Jumat, 13 Januari 2012

Panggilan Nabi Yeremia


Rabu, 11 Januari 2012
Bacaan Alkitab: Yeremia 1:4-10
Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.” (Yer 1:7)


Panggilan Nabi Yeremia


Dalam Alkitab, terdapat beberapa kejadian dimana Tuhan memanggil seseorang untuk menjadi hambaNya. Salah satu yang akan kita pelajari adalah kejadian ketika Tuhan memanggil Yeremia untuk menjadi nabi yang menyuarakan Firman Tuhan. Pada masa dimana Yeremia hidup, Tuhan seringkali menyatakan FirmanNya secara langsung kepada nabi, kemudian nabi tersebut akan menyampaikan Firman tersebut kepada rakyat atau bahkan kepada raja. Pada umumnya, Firman Tuhan pada masa-masa itu adalah Firman yang keras, yang menegur kehidupan bangsa Israel yang menyembah allah-allah lain. Firman Tuhan tersebut juga pada umumnya berisi ancaman hukuman yang akan bangsa Israel terima jika mereka tidak bertobat dari jalan mereka yang jahat.

Apa yang terjadi pada saat Tuhan memanggil Yeremia untuk menyampaikan suara Tuhan, terlihat jelas pada ayat 5. Tuhan berkata bahwa sebelum Yeremia lahir, bahkan sebelum Yeremia dibentuk dalam rahim ibunya, Tuhan telah mengenal dan menguduskan Yeremia untuk menjadi nabi bagi bangsa-bangsa. Menurut saya hal ini berarti bahwa sesungguhnya segala kehidupan kita itu sudah direncanakan Tuhan. Hidup kita itu memiliki suatu tujuan yang Tuhan telah tetapkan bahkan jauh sebelum kita dilahirkan. Kehadiran kita di dunia ini tidak kebetulan, tetapi Tuhan telah merancang kedua orang tua kita untuk bertemu dan kemudian menikah dan melahirkan kita di dunia ini. Tuhan sudah merancang kehidupan kita jauh-jauh hari sebelum kita, bahkan sebelum orang tua kita, berada di dunia ini.

Jika keberadaan kita di dunia ini saja berada dalam rencana Tuhan, maka tidak ada alasan bagi siapapun untuk menolak apa yang Tuhan kehendaki bagi kita. Yeremia awalnya menolak panggilan tersebut dengan alasan bahwa ia tidak pandai berbicara dan masih muda (ay. 6). Suatu alasan yang sangat logis mengingat jabatan sebagai nabi Tuhan bukanlah pekerjaan yang mudah. Seorang nabi pada zaman tersebut menghadapi tekanan lingkungan yang luar biasa berat, bahkan risikonya adalah mati.

Namun demikian, alasan apapun yang diungkapkan oleh Yeremia tidak dapat menggoyahkan hati Tuhan. Tuhan tidak mencari alasan Yeremia, Tuhan hanya ingin Yeremia taat kepada Tuhan, kemanapun Tuhan mengutusnya, Yeremia harus siap pergi, dan apapun yang Tuhan perintahkan kepadanya, harus dilakukan oleh Yeremia (ay. 7). Permasalahannya, apakah Yeremia mau pergi kemanapun Tuhan memerintahkan? Iya kalau Tuhan memerintahkan yang enak-enak, pasti Yeremia tidak akan menolak perintah Tuhan. Tetapi bagaimana jika perintah Tuhan adalah perintan yang  berat, dengan jalan yang berat untuk ditempuh? Belum lagi orang-orang yang memusuhi bahkan mencoba untuk membunuh Yeremia?

Itulah mengapa Tuhan meminta Yeremia untuk tidak takut, karena Tuhan berjanji akan selalu menyertai Yeremia dan melepaskan Yeremia dari orang-orang jahat tersebut (ay. 8). Salah satu penggenapan janji Tuhan tersebut terjadi ketika Tuhan menyelamatkan Yeremia secara ajaib dari dalam perigi (sumur) yang penuh lumpur (Yer 38:1-13). Tuhan benar-benar menepati janjiNya kepada Yeremia untuk menyertai dan melindungi Yeremia.

Sejak saat itu, Tuhan telah menaruh perkataan-perkataanNya ke dalam mulut Yeremia (ay. 9) dan mengangkat Yeremia menjadi nabi atas bangsa-bangsa (ay. 10). Jika kita memperhatikan isi kitab Yeremia, kita akan menemukan bahwa Yeremia tidak hanya menyampaikan Firman Tuhan kepada bangsa Israel, tetapi ia juga menyampaikan Firman Tuhan kepada bangsa-bangsa lain, termasuk Firman Tuhan dan nubuatan kepada bangsa Babel yang nantinya akan menghancurkan bangsa Israel.

Kita dapat melihat bahwa walaupun Yeremia awalnya menolak, tetapi Yeremia pun akhirnya sadar bahwa Tuhan sendirilah yang telah memilih dirinya untuk menjadi nabi yang menyuarakan kehendak Tuhan. Ketika ia mau taat terhadap panggilan Tuhan, tentunya Tuhan pun akan menyertai Yeremia dan memperlengkapi Yeremia sehingga ia menjadi salah satu nabi besar di sejarah bangsa Israel. Bagaimana dengan kita? Pernahkah kita menolak panggilan Tuhan? Hanya kita sendiri dan Tuhan yang tahu. Tetapi mari mengingat hal ini, Tuhan tidak pernah salah memanggil seseorang untuk menjadi hambaNya, karena sesungguhnya Tuhan telah mengenal orang tersebut jauh sebelum ia dilahirkan. Panggilan Tuhan tidak pernah salah, justru kitalah yang salah jika kita mengabaikan bahkan menolak panggilan Tuhan dalam kehidupan kita, karena jika demikian, maka sesungguhnya justru kitalah yang menolak kehidupan kita sendiri di dunia ini.


Bacaan Alkitab: Yeremia 1:4-10
1:4 Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:
1:5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."
1:6 Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda."
1:7 Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.
1:8 Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN."
1:9 Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu.
1:10 Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.