Jumat, 27 Januari 2012

Makanan Rohani


Sabtu, 28 Januari 2012
Bacaan Alkitab: Matius 4:1-4
Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” (Mat 4:4)


Makanan Rohani


Setiap orang pasti perlu makan setiap harinya. Bahkan, kebanyakan di antara kita minimal harus tiga kali makan pada pagi, siang, dan malam hari. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika cobaan pertama yang Iblis lakukan kepada Yesus adalah mencobai dalam hal makanan. Ya, cobaan apa lagi yang paling baik untuk dilakukan Iblis terhadap Yesus ketika Yesus telah berpuasa tidak makan selama 40 hari dan 40 malam di padang gurun (ay. 1-2). Bayangkan jika kita tidak makan sesuatu apapun selama satu hari saja, pastilah kita sudah merasa sangat lapar, dan pasti pikiran kita tidak akan dapat fokus dan pasti pekerjaan kita akan terganggu. Bayangkan jika kita berada dalam posisi Tuhan Yesus, dimana kondisi kita sangat lapar dan mungkin saja sudah tidak dapat berpikir jernih.

Saya rasa, pada kondisi seperti itu, Iblis datang kepada Yesus pada saat yang tepat. Iblis tidak meminta Tuhan Yesus untuk menyembahnya, bukan itu, tetapi Iblis meminta Tuhan Yesus untuk memerintahkan batu-batu ini menjadi roti (ay. 3). Ya, itulah cobaan pertama yang dilakukan Iblis kepada Yesus. Saya berpikir, jika saya berada dalam posisi Tuhan Yesus, mungkin tanpa pikir panjang saya akan mengubah batu menjadi roti. Atau jika saya mau, bisa saja saya meminta malaikat untuk datang dan membawakan makanan kepada saya. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan Yesus jika Ia mau melakukannya.

Jawaban Tuhan Yesus di ayat 4 sesungguhnya memiliki makna yang dalam. Tidak hanya menolak tawaran Iblis, Yesus juga mengutip ayat Firman Tuhan di dalam Perjanjian Lama yaitu di Ulangan 8:3. Walaupun demikian, kebenaran yang terkandung pada jawaban Yesus patut kita renungkan pada hari ini. Dalam jawabanNya, Yesus mengatakan bahwa manusia tidak hanya hidup dari roti (makanan jasmani) saja, tetapi juga dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah (makanan rohani). Dengan kata lain, makanan jasmani itu berguna bagi tubuh jasmani, sedangkan makanan rohani bermanfaat untuk tubuh rohani kita.

Sebagaimana kita memerlukan makanan jasmani setiap hari, demikian juga kita memerlukan makanan rohani yaitu Firman Tuhan setiap hari pula. Kita tidak dapat merapel makanan jasmani kita, misalkan jatah tiga hari kita makan sekaligus kemudian kita tidak makan selama tiga hari ke depan. Sama seperti itu, kita pun butuh Firman Tuhan setiap hari, bahkan mungkin sebaiknya kita mengkonsumsi makanan rohani kita sebanyak tiga kali sehari, sama dengan makanan jasmani yang kita makan setiap harinya.

Memang ketika kita memutuskan untuk membaca Firman Tuhan secara rutin setiap harinya, kita kadang-kadang mendapatkan Firman Tuhan yang gampang dimengerti atau sesuai dengan kondisi kita saat membacanya. Namun seringkali Firman yang kita baca justru sulit untuk dimengerti. Jikalaupun kita dapat mengertinya, seringkali apa yang kita baca belum tentu cocok dengan kondisi yang kita alami. Terkait dengan hal itu, menurut pendapat saya kita harus memperlakukan Firman Tuhan seperti makanan jasmani kita. Pernahkah kita mengingat apa yang kita makan seminggu yang lalu? Tentu kebanyakan di antara kita akan menjawab tidak. Namun walaupun kita tidak ingat akan makanan yang kita makan seminggu yang lalu, tapi makanan tersebut pastilah memberikan tenaga dan membuat kita masih hidup hingga hari ini.

Jika tubuh kita memerlukan makanan jasmani setiap harinya, sudahkah kita memenuhi kebutuhan tubuh rohani atau jiwa kita? Jangan sampai jiwa kita kering karena kita tidak pernah memberikan makanan rohani kepada jiwa kita tersebut. Tidak ada kata terlambat, mulailah dari sekarang. Pasti tidak akan sulit untuk membaca satu pasal Alkitab setiap harinya. Kita bisa membaca Alkitab secara urut dari awal sampai akhir, kita bisa mendengarkan siaran di radio atau televisi, atau kita juga dapat membaca Firman Tuhan melalui sarana renungan harian yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Apapun pilihan kita, mari kita berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan makanan rohani jiwa kita. Baca Firman Tuhan, renungkan, dan aplikasikan dalam kehidupan kita, niscaya kita akan menjadi orang-orang yang sehat secara rohani.


Bacaan Alkitab: Matius 4:1-4
4:1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.
4:3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."
4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.