Rabu, 25 Juli 2012

Tanda dari Surga


Minggu, 22 Juli 2012
Bacaan Alkitab: Matius 16:1-4
Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan
tanda selain tanda nabi Yunus." Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi. (Mat 16:4)


Tanda dari Surga


Pernahkah kita meminta suatu tanda dari Tuhan, entah mungkin karena kita ingin peneguhan dari Tuhan bahwa kita harus melakukan suatu hal, atau karena kita hanya iseng-iseng saja meminta tanda dari Tuhan, syukur-syukur dikabulkan oleh Tuhan. Tahukah kita, bahwa ketika Tuhan memberikan tanda dari surga kepada seseorang, itu bukanlah suatu kebetulan belaka, melainkan pasti ada maksud Tuhan bagi orang tersebut? Tidak semua orang pernah mendapatkan tanda dari Tuhan, dan banyak orang ingin mendapatkan tanda dari Tuhan. Akan tetapi banyak orang juga sebenarnya tidak menyadari apa alasan mereka meminta tanda dari Tuhan.

Alkitab kita berisi banyak hal-hal yang tidak dapat dijelaskan dengan logika manusia. Banyak tokoh-tokoh dalam Alkitab yang pernah mendapatkan tanda dari Tuhan. Akan tetapi dalam bacaan Alkitab kita hari ini, kita menemukan bahwa ada orang Farisi dan Saduki yang meminta tanda kepada Tuhan Yesus. Alkitab mengatakan bahwa motivasi mereka meminta tanda tersebut adalah untuk mencobai Yesus (ay. 1). Agak mengherankan memang mengingat orang Farisi dan Saduki tentu saja sudah melihat berbagai mujizat dan tanda-tanda heran yang dilakukan oleh Tuhan Yesus sebelumnya, di mana jika kita baca pasal sebelumnya saja, kita akan menemukan bagaimana Tuhan Yesus menyembuhkan banyak orang sakit (Mat 15:29-31) dan bagaimana Tuhan Yesus memberi makan 4.000 orang (Mat 15:32-39).

Tuhan Yesus pun menjawab permintaan orang Farisi dan Saduki tersebut dengan ucapan yang jika dibahasakan dalam bahasa sehari-hari saat ini mungkin akan berbunyi seperti ini, “Kalian bisa melihat tanda alam, kalian bisa membedakan apakah hari akan cerah atau tidak dengan melihat warna langit, akan tetapi mengapa kalian tidak percaya kepadaKu dengan melihat apa yang telah Kulakukan?” (ay. 2-3). Tuhan Yesus sudah menunjukkan banyak tanda kepada orang Yahudi, termasuk kepada orang Farisi dan Saduki. Seharusnya mereka pun mengerti bahwa memang tanda-tanda itu menunjukkan bahwa Tuhan Yesus memang benar-benar adalah Mesias. Akan tetapi mereka buta dan tidak dapat melihat hal tersebut.

Jika kita baca ayat-ayat selanjutnya, Tuhan Yesus tetap mengadakan tanda-tanda dan mujizat setelah peristiwa itu. Pekerjaan Tuhan tidak dibatasi oleh permintaan segelintir orang. Setelah itu Tuhan Yesus memang tidak memberikan tanda secara khusus kepada orang Farisi dan Saduki, karena Tuhan Yesus sendiri memang telah berkata bahwa mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus (ay. 4). Apa yang dimaksudkan Yesus di sini adalah bahwa ada tanda yang bersifat khusus (misal mujizat yang dialami seseorang), dan tanda yang bersifat umum (misal kisah tentang mujizat Yunus, yang pasti sudah diketahui semua orang Yahudi termasuk orang Farisi dan Saduki karena sudah tertulis di dalam kitab Yunus di Perjanjian Lama).

Apakah ada di antara kita yang pernah atau sedang meminta tanda dari Tuhan? Tidak salah memang meminta tanda dari Tuhan, akan tetapi akan jauh lebih baik apabila hidup kita dan iman kita tidak didasari hanya berdasarkan tanda semata. Iman itu secara singkat adalah melihat jauh melalui mata rohani, walaupun secara mata jasmani hal tersebut belum terlihat nyata. Jadi ketika kita meminta tanda dari Tuhan, sesungguhnya iman kita sedang kurang atau lemah, karena jika iman kita kuat, tidak perlu tanda-tanda semacam itu pasti kita sudah yakin bahwa Tuhan pasti akan menjawab dan menolong kita.


Bacaan Alkitab: Matius 16:1-4
16:1 Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus. Mereka meminta supaya Ia memperlihatkan suatu tanda dari sorga kepada mereka.
16:2 Tetapi jawab Yesus: "Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata: Hari akan cerah,
16:3 dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak.
16:4 Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus." Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.