Selasa, 15 Januari 2013

Berkat bagi Orang yang Takut akan Tuhan



Senin,  14 Januari 2013
Bacaan Alkitab: Mazmur 112:1-3
Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.” (Mzm 112:3)


Berkat bagi Orang yang Takut akan Tuhan


Jika kita membaca kitab Mazmur, kitab ini berbicara banyak tentang berkat-berkat Tuhan kepada umatNya. Akan tetapi, memang ada berkat universal, yaitu berkat yang dirasakan oleh semua orang di dunia ini, seperti sinar matahari, udara yang bisa kita hirup, dan lain sebagainya. Ada juga berkat komunal yang diberikan kepada sekelompok orang yang hidup rukun bersama (Mzm 133:1-3). Selain itu juga ada berkat personal, yaitu berkat yang diberikan secara khusus kepada orang-orang pilihan Tuhan.

Mazmur 112 ini berbicara banyak tentang berkat personal. Tentu saja berkat ini tidak serta merta diberikan Tuhan kepada semua orang. Ini adalah berkat-berkat yang diberikan Tuhan kepada orang-orang pilihannya dengan syarat tertentu. Apa saja syarat tersebut? Berkat ini diberikan kepada orang yang takut akan Tuhan dan yang suka kepada segala perintahNya (ay. 1). Takut akan Tuhan memiliki korelasi yang kuat dengan suka kepada perintah Tuhan. Orang tidak bisa takut akan Tuhan jika ia tidak pernah membaca Firman Tuhan. Itulah mengapa kedua hal ini (takut akan Tuhan dan suka perintah Tuhan) pasti merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Ketika kita takut akan Tuhan, berarti kita menghormati Tuhan dan tidak akan melanggar laranganNya dan pasti akan berusaha mati-matian untuk melakukan perintahNya. Itu adalah sikap yang diminta Tuhan kepada anak-anakNya. Ketika seseorang sudah takut akan Tuhan dan taat perintah Tuhan, maka Firman Tuhan pun menjanjikan berkat yang luar biasa, yaitu:

Pertama, anak cucunya akan diberkati (ay. 2). Janji Tuhan itu  bukan hanya janji yang diberikan kepada satu angkatan saja, tetapi janji Tuhan itu  berlaku hingga ke keturunan kita. Ingat akan janji Abraham bahwa keturunannya akan diberkati, dan janji tersebut pun tetap berlaku hingga kini, termasuk kepada kita yang adalah anak-anak Abraham secara rohani. Jadi ketika kita takut akan Tuhan, maka berkat Tuhan pun tidak hanya melimpah dalam kehidupan kita tetapi anak cucu kita nanti juga akan merasakan, bahkan akan menjadi perkasa di bumi.

Kedua, Tuhan akan memberkati dengan harta dan kekayaan (ay. 3). Ini juga terkait dengan Firman Tuhan yang menyatakan agar kita mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya (hal-hal lain) akan ditambahkan kepada kita (Mat 6:33). Ini seharusnya pola pikir yang benar. Cari Tuhan dulu maka berkat akan diberikan kepada kita dan bukan sebaliknya. Jangan sampai kita mencari berkat jasmani dulu baru setelah  terkumpul  banyak kita baru mencari dan melayani Tuhan.

Saat ini, masihkah kita ragu akan berkat-berkat Tuhan kepada orang-orang yang mau takut kepada Tuhan dan mencariNya dengan sungguh-sungguh? Semua berkat Tuhan pasti akan diberikan kepada anak-anakNya yang sungguh-sungguh takut akan Tuhan. Tidak hanya berkat rohani tetapi juga berkat jasmani. Tidak hanya bagi kita tetapi juga bagi anak cucu dan keturunan kita. Jangan kuatir tentang berkat Tuhan, karena ketika kita mau mencariNya, maka berkat-berkat tersebut pasti akan mengikuti kita.


Bacaan Alkitab: Mazmur 112:1-3
112:1 Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.
112:2 Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.
112:3 Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.