Jumat, 05 April 2013

Dilepaskan dari Jaring



Rabu, 3 April 2013
Bacaan Alkitab: Mazmur 31:4-5
Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku.” (Mzm 31:5)


Dilepaskan dari Jaring


Banyak orang Kristen seringkali memiliki pola pikir yang salah. Mereka berpikir karena mereka adalah orang Kristen, maka Tuhan pasti akan melindungi dari segala sesuatu. Mereka berpikir bahwa mereka tidak akan pernah jatuh sakit, mereka tidak akan pernah gagal dalam usaha mereka, mereka akan bebas dari masalah, dan lain sebagainya. Segala macam sakit penyakit, kegagalan, masalah, itu dianggap sebagai kutuk. Orang Kristen seringkali mencap bahwa orang miskin dan yang sakit adalah karena mereka kena kutuk.

Benarkah demikian? Memang ada benarnya juga, bahwa Tuhan juga sangat ingin memberkati anak-anakNya, dan juga ingin anak-anakNya sukses. Bapa mana di dunia ini yang tidak ingin akan-anaknya berhasil? Demikian juga dengan Bapa di Surga, pasti Ia ingin anak-anakNya berhasil dan sukses. Tetapi, jika kita mau jujur, sebenarnya ayat-ayat di Alkitab juga banyak yang berbicara tentang hidup manusia yang banyak masalah. Bacaan ayat Alkitab kita hari ini misalnya, dimulai dengan pernyataan pemazmur yang menyatakan bahwa Tuhan adalah bukit batu dan pertahanannya (ay. 4a). Alkitab hampir selalu menyatakan Tuhan sebagai tempat perlindungan kita, bukan tempat penyerangan. Mengapa? Karena Tuhan tidak ingin kita bersikap ofensif. Tuhan ingin kita sebagai anak-anaknya bersikap defensif. Defensif dalam hal ketika masalah datang, ya harus dihadapi. Jangan justru kita lari dari masalah.

Ketika Tuhan adalah bukit batu dan pertahanan kita, maka kita harus benar-benar mengandalkan Tuhan ketika masalah datang “menyerang” kita. Syukurlah kepada Tuhan bahwa Ia adalah Allah yang setia yang tidak pernah meninggalkan kita. Ia akan menuntun kita dan membimbing kita melalui jalanNya yang terbaik bagi kita (ay. 4b).

Ingat sekali lagi bahwa Tuhan tidak pernah menjanjikan kehidupan mulus tanpa masalah. Tuhan bahkan tidak pernah menjanjikan bahwa kita tidak akan terperangkap dalam jaring yang dipasang orang-orang fasik. Akan tetapi satu janji Tuhan bahwa sekalipun kita masuk ke dalam jaring itu, Tuhan akan melepaskan dan mengeluarkan kita (ay. 5a). Ia adalah Tuhan yang setia, Tuhan yang kita bisa percaya untuk menjadi tempat perlindungan bagi kita (ay. 5b).

Saya  tidak tahu apa yang sedang kita alami saat ini. Mungkin kita sedang dalam keadaan yang kurang baik. Ada orang jahat yang sedang memasang jaring terhadap kita. Mungkin juga kita sudah jatuh ke dalam jaring tersebut. Ingat akan ayat yang kita baca hari ini. Tuhan akan melepaskan dan mengeluarkan kita dari jaring. Sesulit apapun keadaan kita hari ini, mungkin jaring-jaring itu sudah melilit dan membelit kita sehingga kita seakan-akan sudah tidak punya harapan lagi, percayalah bahwa Tuhan kita sanggup mengeluarkan kita. Tuhan kita jauh lebih besar dari jaring apapun yang pernah dibuat manusia. Percayalah, berserahlah dan Ia akan bertindak bagi kita.


Bacaan Alkitab: Mazmur 31:4-5
31:4 Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku.
31:5 Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.