Senin, 30 Januari 2012

Melayani karena Telah Disembuhkan


Rabu, 1 Februari 2012
Bacaan Alkitab: Lukas 8:1-3
dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit ... Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.” (Luk 8:2-3)


Melayani karena Telah Disembuhkan


Salah seorang hamba Tuhan pernah berkata bahwa “Seseorang yang merasa telah banyak diampuni dosanya, pasti akan lebih melayani Tuhan. Sedangkan seseorang yang merasa sedikit diampuni dosanya, pasti akan lebih sedikit melayani Tuhan”. Setelah saya renungkan, memang pendapat hamba Tuhan tersebut ada benarnya. Jika kita perhatikan, orang-orang yang kehidupannya dahulu sangat jahat, begitu orang tersebut bertobat, ia akan melayani Tuhan lebih lagi dibandingkan dengan orang-orang yang sejak dulu sudah mengenal Tuhan. Salah satu contoh nyata yang disebutkan dalam Alkitab adalah Paulus, yang dulu adalah orang yang menganiaya jemaat Tuhan. Ketika Paulus bertobat, ia menjadi salah satu rasul dan pemberita Injil yang militan, yang menyampaikan Firman Tuhan ke banyak bangsa-bangsa lain di luar bangsa Yahudi. Bahkan dalam pelayanannya, ia pun sampai lima kali disesah orang Yahudi, tiga kali didera, satu kali dilempari batu, tiga kali mengalami karam kapal, dan banyak penderitaan lainnya (2 Kor 11:23-28).

Kitab Injil Lukas juga mengatakan bahwa selain kedua belas murid Yesus yang mengikuti Yesus berjalan dari kota ke kota untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah (ay. 1), juga terdapat beberapa orang perempuan yang mengikuti Tuhan Yesus dalam pelayananNya (ay. 2a). Dalam budaya patriakal yang dianut orang Yahudi, sangat jarang nama wanita yang disebutkan dalam Alkitab, sehingga ketika ada wanita yang sampai disebutkan dalam Alkitab, itu berarti wanita tersebut adalah wanita yang spesial.

Beberapa nama wanita yang disebutkan di dalam bacaan Alkitab kita hari ini yaitu Maria Magdalena yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, dan Susana (ay. 2b & 3a). Dari ketiga nama di atas, nama Maria Magdalena adalah nama yang cukup familiar bagi kita semua. Sebagai orang yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Maria Magdalena menjadi salah satu orang yang terus mendampingi Tuhan Yesus hingga saat kematian bahkan hingga saat kebangkitannya. Maria Magdalena hadir pada saat Yesus mati di kayu Salib (Mat 27:56), hadir pada saat prosesi pemakanam Yesus (Mrk 15:47), tinggal duduk di depan kubur tempat Yesus dimakamkan (Mat 27:61), membeli rempah-rempah untuk meminyaki Yesus (Mrk 16:1), dan menjadi orang pertama yang pergi ke kubur Yesus pada hari setelah Sabat dan menemukan kubur tersebut sudah dalam keadaan kosong (Mat 28:1). Maria Magdalena merupakan orang pertama yang berinisiatif untuk mengunjungi kubur Yesus pada hari setelah hari Sabat. Inisiatif ini jauh melebihi murid-murid Yesus, dimana murid-murid Yesus sendiri, termasuk Petrus, baru pergi ke kubur Yesus setelah mendengar kabar dari Maria Magdalena (Luk 24:12).

Hal yang terlebih dashyat lagi adalah bahwa Yesus menampakkan diri secara khusus kepada Maria Magdalena (Yoh 20:11-18). Tentunya hal tersebut menunjukkan betapa Yesus sangat memandang Maria Magdalena sebagai salah seorang yang spesial baginya. Ini tentunya terkait tentang bagaimana Maria Magdalena melayani Yesus secara luar biasa setelah ia disembuhkan dari ketujuh roh jahat. Maria Magdalena melayani Yesus sebagai ucapan syukurnya kepada Tuhan Yesus yang telah menyembuhkan dan menyelamatkannya.

Satu pertanyaan yang menggelitik kita pada hari ini, sudahkah kita melayani Tuhan dengan giat sebagai ucapan syukur kita karena kita telah diselamatkan? Jika kita merasa bahwa diri kita telah banyak menerima anugerah dan kasih karunia Tuhan, tentunya kita akan mengucap syukur dengan cara melayani Tuhan dengan apapun yang kita punya. Jadi, sudahkah saat ini kita melayani Tuhan dengan giat dan dengan penuh sukacita? Jika belum, maka barangkali kita belum merasa banyak diampuni oleh Tuhan. Orang yang sedikit diampuni juga akan sedikit pula berbuat kasih (Luk 7:47).


Bacaan Alkitab: Lukas 8:1-3
8:1 Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,
8:2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,
8:3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.