Senin, 23 Januari 2012

Menjadi Orang yang Berhasil Dimanapun Berada


Minggu, 22 Januari 2012
Bacaan Alkitab: Kejadian 39:21-23
Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.” (Kej 39:23)


Menjadi Orang yang Berhasil Dimanapun Berada


Saya memperhatikan tren belakangan ini, seringkali bahwa seseorang yang telah sukses di suatu posisi tertentu, belum tentu dapat sukses di posisi atau di tempat lain. Sebagai contoh, sejumlah pemain sepakbola yang cukup sukses di klub lamanya, ketika pindah ke klub baru ternyata mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan akhirnya justru tampil buruk. Atau sejumlah orang yang terlihat hebat di posisi tertentu di sebuah perusahaan atau instansi, ketika dimutasi ke bagian yang sulit atau ke daerah terpencil, justru tidak dapat bersinar lagi.

Tetapi lain halnya dengan Yusuf. Yusuf adalah orang yang berasal dari keluarga Yakub yang kaya raya. Ia adalah anak kesayangan Yakub, dan tentu saja ia mendapatkan fasilitas yang luar biasa mewah dari Yakub. Tetapi hal itu seakan berubah ketika saudara-saudara Yusuf menangkapnya dan menjualnya sebagai budak. Dari anak kesayangan orang kaya menjadi budak, suatu kondisi yang sangat jauh sekali. Tetapi Yusuf pun berhasil mengatasinya saat menjadi budak di rumah Potifar, kepala pengawal Firaun. Yusuf pun akhirnya selalu berhasil dalam mengerjakan segala sesuatu di rumah Potifar tersebut sehingga Potifar pun mengangkat Yusuf sebagai kepala atas segala sesuatu di rumahnya (Kej 39:1-6).

Tapi setelah sepertinya semua berjalan sesuai dengan rencana, terjadi sesuatu yang akhirnya membuat hidup Yusuf berantakan. Karena tidak mau menuruti ajakan isteri Potifar, akhirnya Yusuf pun dijebloskan ke dalam penjara. Baru saja kondisi Yusuf berangsur-angsur membaik, ia akhirnya harus jatuh lebih dalam lagi dari sebelumnya. Jika sebelumnya ia hanya menjadi budak, sekarang ia pun harus menjadi tahanan di penjara. Tetapi ternyata itu bukanlah akhir dari kisah hidup Yusuf. Alkitab mengatakan bahwa Tuhan senantiasa menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setiaNya kepada Yusuf. Bahkan Yusuf menjadi kesayangan bagi kepala penjara itu (ay. 21).

Menjadi kesayangan kepala penjara tentunya bukan dalam konteks negatif, melainkan lebih ke arah positif. Tentunya kepala penjara melihat bahwa Yusuf dapat dipercaya dan memiliki hikmat dari Tuhan dalam segala hal, sehingga kepala penjara pun akhirnya mempercayakan semua tahan dalam penjara itu kepada Yusuf (ay. 22). Bayangkan, adakah pernah terjadi seorang kepala penjara mempercayakan tahanan-tahanannya kepada seorang tahanan lain? Saya rasa tidak pernah ada kisah di dunia ini yang menyerupai kisah Yusuf. Yusuf mampu mengemban tugas sebagai kepala penjara walau sebenarnya ia berstatus sebagai tahanan. Bahkan bagian selanjutnya dari ayat 22 dan 23 menyebutkan bahwa segala pekerjaan kepala penjara tersebut sudah diurus oleh Yusuf. Kepala penjara tersebut tidak mencampuri apa yang sudah dipercayakannya kepada Yusuf. Yusuf mampu mengemban tugas dan kepercayaan yang sudah diberikan kepala penjara kepadanya.

Bukankah luar biasa apa yang dilakukan Yusuf? Ia memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa dari Tuhan. Ia memiliki hikmat yang luar biasa dari Tuhan juga. Begitulah seharusnya orang yang mengandalkan Tuhan. Tidak peduli dimanapun ia ditempatkan, ia akan selalu bersinar dan berhasil. Kunci keberhasilan Yusuf dan juga kita adalah meminta penyertaan Tuhan senantiasa. Dengan penyertaan Tuhan, tidak masalah kita ditempatkan di mana, selama ada Tuhan di sisi kita, kita pasti kan menjadi orang-orang yang berhasil. Kita akan seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya dan apa saja yang diperbuatnya berhasil (Mzm 1:3).


Bacaan Alkitab: Kejadian 39:21-23
39:21 Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.
39:22 Sebab itu kepala penjara mempercayakan semua tahanan dalam penjara itu kepada Yusuf, dan segala pekerjaan yang harus dilakukan di situ, dialah yang mengurusnya.
39:23 Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.