. Tetapi jika kita perhatikan, semakin modern peradaban manusia, semakin aneh-aneh penyakit yang diderita oleh manusia. Orang yang tinggal di desa pada umumnya lebih sehat dan berumur lebih panjang daripada orang yang tinggal di kota besar, padahal penghasilan orang di kota pasti jauh lebih besar daripada penghasilan orang yang tinggal di desa. Nampaknya faktor kesehatan sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita makan, lingkungan, serta gaya hidup kita.

Alkitab menceritakan bagaimana Daniel dan kawan-kawannya yang dibuang ke Babel mendapat kesempatan untuk menjadi pegawai di kerajaan Babel. Mereka pun harus mengikuti pendidikan yang diadakan di Babel dan makan makanan yang menurut orang Babel adalah makanan yang bergizi. Tetapi Daniel dan kawan-kawan tidak mau memakan makanan tersebut karena mereka tidak mau menajiskan diri mereka dengan makanan Raja. Ada kemungkinan bahwa makanan tersebut telah dipersembahkan kepada dewa-dewa Babel, namun ada juga kemungkinan bahwa Daniel dan kawan-kawan telah bernazar untuk pantang makan daging dan anggur. Daniel pun menantang untuk melakukan percobaan, dimana Daniel dan kawan-kawan hanya memakan sayur dan air, sementara orang lain memakan daging dan anggur.

Setelah percobaan selama sepuluh hari, hasilnya ternyata menakjubkan. Daniel dan kawan-kawan yang hanya makan sayur dan minum air, memiliki perawakan yang lebih baik dan justru mereka menjadi lebih gemuk dari orang lain (ay. 15). Terlebih lagi, Tuhan memberikan pengetahuan dan kepandaian kepada Daniel dan kawan-kawannya (ay. 17).

Memang Tuhan berkata bahwa bagi orang percaya, semua makanan adalah halal, tidak ada makanan yang haram. Tetapi juga dikatakan bahwa walaupun semuanya diperbolehkan, ternyata tidak semuanya berguna (1 Kor 10:23). Termasuk makanan, tentunya ada makanan-makanan yang bergizi, dan ada pula makanan-makanan yang kurang bergizi, bahkan ada makanan yang tidak menyehatkan. Masalahnya, kebanyakan makanan yang enak itu adalah makanan yang tidak sehat. Junk food, jeroan, dan lain sebagainya merupakan contoh makanan-makanan yang tidak menyehatkan walaupun enak di mulut.

Jadi, haruskah kita makan sayur dan hanya minum air saja? Semuanya kembali kepada kita. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa memang makan sayur itu menyehatkan. Bahkan jika kita baca di dalam Alkitab, awalnya Tuhan memberikan tumbuhan berbiji dan pohon-pohonan yang buahnya berbiji sebagai makanan manusia (Kej 1:29). Tetapi yang terpenting adalah bagaimana sikap kita ketika kita makan. Ketika kita hidup, kita harus hidup untuk Tuhan, termasuk ketika kita makan, kita pun harus makan untuk Tuhan. Ketika kita sadar bahwa kita hidup untuk Tuhan, tentunya kita tidak akan mau memakan makanan-makanan yang merusak tubuh kita bukan? Jika kita tahu bahwa kita menderita darah tinggi, kita pun harus menghindari makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi. Jika kita memiliki gejala diabetes misalnya, kita pun harus mengurangi makanan yang manis. Semua itu kita lakukan karena kita ingin hidup kita berguna bagi Tuhan. Bagaimana kita bisa mengatakan “hidupku bagi Tuhan” ketika kita saja sakit-sakitan karena kita makan sembarangan? Muliakanlah Tuhan dengan tubuh kita (1 Kor 6:20).


Bacaan Alkitab: Daniel 1:11-17
1:11 Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya:
1:12 "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum;
1:13 sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu."
1:14 Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari.
1:15 Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja.
1:16 Kemudian penjenang itu selalu mengambil makanan mereka dan anggur yang harus mereka minum, lalu memberikan sayur kepada mereka.
1:17 Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.