Senin, 12 Desember 2011

Perbuatan Tuhan yang Ajaib


Minggu, 11 Desember 2011
Bacaan Alkitab: Mazmur 105:1-6
"Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!" (Mzm 105:2)


Perbuatan Tuhan yang Ajaib


Ketika kita berdoa meminta sesuatu kepada Tuhan, bagaimana kualitas sesuatu yang kita minta tersebut? Andaikan saja kita meminta tempat tinggal kepada Tuhan, apakah kita meminta rumah yang sederhana saja, yang penting cukup untuk tinggal, ataukah kita meminta rumah yang besar dengan kolam renang dan perabot yang mahal kepada Tuhan? Memang jawaban dari pertanyaan tersebut tidak dapat digeneralisasi. Menurut saya pun, jawabannya tergantung kepada iman kita masing-masing. Jika iman kita setinggi gunung, maka kita pun dapat memindahkan gunung. Tetapi jika iman kita hanya sebesar bukit, atau lebih parah lagi hanya sebesar polisi tidur, ya sebesar itulah benda yang dapat kita  pindahkan. Jadi, ketika kita berdoa meminta rumah yang besar dan mewah padahal gaji kita dihitung-hitung hanya cukup untuk membeli rumah yang sederhana, di situlah iman kita diuji.

Ketika kita membaca kisah-kisah dalam Alkitab, kita melihat bahwa dalam banyak kasus, Tuhan bekerja dengan cara yang ajaib dan tidak masuk akal. Dalam Perjanjian Lama kita dapat membaca bagaimana Tuhan bisa membelah air Laut Merah (Kel 14:21), Tuhan bisa membuat matahari dan bulan tidak bergerak (Yos 10:13), Tuhan bisa membuat bayang-bayang mundur sepuluh tapak (2 Raj 20:11). Dan dalam Perjanjian Baru pun kita dapat membaca bagaimana Tuhan Yesus melakukan banyak mujizat dalam pelayananNya, mulai dari mengubah air menjadi anggur (Yoh 2:7-11), membangkitkan Lazarus yang sudah mati empat hari lamanya (Yoh 11:43-44), berjalan di atas air (Mrk 6:48), dan banyak hal lainnya yang Tuhan Yesus lakukan. Dari apa yang kita baca dalam Alkitab, tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa Tuhan memang ingin melakukan perkara-perkara yang dashyat dan ajaib bagi orang-orang yang percaya kepadaNya.

Dalam bacaan Alkitab kita hari ini, kita melihat bagaimana pemazmur mengajak orang lain untuk bersyukur senantiasa kepada Tuhan atas perbuatan-perbuatanNya yang ajaib (ay. 1). Terlebih lagi, pemazmur mengajak kita untuk mempercakapkan dan mengingat perbuatan-perbuatanNya yang ajaib (ay. 2 & 5). Memang seharusnya kita bersukacita kepada Tuhan dalam kondisi apapun, tetapi Tuhan mau melakukan perkara-perkara yang besar bagi kita agar kita lebih bersukacita lagi.

Tuhan mau kita mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan yang besar bagi kita, karena Tuhan sendiri yang ingin melakukan perbuatan-perbuatanNya yang besar bagi setiap anak-anakNya. Tuhan Yesus sendiri mengajar murid-muridNya untuk meminta kepada Tuhan. Tentunya Yesus tahu bahwa Bapa di surga adalah Allah yang memiliki segala sesuatu. Tidak mungkin Tuhan Yesus berani mengajar murid-muridNya untuk meminta apapun kepada Bapa kalau Yesus tahu bahwa Bapa tidak punya apa-apa. Tetapi karena Allah kita adalah Allah atas langit dan bumi, bahkan Allah atas segala ciptaanNya, maka tidak ada alasan bagi kita untuk meminta hal-hal yang besar bagi Tuhan. Kalau kita beriman untuk membeli rumah sederhana dengan mencicil setiap bulannya dari gaji kita, itu bagus. Tetapi ketika kita beriman untuk memiliki rumah yang besar agar rumah kita tersebut bisa digunakan sebagai tempat ibadah, padahal secara matematis, gaji kita tidak akan cukup untuk membeli rumah tersebut, itulah hal yang dashyat dan luar biasa. Bagaimana agar hal-hal yang ajaib dan luar biasa itu bisa terjadi dalam kehidupan kita, tentunya ketika kita memiliki motivasi yang benar, hati yang tulus, iman yang besar dan ketika kita sungguh-sungguh mencari Tuhan. Ketika kita telah melakukan bagian kita, maka tinggal tunggu saatnya Tuhan akan melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib dalam kehidupan kita, bahkan hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan sedikitpun.


Bacaan Alkitab: Mazmur 105:1-6
105:1 Bersyukurlah kepada TUHAN, serukanlah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!
105:2 Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!
105:3 Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari TUHAN!
105:4 Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!
105:5 Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya,
105:6 hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, orang-orang pilihan-Nya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.