Selasa, 27 Desember 2011

Yusuf, Orang yang Langsung Bertindak Mengikuti Perintah Tuhan


Senin, 26 Desember 2011
Bacaan Alkitab: Matius 2:13-15
Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia." (Mat 2:13)


Yusuf, Orang yang Langsung Bertindak Mengikuti Perintah Tuhan


Ketika Yesus lahir ke dalam dunia, kelahirannya disertai oleh tanda-tanda dashyat. Pertama, ada bintang di langit yang mampu menuntun orang majus dari timur untuk datang ke kota Betlehem dan menemukan bayi Yesus. Para malaikat pun juga menampakkan diri kepada para gembala untuk menyampaikan kabar baik. Tapi apa yang kita baca dalam bacaan Alkitab kita hari ini sepertinya menunjukkan hal yang kontradiktif.

Saat akhirnya orang majus berangkat pulang ke negerinya tanpa memberitahu Herodes, malaikat Tuhan kembali menampakkan diri dalam mimpi kepada Yusuf dan berfirman agar Yusuf membawa Maria dan bayi Yesus lari ke Mesir dan tinggal di sana sampai malaikat Tuhan tersebut kembali berfirman kepada Yusuf. Hal tersebut dikarenakan Herodes akan berusaha untuk membunuh bayi Yesus (ay. 13).

Cukup unik apa yang dialami Yusuf. Injil Matius mencatat tiga kali malaikat Tuhan berbicara kepada Yusuf tetapi tidak dengan menampakkan diri secara langsung, melainkan melalui mimpi (Mat 1:20, 2:13, 2:19). Agak berbeda memang dengan apa yang diceritakan dalam Injil Lukas yang menulis bahwa malaikat Tuhan menampakkan dirinya langsung kepada Zakaria, ayah Yohanes Pembaptis (Luk 1:11), kepada Maria, Ibu Yesus (Luk:1:16-18), dan kepada para gembala pada saat kelahiran Yesus (Luk 2:9 & 13). Jika kita lihat, sepertinya tingkatan apa yang dilakukan Tuhan kepada Yusuf agak sedikit di bawah apa yang dilakukan Tuhan kepada Maria. Yusuf mendapatkan perintah Tuhan melalui mimpi, sedangkan Maria sendiri langsung mendapatkan berita dari Tuhan melalui malaikat yang menampakkan diri. Saya juga heran, mengapa Tuhan tidak mengutus malaikatNya kepada Maria dan memberi tahu Maria untuk pergi ke Mesir.

Walaupun saya juga masih belum tahu jawaban dari pertanyaan di atas, kita bisa melihat bagaimana Yusuf begitu taat melakukan apa yang Tuhan perintahkan kepadanya. Setelah ia mendapatkan mimpi tersebut, Yusuf bangun dan langsung membawa Maria dan Yesus pergi untuk lari ke Mesir pada malam itu juga (ay. 14). Perhatikan frasa “malam itu juga”. Padahal mungkin baru beberapa hari yang lalu atau baru pada siang harinya para orang majus datang dan membawa hadiah, tetapi pada malam itu juga Yusuf harus lari ke Mesir. Apa yang kita lihat di sini adalah bagaimana Yusuf tidak menunda-nunda sedetik pun untuk langsung melakukan apa yang Tuhan perintahkan kepadanya. Akibat dari ketaatan Yusuf tersebut, bayi Yesus pun selamat dari rencana jahat yang dilakukan Herodes.

Bagaimana dengan kita? Pernahkah Tuhan meminta kita untuk melakukan sesuatu hal dalam kehidupan kita? Mungkin apa yang Tuhan perintahkan bukanlah hal yang sukar, tetapi justru kita yang sering menunda-nunda dengan berbagai alasan. Tetapi apa yang kita pelajari pada hari ini menunjukkan bahwa kita pun perlu untuk bertindak dengan cepat saat Tuhan berfirman kepada kita. Ketika bos kita di kantor memberi tugas kepada kita, pasti kita akan berusaha dengan cepat untuk melakukan apa yang bos kita perintahkan, tetapi mengapa kita jarang melakukan hal yang sama saat Tuhan meminta kita untuk melakukan sesuatu? Mari kita belajar dari Yusuf yang mau cepat bertindak ketika Tuhan berfirman sehingga Yesus pun bisa selamat dari ancaman pembunuhan oleh Herodes.


Bacaan Alkitab: Matius 2:13-15
2:13 Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."
2:14 Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,
2:15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.