Selasa, 23 April 2013

Allah yang Memenuhi Kebutuhan Kita



Rabu, 24 April 2013
Bacaan Alkitab: Filipi 4:15-20
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” (Flp 4:19)


Allah yang Memenuhi Kebutuhan Kita


Tak bisa dipungkiri bahwa Filipi 4:19 merupakan salah satu ayat favorit bagi umat Kristiani di seluruh dunia dan sepanjang masa. Ayat tersebut mengatakan dengan jelas bahwa Allah akan memenuhi segala keperluan kita menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus (ay. 19). Bahkan salah satu gereja besar di Jakarta menggunakan ayat ini sebagai ayat emas mereka hingga saat ini. Ayat ini memang luar biasa. Ayat yang awalnya ditujukan Paulus kepada jemaat di kota Filipi, kini diamini oleh semua jemaat di seluruh dunia. Akan tetapi, mari hari ini kita mencoba untuk menyelidiki lebih dalam lagi tentang ayat ini.

Jika kita perhatikan, salah satu alasan mengapa Paulus menulis surat kepada jemaat di kota Filipi adalah karena jemaat Filipi adalah salah satu jemaat yang sangat memperhatikan Paulus. Bahkan ketika Paulus baru saja memulai pelayanannya untuk mengabarkan Injil ketika Paulus baru berangkat dari Makedonia, jemaat pertama yang mendukung pelayanan Paulus dalam hal kebutuhan dana adalah jemaat Filipi (ay. 15). Bahkan tidak hanya itu saja. Ketika Paulus ada di Tesalonika pun jemaat Filipi tetap mendukung pelayanan Paulus dalam hal dana (ay. 16).

Paulus memang sangat terbantu dengan bantuan jemaat Filipi tersebut. Tetapi Paulus menekankan bahwa bukan pemberian tersebut yang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah buah dari pemberian tersebut. Paulus bersyukur bahwa bantuan tersebut dapat membantu perluasan pekabaran Injil (ay. 17). Bahkan bantuan tersebut juga sebenarnya membantu jemaat Filipi tersebut, karena tanpa mereka sadari mereka sebenarnya sedang mengumpulkan harta di surga (Luk 12:33).

Paulus bahkan sangat menghargai bantuan jemaat Filipi tersebut sehingga ia pun berkata bahwa ia telah menerima semua yang ia perlukan dari jemaat Filipi, bahkan Paulus mengatakan bahwa ia menjadi berkelimpahan karena pemberian jemaat Filipi (ay. 18a). Sesungguhnya apa yang jemaat Filipi lakukan bukan hanya bagi Paulus, tetapi mereka sesungguhnya memberi persembahan kepda Allah, yaitu suatu korban bagi Allah yang disukai dan berkenan kepada Allah (ay. 18b). Inilah mengapa Paulus pun akhirnya menulis kata-kata berkat kepada jemaat Filipi, yaitu bahwa Allahku (ku di sini merujuk kepada Paulus, walaupun Allah Paulus adalah sama dengan Allah jemaat Filipi) aan memenuhi segala keperluanmu (mu di sini merujuk kepada Jemaat Filipi) menurut kekayaan dan kemuliaanNya di dalam Kristus Yesus (ay. 19).

Jika kita melihat dalam konteks yang lebih luas, jelas bahwa ayat 19 tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi harus dilihat sebagai suatu kesatuan yang ditimbulkan akibat apa yang dilakukan jemaat Filipi kepada Paulus. Ketika kita mau memberi dan menabur bagi pekerjaan Tuhan, maka Tuhan juga yang akan memenuhi kebutuhan kita menurut kekayaan dan kemuliaanNya. Ingat bahwa ketika Tuhan memenuhi kebutuhan kita, maka Tuhan akan memenuhinya menurut standar Tuhan, yaitu menurut kekayaan dan kemuliaanNya. Tentu saja standar Tuhan ini sangat luar biasa bahkan sangat berkelimpahan menurut kita. Tetapi semua itu diberikan Tuhan agar kita memuliakan Tuhan (ay. 20).

Jika kita saat ini berdoa kepada Tuhan meminta sesuatu yang kita butuhkan, mungkin sudah saatnya kita instropeksi apakah kita sudah melakukan bagian kita sebelum kita meminta Tuhan melakukan bagianNya? Sudahkah kita menabur dalam pekerjaan Tuhan? Jika belum, mungkin sudah saatnya kita belajar untuk menabur, karena jika kita tidak mau menabur maka kita pun tidak akan menuai. Jika sudah, mungkin ada sesuatuyang harus kita bereskan atau luruskan di hadapan Tuhan. Jika segala sesuatunya sudah beres, maka tidak ada lagi alasan bagi Tuhan untuk tidak memberikan berkatNya kepada kita. Kebutuhan kita akan dipenuhiNya, menurut kekayaan dan kemuliaanNya. Tidakkah itu luar biasa hebat?


Bacaan Alkitab: Filipi 4:15-20
4:15 Kamu sendiri tahu juga, hai orang-orang Filipi; pada waktu aku baru mulai mengabarkan Injil, ketika aku berangkat dari Makedonia, tidak ada satu jemaat pun yang mengadakan perhitungan hutang dan piutang dengan aku selain dari pada kamu.
4:16 Karena di Tesalonika pun kamu telah satu dua kali mengirimkan bantuan kepadaku.
4:17 Tetapi yang kuutamakan bukanlah pemberian itu, melainkan buahnya, yang makin memperbesar keuntunganmu.
4:18 Kini aku telah menerima semua yang perlu dari padamu, malahan lebih dari pada itu. Aku berkelimpahan, karena aku telah menerima kirimanmu dari Epafroditus, suatu persembahan yang harum, suatu korban yang disukai dan yang berkenan kepada Allah.
4:19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.
4:20 Dimuliakanlah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.