Selasa, 24 Juli 2012

Berharga di Mata Tuhan


Kamis, 19 Juli 2012
Bacaan Alkitab: Yesaya 43:4-7
Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.” (Yes 43:4)


Berharga di Mata Tuhan


Jika kita mau jujur, benda apakah yang kita miliki yang kita anggap paling berharga? Sebagian dari kita mungkin menjawab uang, sebagian mobil, sebagian lagi rumah, dan mungkin ada beberapa yang menganggap handphone adalah benda yang paling berharga, karena dengan handphone kita dapat berkomunikasi dengan orang lain. Ya, semua orang pasti memiliki jawabannya masing-masing, dan saya yakin bahwa semua jawaban itu benar, tergantung dari sudut pandang orang tersebut. Tetapi jika kita perhatikan, bahwa benda tersebut sesungguhnya menjadi berharga ketika benda itu dapat digunakan sesuai keinginan pemiliknya.

Kita dapat mengatakan bahwa handphone kita berharga ketika handphone tersebut dapat kita gunakan untuk menelepon atau mengirim SMS kepada orang lain. Kita dapat mengatakan mobil kita berharga ketika mobil tersebut dapat kita gunakan untuk mengantar kita bepergian dengan baik, dan demikian seterusnya. Nah, ketika bagaimana ketika Tuhan mengatakan bahwa kita itu berharga di mata Tuhan, dan tidak hanya berharga tetapi juga mulia (ay. 4a)? Apakah kita berharga hanya karena kita ciptaan Tuhan?

Ya, di satu sisi memang demikian, Tuhan mengasihi kita karena kita adalah ciptaanNya, yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kej 1:26). Akan tetapi, tidak hanya itu saja, kita juga harus mampu mengerti apa maksud Tuhan menciptakan kita, karena sebenarnya kita tetap berharga di mata Tuhan, apapun kondisi kita, akan tetapi ketika kita sadar apa tujuan Tuhan bagi kita, dan kita mau mengambil bagian dalam tujuan Tuhan tersebut, maka kita akan menjadi milik Tuhan yang paling berharga, karena kita dapat memenuhi harapan Tuhan yang menciptakan dan memiliki kita.

Apa tujuan Tuhan menciptakan kita? Salah satunya adalah untuk memuliakan Tuhan (ay. 7). Semua apa yang Tuhan ciptakan adalah untuk memuliakan Tuhan. Tuhan menciptakan bumi, benda-benda penerang, tumbuhan dan hewan, adalah agar mereka menceritakan kemuliaan Tuhan. Terlebih manusia yang Tuhan ciptakan menurut gambar dan rupaNya.

Ketika kita sudah mengerti apa tujuan Tuhan menciptakan kita dan menjalani hidup dengan tujuan hidup yang benar, maka Tuhan juga akan memberkati kita dengan berlimpah-limpah, bahkan dengan hal-hal yang kita tak pernah bayangkan sebelumnya (ay. 4b-6). Bahkan Firman Tuhan di ayat lain mengatakan bahwa tidak hanya hidup kita saja yang berharga di mata Tuhan, bahkan kematian orang-orang benar yang dikasihi Tuhan juga berharga di mataNya (Mzm 116:15). Ini berarti bahwa segala kehidupan kita, bahkan kematian kita yang berada dalam rancangan dan tujuan Tuhan, semuanya berarti dan berharga di mata Tuhan.

Pertanyaan bagi kita saat ini, sudahkah kita mengerti tujuan Tuhan? Sudahkah kita berjalan dalam tujuan hidup yang Tuhan berikan kepada kita? Memang inti dari tujuan hidup itu adalah untuk memuliakan Tuhan, tetapi cara untuk mencapai tujuan hidup masing-masing kita pasti berbeda-beda. Ada yang Tuhan tetapkan untuk memuliakan Tuhan melalui pekerjaannya di kantor, ada yang Tuhan tetapkan untuk memuliakan Tuhan dengan menjadi hamba Tuhan, atau bahkan juga dengan menjadi ibu rumah tangga yang mendidik anak-anak sehingga menjadi anak-anak yang takut akan Tuhan. Apapun itu, jalanilah tujuan hidup yang Tuhan telah tetapkan bagi kita sehingga kita juga bisa menjadi orang-orang yang berharga di mata Tuhan.


Bacaan Alkitab: Yesaya 43:4-7
43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.
43:5 Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan mendatangkan anak cucumu dari timur, dan Aku akan menghimpun engkau dari barat.
43:6 Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,
43:7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.