Senin, 27 Agustus 2012

Disukai Dunia atau Dibenci Dunia?


Rabu, 29 Agustus 2012
Bacaan Alkitab: Yohanes 15:18-21
 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.” (Yoh 15:19)


Disukai Dunia atau Dibenci Dunia?


Salah seorang hamba Tuhan pernah menyampaikan Firman Tuhan yang berkata bahwa gereja Tuhan haruslah disukai oleh semua orang. Hamba Tuhan tersebut mengambil ayat Alkitab dari Kisah Para Rasul 2:47 yang berbunyi demikian, “sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan”. Memang benar, ayat tersebut tidak salah karena ada di Alkitab. Akan tetapi kita harus melihat konteks lebih luas lagi dari kata-kata “disukai semua orang” tersebut.

Jemaat mula-mula memiliki kebiasaan yang luar biasa, yang mendobrak kebiasaan tradisional yang berlaku di masyarakat Yahudi maupun masyarakat Romawi. Mereka membentuk suatu komunitas yang saling mengasihi satu sama lain. Mereka bahkan mampu menjual barang miliknya kepada orang lain yang membutuhkan. Jika kekristenan bisa dianggap sebagai agama, ajaran agama mana yang mampu mengajarkan pengikutnya untuk melakukan hal seperti itu? Jemaat mula-mula menunjukkan kasih yang luar biasa yang membuat banyak orang tertarik. Anggota jemaat mula-mula pasti disukai semua orang karena mereka pasti murah senyum, bersikap baik kepada semua orang, dan memang hal ini pun sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus sendiri.

Saya setuju dengan prinsip tersebut, tetapi juga jangan lupa penekanan bahwa jemaat atau gereja memang harus disukai orang lain, tetapi  jangan sampai disukai oleh dunia, melainkan justru harus dibenci oleh dunia (ay. 19). Memang definisi dunia ini berbicara tentang keseluruhan orang dunia ini yang hidup dalam hawa nafsu mereka dan tidak mau mengenal Allah. Kalau dunia saja membenci Tuhan Yesus (ay. 18), bagaimana mungkin dunia akan mengasihi kita yang mengikuti ajaran Tuhan Yesus (ay. 20)?

Kadang-kadang ada gereja atau hamba Tuhan yang jarang menyampaikan Firman tentang risiko dibenci oleh dunia karena kita mengikut Kristus. Hal ini akan berbahaya, karena kondisinya sama dengan benih yang ditabur lalu tumbuh di tanah yang bersemak duri. Ketika penindasan dan penganiayaan tiba (oleh dunia yang membenci anak-anak Tuhan), maka mereka pun segera layu dan mati (Mrk 4:16-17). Memang mungkin tidak semua gereja akan mengalami dibakar orang, dirusak orang, dilempari batu, atau hal-hal lainnya, akan tetapi satu hal yang pasti, dunia pasti membenci jemaat Tuhan, karena dunia tidak mengenal Kristus (ay. 21).

Jadi apa yang harus kita lakukan? Kita harus memiliki sikap membenci dunia, tetapi tidak membenci orangnya. Membenci dunia karena prinsip-prinsip dunia memang bertentangan dengan prinsip-prinsip kekristenan. Jangan kita sama seperti Demas, yang pergi meninggalkan Paulus karena lebih mencintai dunia ini (2 Tim 4:10). Di sisi lain, kita tidak boleh membenci orangnya. Kita harus memiliki kasih yang luar biasa kepada orang-orang di sekitar kita, karena mereka mungkin memang belum mengerti tentang jalan kebenaran. Kita harus tetap menjaga kehidupan kita agar kehidupan kita menjadi berkat bagi orang lain, dan orang lain bisa merasakan kasih Kristus dari kehidupan kita. Kita harus mengasihi orang-orang yang belum mengenal Tuhan, tetapi kita tidak boleh kompromi dengan dosa-dosa mereka, atau dengan kebiasaan mereka yang masih belum di dalam Tuhan.

Contoh paling sederhana, apakah ada tetangga di samping rumah kita yang belum percaya Tuhan? Bagaimana cara kita menjadi saksi bagi mereka? Apabila mereka memiliki kebiasaan merokok, apakah kita akan ikut-ikutan merokok sambil mengobrol sana-sini agar mereka bisa mengenal Tuhan? Hati-hati, jangan-jangan justru kita yang ikut tertarik dengan kebiasaan mereka. Jadilah orang-orang yang tegas terhadap dosa, tetapi juga penuh kasih kepada orang-orang yang berdosa. Berdirilah teguh sebagai seorang laki-laki, tetap berjaga-jaga, tetapi tetap memiliki kasih dalam kehidupan kita (1 Kor 16:13-14).


Bacaan Alkitab: Yohanes 15:18-21
15:18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
15:20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.
15:21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.