Jumat, 04 Januari 2013

Ditonton Banyak Saksi



Jumat, 4 Januari 2013
Bacaan Alkitab: Ibrani 12:1-3
Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.” (Ibr 12:1)


Ditonton Banyak Saksi


Jika kita perhatikan olahraga pada saat ini, maka kita akan melihat bagaimana perkembangan teknologi membuat kita mampu melihat kejadian-kejadian yang terjadi dalam suatu pertandingan dengan sangat jelas. Suatu pertandingan sepakbola misalnya, apalagi suatu pertandingan penting seperti Piala Dunia atau Piala Eropa, dengan perkembangan teknologi saat ini terdapat begitu banyak kamera yang memantau setiap jengkal lapangan sepakbola sehingga hampir mustahil ada kejadian yang terlewat dari pantauan kamera. Bahkan pertandingan tersebut juga disiarkan ke seluruh dunia, sehingga jika salah satu pihak, entah pemain atau wasit melakukan suatu kesalahan pun, hal tersebut dapat diketahui oleh banyak orang.

Demikian halnya dengan “pertandingan” atau “perlombaan” yang kita lakukan dalam hidup kita. Sebenarnya hidup ini memang dapat diibaratkan dengan suatu pertandingan atau perlombaan (ay. 1b). Setiap hari ada pertandingan antara yang benar dengan yang jahat dalam hidup kita, dan entah kita akan memilih pihak yang mana untuk menjadi pemenangnya. “Pertandingan” antara Roh dan daging kita selalu terjadi setiap saat. Demikian juga kita juga mengikuti “perlombaan” untuk mencapai garis finis, yaitu akhir hidup kita di dunia ini. “Pertandingan” dan “perlombaan” ini wajib kita ikuti dalam hidup kita.

Lebih lagi, kita mempunyai banyak saksi yang mengelilingi kita. Siapa mereka? Alkitab memang tidak menjelaskan secara spesifik tentang saksi-saksi ini. Bisa jadi saksi tersebut adalah para malaikat, atau bisa juga saksi tersebut adalah saksi-saksi iman, yaitu orang-orang beriman yang telah terlebih dahulu meninggal sebelum kita (merujuk ke pasal sebelumnya yaitu Ibrani 11). Tetapi apapun definisi saksi tersebut sebenarnya hal tersebut tidaklah terlalu penting dibandingkan esensi bahwa memang ada saksi-saksi yang berada di sekeliling kita dan mengawasi kita. Dengan adanya saksi-saksi tersebut, kita dituntut untuk bertanding dan berlomba dengan sebaik-baiknya, sehingga penulis kitab Ibrani ini pun menyarankan kita untuk menanggalkan segala beban dan dosa yang merintangi dan memberatkan kita, agar kita dapat berlomba dengan baik (ay. 1a).

Bagaimana kita bisa berlomba dengan baik? Selain dengan cara meninggalkan beban dan dosa yang merintangi tersebut, kita juga harus melakukan perlombaan dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang membawa kita ke pada arah yang benar, yaitu garis finis yang menuju kepada kesempurnaan (ay. 2). Seorang pelari yang berlomba dalam suatu lomba lari harus senantiasa memandang kepada garis finis, karena jika tidak, walaupun pelari itu berlari dengan cepat, tetapi jika arah tujuannya meleset maka ia tidak akan mencapai garis finis alias tidak akan mengakhiri perlombaan dengan baik. Bisa jadi ia akan keluar lintasan dan menuju ke arah yang salah walaupun mungkin secara kecepatan, pelari tersebut adalah yang paling cepat dibandingkan para pesaingnya.

Oleh karena itu sekali lagi penulis Ibrani menekankan agar kita juga senantiasa mengingat tentang Yesus, termasuk tentang kemuliaan yang akan kita dapat ketika kita berhasil menyelesaikan perlombaan kita, sehingga kita tidak menjadi lemah dan putus asa (ay. 3). Salah satu hal yang dapat memotivasi para atlet adalah hadiah yang akan mereka terima ketika mereka memenangkan suatu pertandingan atau perlombaan. Dan apakah hadiah yang lebih besar lagi selain kesempatan untuk bertemu muka dengan Tuhan kita di surga nanti selama-lamanya? Ini harusnya memotivasi setiap anak Tuhan untuk mau bertanding dan berlomba dengan sebaik-baiknya. Ingat bahwa Tuhan pun juga menjadi saksi yang menonton pertandingan dan perlombaan kita di dunia ini.

Jika demikian, sudah seharusnya kita menjaga kehidupan kita di dunia ini. Setiap dosa yang kita lakukan tidak dapat kita sembunyikan, melainkan terlihat oleh sekian banyak saksi yang siang dan malam mengelilingi kita. Tetapi hiduplah dengan kekudusan, lakukan yang terbaik dalam hidup kita, sehingga kita bisa mengakhiri pertandingan dan perlombaan kita dengan baik.


Bacaan Alkitab: Ibrani 12:1-3
12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.
12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.
12:3 Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.