Senin, 26 November 2012

“Gaul” dengan Tuhan



Senin, 26 November 2012
Bacaan Alkitab: Mazmur 25:12-14
TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.” (Mzm 25:14)


“Gaul” dengan Tuhan


Sebelumnya, saya ingin bertanya kepada kita semua, apakah kita akan menceritakan hal-hal yang penting kepada sembarang orang? Tentu tidak. Kita hanya akan menceritakan hal-hal yang penting atau hal-hal yang rahasia kepada orang-orang tertentu yang kita percayai. Kita tidak akan sembarangan menceritakan sesuatu kepada orang lain yang baru kita temui di jalan. Minimal kita harus memiliki hubungan yang relatif dekat dan akrab dengan orang tersebut, barulah kita bisa terbuka dan menceritakan hal-hal yang penting kepada orang tersebut.

Demikian juga dengan Tuhan. Tuhan sendiri sudah menyatakan FirmanNya kepada semua orang. Dunia ini dan segala yang kita lihat di dunia ini adalah ciptaan Tuhan, akan tetapi ternyata belum semua orang bisa mengerti akan apa isi hati Tuhan, sehingga Tuhan pun menyatakan FirmanNya melalui Firman Tuhan yang kita baca dalam Alkitab. Dalam Alkitab, kita bisa mengerti apa isi hati Tuhan. Akan tetapi, tidak semua orang juga mau membaca Alkitab, dan tidak semua orang pun mengerti Firman Tuhan dalam Alkitab. Lalu kepada siapakah Tuhan akan menceritakan isi hatiNya?

Tuhan akan menceritakan isi hatiNya, rencanaNya, dan segala sesuatunya kepada orang-orang terdekatNya. Siapakah orang tersebut? Pertama  adalah orang-orang yang takut akan Tuhan (ay. 12a). Takut akan Tuhan berarti menghormati Tuhan dan tidak mau melakukan apa yang menyakitkan hati Tuhan. Ketika seseorang takut akan Tuhan, berarti ia memposisikan Tuhan di posisi tertinggi, yaitu sebagai Tuhan atas segala tuhan, sehingga orang tersebut akan selalu melakukan apa yang Tuhan mau. Ketika kita sudah mencapai tingkatan seperti itu, maka Tuhan pun akan menunjukkan jalan yang harus kita pilih (ay. 12b). Tuhan akan menunjukkan jalanNya karena Tuhan tahu bahwa kita akan taat dan mau berjalan di jalan yang Tuhan sediakan bagi kita.

Jalan tersebut akan menuju kebahagiaan yang sejati, bahkan keturunan kita pun akan mewarisi bumi (ay. 13). Jalan Tuhan mungkin saja sempit dan berkelok-kelok, serta susah untuk dijalani (Mat 7:13-14). Akan tetapi kita pun harus tetap memilih jalan yang Tuhan kehendaki karena itulah yang menuju kepada kehidupan, dan bukan menuju kepada kebinasaan. Tuhan yang akan memampukan kita untuk kita dapat berjalan di jalan Tuhan tersebut.

Tuhan pun akan memberitahukan segala sesuatuNya kepada orang yan bergaul karib denganNya (ay. 14). Apa artinya bergaul karib? Artinya sama seperti sahabat, yaitu  mempunyai hubungan yang intim dan erat dengan Tuhan. Orang yang bergaul karib akan merasa rindu untuk selalu ingin bertemu dengan orang tersebut dan selalu ingin bercakap-cakap dan menghabiskan waktu dengan orang tersebut. Dalam Alkitab disebutkan sejumlah orang yang bergaul karib dengan Tuhan yaitu Henokh (Kej 5:22) dan Nuh (Kej 6:9). Hasilnya, Henokh diangkat oleh Tuhan (Kej 5:24) dan Nuh diselamatkan karena Tuhan memberitahukan rencanaNya untuk memusnahkan manusia dengan air bah (Kej 6:13-21), sehingga Nuh dan keluarganya pun diselamatkan.

Pertanyaannya, apakah kita sudah termasuk orang yang bergaul karib dengan Tuhan? Apakah kita sudah memiliki kerinduan untuk selalu bertemu dengan Tuhan, mencari wajahNya dan bercakap-cakap dengan Tuhan dalam saat teduh dan jam doa pribadi kita? Apakah kita sudah memiliki kerinduan untuk beribadah dan melayani Tuhan di setiap waktu? Apakah kita selalu ingin membaca “surat cinta” Tuhan yaitu FirmanNya yang tertulis di dalam Alkitab? Jika ya, maka kita sudah dapat dikatakan sebagai orang yang bergaul karib dengan Tuhan. Sebaliknya, jika masih belum, berarti kita masih seperti orang yang belum bergaul karib dengan Tuhan. Pilihan ada di tangan kita. Jika kita mau agar Tuhan mau memberitahukan jalanNya dan rencanaNya kepada kita, maka tidak ada cara lain selain kita harus mencari Tuhan dan bergaul karib dengan Tuhan.


Bacaan Alkitab: Mazmur 25:12-14
25:12 Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya.
25:13 Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi.
25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.