Senin, 19 November 2012

Roh yang Terbesar



Selasa, 13 November 2012
Bacaan Alkitab: 1 Yohanes 4:1-4
... Sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.” (1 Yoh 4:4b)


Roh yang Terbesar


Karena saya rutin menggunakan jasa kereta api setiap minggunya, saya sering bertemu dengan orang-orang yang sama-sama menggunakan jasa kereta api dan akhirnya kami menjadi teman. Salah satu teman saya yang sering saya temui cukup berpengalaman mengenai hal-hal gaib.. Teman saya itu bukan beragama Kristen, dan ia sangat “berpengalaman” mengenai hal-hal gaib. Ia seringkali bercerita tentang pengalaman gaibnya, bagaimana ia bisa melihat orang-orang yang mengirimkan hal-hal gaib kepada dirinya dan keluarganya. Walaupun demikian, menurut pengakuannya, ia memiliki ilmu gaib itu hanya untuk perlindungan saja, tetapi mendengar ceritanya saya pun sadar bahwa “ilmu” yang dimilikinya pun sudah cukup tinggi.

Ketika ia bercerita (biasanya bercerita kepada teman yang lain), saya biasanya hanya tersenyum saja sambil mendengarkan sesekali. Saya sih memang tidak tertarik mengenai hal itu. Sampai pada suatu saat, teman saya (yang sakti itu) berkata kepada saya kalau segala ilmu gaib itu tidak akan mempan kepada saya. Ketika saya tanya mengapa demikian, ia menjawab bahwa ilmu itu tidak akan mempan karena saya tidak percaya. Saya tahu bahwa ia adalah orang yang cukup “berilmu” dan jika ia sampai berbicara seperti itu memang benar adanya.

Tapi menurut saya, alasan utamanya bukan karena saya percaya atau tidak percaya, melainkan karena: Pertama, saya lebih percaya Tuhan daripada setan dan segala macam jenisnya, dan kedua, Roh yang ada pada saya lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia ini (ay. 4b). Firman Tuhan yang sangat indah mengatakan kepada kita hari ini bahwa memang benar di dalam dunia ini ada dua jenis roh, yang satu adalah Roh yang berasal dari Allah, dan yang satu lagi adalah roh yang tidak berasal dari Allah (ay. 1). Kita diminta untuk menguji setiap roh, karena kadang-kadang sangat sulit membedakan apakah suatu roh berasal dari Allah atau bukan.

Memang Alkitab pun menceritakan bagaimana ciri-ciri Roh yang berasal dari Allah, yaitu ketika Roh tersebut mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah, dan telah datang menjadi manusia untuk mati dan bangkit sehingga dapat menyelamatkan kita (ay. 2). Sebaliknya, setiap roh yang tidak mengakui akan hal itu berarti bukan berasal dari Allah, melainkan adalah roh antikristus (ay. 3). Oleh karena itu, secara sederhananya, untuk menguji apakah suatu roh berasal dari Allah atau bukan, adalah melihat siapa yang ditinggikan oleh roh itu. Roh Allah pasti meninggikan Allah dan Yesus Kristus. Roh yang lain (roh antikristus) akan lebih meninggikan pihak lain. Bisakah gereja pun kemasukan roh antikristus? Bisa saja, ketika gereja itu lebih mendewakan sosok pendetanya, nama gerejanya, liturginya, dan hal lainnya ketimbang meninggikan nama Yesus Kristus sendiri.

Roh selain Allah bisa juga berwujud macam-macam. Hal-hal gaib pun pasti berasal dari Iblis, dan bukan dari Allah. Jika kita lihat banyak orang pergi ke dukun dan orang itu menjadi sembuh atau menjadi kaya, sudah jelas itu bukan roh dari Allah. Allah memang bisa memberi kesembuhan dan atau kekayaan, akan tetapi Allah memberi semua itu dalam caraNya, yaitu ketika kita mau mencari dahulu Kerajaan Allah dan segala kebenaranNya (Mat 6:33). Ingat, Iblis pun bisa menyamar menjadi malaikat terang (2 Kor 11:14). Iblis bisa membuat mujizat, Iblis bisa menyembuhkan orang sakit, Iblis bisa memberi berkat jasmani. Oleh karena itu kita harus ingat bagaimana kita harus peka dan bisa membedakan mana roh dari Allah dan mana roh dari Iblis.

Walaupun dunia ini penuh dengan tipu daya Iblis, kita harus ingat bahwa kita berasal dari Allah, dan kita memiliki kuasa untuk mengalahkan kuasa Iblis (ay. 4a). Kita punya kuasa dari otoritas tertinggi yaitu dari Allah Bapa sendiri. Oleh karena itu, jangan sampai kita takut kepada roh dari Iblis. Ketika kita takut berarti sebenarnya kita belum memiliki kuasa dari Allah, atau kita belum memiliki Roh Allah dalam kehidupan kita. Ingat bahwa Allah tidak pernah memberikan roh ketakutan (2 Tim 1:7). Jadi, apapun yang terjadi di dunia ini, sebesar apapun kuasa Iblis yang mengganggu kita, ingatlah bahwa kita punya Roh yang jauh lebih besar dari apapun di dunia ini. Segala kuasa kegelapan itu tidak akan mempan mengganggu kita (Bil 23:23), selama kita mau tunduk dan taat menjadi anak-anakNya.


Bacaan Alkitab: 1 Yohanes 4:1-4
4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
4:4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.