Kamis, 29 Desember 2011

Janji Berkat Tuhan


Jumat, 30 Desember 2011
Bacaan Alkitab: Bilangan 6:22-27
TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;” (Bil 6:24)


Janji Berkat Tuhan


Tidak terasa dua hari lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Pernahkah kita sedikit melihat ke belakang bagaimana berkat Tuhan yang telah kita terima di tahun 2011 ini? Saya sendiri merasakan bagaimana di tahun 2011 ini berkat Tuhan begitu luar biasa dalam kehidupan saya. Memang perjalanan hidup saya di tahun 2011 sangat berliku, bahkan penuh dengan batu-batu besar yang menghalangi, tetapi justru di dalam kondisi yang sulit itu, saya dapat merasakan berkat Tuhan dan penyertaan Tuhan yang luar biasa.

Menyambut tahun 2012 yang akan kita masuki sebentar lagi, kita semakin membutuhkan berkat dan kasih Tuhan. Banyak orang memprediksi bahwa tahun 2012 akan menjadi tahun yang sukar, tetapi saya percaya, selama ada Tuhan di dekat kita, Tuhan mampu mengubah kesukaran itu menjadi sukacita, Tuhan mampu mengubah krisis menjadi sesuatu yang positif. Sama seperti bacaan Alkitab kita hari ini, dimana Tuhan memerintahkan Musa untuk menyampaikan kata-kata berkat yang harus diucapkan Harun sebagai imam kepada bangsa Israel (ay. 22-23). Berkat Tuhan tersebut dapat dibagi dalam beberapa hal penting, yaitu:

Pertama, Tuhan memberkati kita dan melindungi kita (ay. 24). Tidak hanya memberikan kita berkat, Tuhan pun memberikan perlindungan kepada kita. Berkat dan perlindungan adalah dua hal yang esensial dalam kehidupan orang percaya. Berkat yang Tuhan berikan kepada kita tidak akan hilang begitu saja, tetapi akan mendapatkan proteksi dan perlindungan dari Tuhan sehingga berkat tersebut akan semakin banyak dan melimpah dalam kehidupan kita.

Kedua, Tuhan menyinari kita dengan wajahNya dan memberi kita kasih karunia (ay. 25). Dalam beberapa ayat Alkitab, disebutkan bahwa kemuliaan Tuhan sangat luar biasa sehingga orang-orang yang bertemu muka dengan muka dengan Tuhan, tidak sanggup melihat Tuhan, seperti Elia (1 Raj 19:13). Musa yang bertemu muka dengan muka dengan Tuhan pun wajahnya menjadi bersinar karena kemuliaan Tuhan (Kel 34:35). Kemuliaan Tuhan adalah kemuliaan yang sempurna yang akan menyinari kehidupan kita. Kasih karunia secara ringkas dapat berarti kasih Tuhan yang memampukan kita untuk menjalani kehidupan kita. Jika jalan kehidupan kita saja sudah disinari oleh kemuliaan Tuhan dan sudah diberikan kasih karunia, maka kehidupan kita pun akan menjadi kehidupan yang luar biasa, yang memancarkan kasih Tuhan kepada orang-orang di sekitar kita.

Ketiga, Tuhan menghadapkan wajahNya kepada kita dan memberi kita damai sejahtera (ay. 26). Ketika kita berdoa kepada Tuhan, Tuhan berjanji tidak akan memalingkan wajahNya tetapi akan menghadapkan wajahNya kepada kita. Hal tersebut berarti Tuhan akan mendengarkan doa-doa kita kepada Tuhan. Selain itu hal tersebut juga dapat berarti bahwa  hidup kita selalu ada dalam pengawasan Tuhan. Segala yang terjadi dalam kehidupan kita tidak lepas dari pandangan Tuhan. Kehidupan kita pun selalu penuh dengan damai sejahtera, sehingga dalam kondisi apapun, kita dapat tetap memiliki damai sejahtera dari Tuhan, karena kita tahu bahwa Tuhan selalu memperhatikan kehidupan kita.

Ini adalah janji-janji berkat yang Tuhan berikan kepada bangsa Israel, yang tentunya juga berlaku bagi semua kita yang adalah orang percaya. Ketika kita membaca janji-janji ini, masihkah kita menjadi kuatir menghadapt tahun 2012? Tuhan sendiri berjanji bahwa Tuhan akan selalu menyertai kita hingga akhir zaman (Mat 28:20). Kalaupun ada yang meramalkan bahwa tahun 2012 akan terjadi kiamat dan hal tersebut memang benar-benar terjadi, janji dan penyertaan Tuhan pun tetap berlaku atas kita karena Tuhan sendiri telah berjanji tetap menyertai kita hingga akhir zaman. Tidak akan ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Kristus (Rm 8:35). Menyambut tahun 2012 yang akan datang, mari kita bersyukur kepada Tuhan atas berkat-berkatNya yang telah kita terima di tahun 2011, dan sebagaimana Tuhan telah menyertai kita di tahun 2011, maka kita pun tetap harus percaya bahwa berkat-berkat Tuhan akan tetap tercurah kepada kita di tahun 2012 yang akan datang.


Bacaan Alkitab: Bilangan 6:22-27
6:22 TUHAN berfirman kepada Musa:
6:23 "Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:
6:24 TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
6:25 TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
6:26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
6:27 Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.