Selasa, 17 Januari 2012

Tuhan Tak Pernah Ingkar Janji


Minggu, 15 Januari 2012
Bacaan Alkitab: Yosua 21:43-45
Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.” (Yos 21:45)


Tuhan Tak Pernah Ingkar Janji


Mungkin beberapa dari pembaca renungan ini pernah mendengar suatu lagu lawas yang berjudul “Merpati Tak Pernah Ingkar Janji”. Saya sendiri juga tidak tahu mengapa penulis lagu tersebut memilih judul sepert itu. Saya sendiri belum pernah mengamati burung merpati apakah burung tersebut termasuk tipe burung yang suka berjanji dan menepatinya atau tidak. Tapi menurut saya judul lagu tersebut hanyalah kiasan yang membandingkan sikap manusia yang sering ingkar janji dan binatang (dalam hal ini burung merpati) yang justru terkadang lebih setia daripada manusia.

Memang janji manusia itu adalah janji yang sering dilanggar. Namanya saja manusia, semakin dilarang justru semakin dilanggar. Bahkan apa yang diucapkan juga seringkali dilupakan. Coba lihat saja para wakil rakyat dan pemimpin-pemimpin kita yang kita pilih dalam pemilihan umum. Coba lihat sekarang, apakah saat ini mereka masih ingat akan janji-janjinya dalam kampanye? Apakah mereka masih memperjuangkan hak-hak rakyat yang memilih mereka? Begitulah janji manusia yang sangat jarang ditepati, bahkan sangat jarang diingat oleh manusia.

Tapi tidak begitu dengan Tuhan. Tuhan selalu ingat akan janjiNya. Bahkan setelah lewat generasi lepas generasi, janji Tuhan tidak pernah berubah. Tuhan dulu pernah berjanji kepada Abraham bahwa Ia akan memberikan tanah Kanaan sebagai tanah perjanjian bagi Abraham, dan hal tersebut benar-benar ditepati oleh Tuhan, walaupun harus menunggu beberapa ratus tahun kemudian. Saat Musa membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir dan kemudian Yosua membawa bangsa Israel masuk ke dalam tanah perjanjian tersebut, saat itulah Tuhan menepati janjiNya kepada nenek moyang bangsa Israel (ay. 43).

Tuhan pun tidak hanya memberikan tanah perjanjian tersebut kepada bangsa Israel. Tuhan juga memberikan keamanan kepada bangsa Israel kepada bangsa Israel tersebut, sehingga bangsa Israel dapat mendiami tanah tersebut degan tenang. Tuhan melindungi bangsa Israel dari ancaman bangsa-bangsa di sekitarnya. Alkitab mengatakan bahwa tidak ada seorang pun dari musuh bangsa Israel yang tahan berdiri menghadapi mereka. Tuhan menyerakkan seluruh musuh-musuh bangsa Israel. Tembok tebal yang dimiliki kota Yerikho dihancurkan Tuhan dengan cara yang ajaib (Yos 6:20). Tuhan pun menghentikan matahari dan bulan ketika Yosua berperang di daerah Gibeon (Yos 10:13).

Bukankah luar biasa Tuhan Allah bangsa Israel yang sekarang juga telah menjadi Tuhan kita? Kita patut bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan kita adalah Tuhan yang selalu menepati janji-janjiNya. Apa saja janji Tuhan bagi kita? Jika kita ingin mengerti apa saja hal-hal yang Tuhan janjikan kepada kita, cobalah baca Alkitab kita dari kitab Kejadian sampai dengan Wahyu. Di situ kita akan menemukan ratusan bahkan ribuan janji-janji Tuhan bagi orang-orang yang takut akan Tuhan, termasuk kita. Bukankah hal itu sangat luar biasa? Kita tinggal menantikan janji Tuhan tersebut digenapi dalam kehidupan kita, dengan iman percaya kita kepada Tuhan. Sesungguhnya dari semua janji-janji tersebut, segala yang baik yang dijanjikan Tuhan, tidak ada yang tidak dipenuhi, semuanya terpenuhi. Jadi masihkah kita meragukan Tuhan? Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah ingkar janji.


Bacaan Alkitab: Yosua 21:43-45
21:43 Jadi seluruh negeri itu diberikan TUHAN kepada orang Israel, yakni negeri yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah untuk diberikan kepada nenek moyang mereka. Mereka menduduki negeri itu dan menetap di sana.
21:44 Dan TUHAN mengaruniakan kepada mereka keamanan ke segala penjuru, tepat seperti yang dijanjikan-Nya dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka. Tidak ada seorang pun dari semua musuhnya yang tahan berdiri menghadapi mereka; semua musuhnya diserahkan TUHAN kepada mereka.
21:45 Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.