Rabu, 23 Mei 2012

Pengangkatan


Selasa, 22 Mei 2012
Bacaan Alkitab: 1 Tesalonika 4:13-18
Sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.” (1 Tes 4:17)


Pengangkatan


Bagi saya, masa-masa sekarang ini adalah masa-masa terakhir menjelang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Saya rasa semua aliran atau denominasi Kristen mengakui bahwa Tuhan Yesus akan datang untuk yang kedua kali. Pertanyaannya adalah kapan? Tidak ada yang tahu kapan Tuhan Yesus akan datang untuk yang kedua kali, karena hanya Bapa di Surga yang tahu (Mat 24:36). Tetapi kita sebagai orang percaya wajib untuk berjaga-jaga akan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali (Mat 25:13). Mengapa kita harus berjaga-jaga?

Memang ada begitu banyak ayat di Alkitab yang membahas tentang kedatangan Tuhan. Dan saking banyaknya ayat tersebut menjadikan banyak pula penafsiran tentang kedatangan Tuhan yang kedua kali. Tetapi saya mau melihat dari sudut pandang Paulus yang menuliskan hal ini kepada jemaat di kota Tesalonika.

Kedatangan Tuhan Yesus untuk yang kedua kali tersebut sebetulnya merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh orang percaya. Perbedaan utama antara orang percaya dengan orang yang belum percaya adalah bahwa orang yang telah percaya bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit (ay. 14) memiliki pengharapan di dalam Kristus (ay. 13), sehingga kita pun akan percaya juga bahwa semua orang yang telah meninggal dalam Yesus (meninggal dalam keadaan sudah percaya kepada Yesus), akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia, menerima kehidupan kekal. Nah, lalu bagaimana dengan orang-orang yang masih hidup ketika Tuhan Yesus datang untuk yang kedua kalinya?

Dengan segala keterbatasan yang saya miliki (karena saya juga bukan seorang ahli teologi apalagi teologi akhir zaman), saya merujuk ke ayat-ayat selanjutnya dari bacaan Alkitab kita hari ini. Hal terpenting yang dapat kita simpulkan adalah bahwa ketika Tuhan Yesus datang kembali, ada peristiwa kebangkitan orang mati, yaitu mereka yang mati di dalam Kristus akan dibangkitkan (ay. 15-16). Lalu setelahnya barulah kita yang masih hidup pada saat Tuhan Yesus datang kembali, akan diangkat bersama-sama ke awan untuk menyongsong Tuhan di angkasa dan kemudian kita akan berada bersama-sama dengan Tuhan (ay. 17). Hal ini bagi gereja Tuhan, terutama gereja-gereja beraliran Pentakosta dan Karismatik dikenal dengan peristiwa pengangkatan atau rapture.

Ada banyak pendapat tentang peristiwa pengangkatan ini, sama seperti dengan peristiwa kedatangan Yesus yang kedua kali. Ada yang berpendapat bahwa orang percaya akan diangkat Tuhan sebelum Antikristus muncul, sebagian lagi berpendapat bahwa pengangkatan akan terjadi setelah masa Antikristus. Di sisi lain ada yang berpendapat bahwa orang-orang yang diangkat adalah orang-orang yang percaya kepada Yesus dan menjaga hidup kudus mereka, sementara ada juga yang berpendapat bahwa orang yang diangkat adalah semua orang yang telah percaya kepada Yesus. Saya sendiri tidak tahu mana yang benar, karena memang mungkin tidak ada orang yang tahu kecuali Tuhan Yesus dan Allah Bapa sendiri. Paulus pun tidak menulis secara jelas dan rinci mengenai proses dan kronologis pengangkatan ini.

Walaupun demikian, ada satu hal yang dapat kita lakukan, yaitu berjaga-jaga. Kita harus berjaga-jaga karena kita tidak tahu kapan waktunya, dan jangan sampai ketika Tuhan datang justru kita sedang meninggalkan Tuhan. Tuhan ingin agar kita setia sampai akhir. Bagi orang-orang yang belum percaya, kedatangan Tuhan yang kedua kali adalah peristiwa yang menakutkan, karena mereka belum yakin akan keselamatan mereka. Tetapi bagi kita orang-orang percaya, justru peristiwa kedatangan Tuhan yang kedua kali dan juga peristiwa pengangkatan adalah hal yang kita harapkan dan kita nanti-nantikan. Oleh sebab itu Paulus menasehatkan agar kita sebagai jemaat Tuhan saling menguatkan satu sama lain dengan Firman Tuhan yang kita baca hari ini (ay. 18). Bukan masalah kapan dan bagaimana proses pengangkatan dan kedatangan Tuhan yang kedua kali tersebut, tetapi yang lebih penting lagi, apakah kita sudah siap untuk diangkat ketika Tuhan Yesus datang kembali? Percayalah kepada Yesus sebagai Juruselamat pribadi kita, Jagalah hidup kita dari dosa dan kejarlah kekudusan.


Bacaan Alkitab: 1 Tesalonika 4:13-18
4:13 Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.
4:14 Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
4:15 Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.
4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.
4:18 Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.