Kamis, 14 Juni 2012

Sepakat dalam Doa


Jumat, 15 Juni 2012
Bacaan Alkitab: Matius 18:18-20
Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.” (Mat 18:19)


Sepakat dalam Doa


Judul renungan kita hari ini bukan merupakan nama rumah makan padang, tetapi tentang kesepakatan. Sepakat berarti sepaham untuk mencapai suatu tujuan atau target tertentu. Ketika dua pihak sepakat untuk membuat kesepakatan bisnis, berarti kedua pihak tersebut telah sepaham untuk bersepakat di bidang bisnis tentang hal-hal tertentu terkait bisnis mereka, untuk mencapai tujuan yang telah mereka sepakati bersama. Bacaan Alkitab kita hari ini juga berbicara tentang pentingnya kesepakatan, khususnya ketika orang-orang percaya meminta sesuatu kepada Tuhan.

Tuhan Yesus sendiri berkata bahwa apa yang kita ikat di bumi (dunia) ini akan terikat juga di surga, dan apa yang kita lepaskan di bumi ini juga akan terlepas di surga (ay. 18). Memang ada banyak penafsiran tentang ayat ini, tetapi jika kita melihat konteks ayat-ayat sebelumnya yang banyak berbicara tentang doa, maka ayat 18 tersebut dapat bermakna bahwa apa yang terjadi di bumi ini terkait dengan apa yang terjadi di surga. Itulah mengapa doa Bapa Kami salah satunya mengatakan bahwa “Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga” (Mat 6:9-10). Hal tersebut berarti ketika kita meminta kepada Bapa yang benar, yaitu Bapa kita yang di surga, dan apa yang kita doakan memang benar adalah kehendak Allah, maka Bapa kita yang di surga akan memberikan kepada kita, dan apa yang kita minta akan terjadi di bumi ini.

Itulah mengapa kita perlu memiliki kesepakatan dalam berdoa dan meminta sesuatu kepada Tuhan, sehingga Tuhan Yesus pun berkata bahwa jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa yang di surga (ay. 19). Tentunya siapa saja yang perlu sepakat? Kesepakatan yang paling inti adalah kesepakatan kita dengan Tuhan. Ketika Tuhan sepakat dengan apa yang kita doakan, tentu tidak ada alasan bagi Tuhan untuk tidak menjawab doa kita. Doa apakah yang seharusnya kita naikkan kepada Tuhan? Doa yang baik adalah doa yang berisi permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur (1 Tim 2:1). Doa permohonan itu juga baik, karena dalam doa Bapa Kami juga berisi permohonan-permohonan. Tentu saja permohonan yang dijawab Tuhan adalah permohonan yang memuliakan Allah, bukan memuliakan diri kita sendiri. Doa syafaat juga lebih baik lagi, karena kita belajar untuk mendoakan orang lain dan tidak hanya meminta permohonan bagi diri kita sendiri. Akhirnya, doa ucapan syukur adalah doa yang paling baik karena kita memang harus mengucap syukur atas segala penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita.

Jika demikian, apakah cukup hanya kita dan Tuhan yang sepakat dengan isi doa kita? Tuhan Yesus sendiri memang berkata bahwa doa dua orang yang sepakat itu sudah cukup, tetapi “dua atau tiga orang” akan lebih baik lagi, karena ketika ada dua atau tiga orang berkumpul dalam nama Tuhan, maka Tuhan akan hadir di tengah-tengah mereka (ay. 20). Jika dua orang yang sepakat meminta saja akan dikabulkan Tuhan, apalagi jika beberapa orang bahkan satu gereja sepakat meminta suatu hal kepada Tuhan, pastilah Tuhan akan mendengarkan permintaan tersebut.

Permasalahannya adalah apakah kita dapat sepakat meminta hal yang sama kepada Tuhan? Jika ada di antara kita yang sudah berkeluarga, apakah kita sudah sepakat dengan pasangan kita untuk meminta sesuatu? Saya sangat yakin bahwa ketika suami dan isteri sudah sepakat untuk meminta sesuatu kepada Tuhan, pasti Tuhan akan menjawabnya. Namun justru kadang-kadang antar suami dan isteri saja belum tentu 100% sepakat, apalagi jika yang berdoa adalah satu gereja. Untuk itulah perlu adanya kesepakatan antara pihak-pihak yang berdoa. Sudahkah kita sepakat dengan partner doa kita dan juga dengan Tuhan sendiri?


Bacaan Alkitab: Matius 18:18-20
18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.
18:19 Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.
18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.