Jumat, 29 Maret 2013

Orang Pertama yang Masuk Surga karena Percaya Kepada Yesus Kristus



Sabtu, 30 Maret 2013
Bacaan Alkitab: Lukas 23:39-43
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."” (Luk 23:43)


Orang Pertama yang Masuk Surga karena Percaya Kepada Yesus Kristus


Pasti kita pernah membaca tentang dua orang penjahat yang disalibkan bersama-sama dengan Tuhan Yesus. Alkitab menulis bahwa salau seorang penjahat tersebut menghujat Yesus, “Bukankah Engkau mengatakan bahwa dirimu adalah Kristus (Mesias)? Mengapa Engkau juga disalib? Selamatkan diriMu dan juga selamatkan kami. Buktikan bahwa Engkau adalah Mesias” (ay. 39). Penjahat yang pertama ini mungkin sudah diliputi kebencian yang luar biasa, dan dalam hatinya tidak ada penyesalan. Jadi ketika ia tertangkap dan disalibkan (yang merupakan bentuk hukuman mati pada zaman Romawi), maka ia pun bersikap skeptis dan menantang orang lain, termasuk Yesus.

Akan tetapi penjahat yang kedua, sadar bahwa ia memang salah, ditangkap dan dihukum mati karena kesalahannya. Oleh karena itu penjahat kedua ini menegor penjahat yang pertama (ay. 40-41) karena ia tahu bahwa Yesus sebenarnya bukan dihukum atas kesalahannya. Penjahat yang kedua ini tahu bahwa Yesus adalah Mesias, sehingga ia pun mengucapkan satu kalimat yang luar biasa bagi seorang penjahat, bahkan bagi seorang manusia biasa sekalipun, “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja” (ay. 42). Secara tidak langsung Ini adalah pengakuan bahwa Yesus adalah Mesias. Penjahat yang kedua ini percaya bahwa Yesus adalah Mesias, dan mempertaruhkan kepercayaannya tersebut dengan mengucapkan perkataannya itu kepada Yesus. Tidak salah bahwa kemudian Yesus menjawab, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus” (ay. 43).

Penjahat yang kedua itu sudah melakukan dua hal penting, yang menyebabkan dirinya selamat dan masuk surga: Pertama, iya percaya bahwa Yesus adalah Mesias (Juru selamat), dan yang kedua, ia mengucapkan hal itu dengan mulutnya sendiri. Tuhan berkata bahwa jika kita mengaku dengan mulut kita, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hati kita, bahwa Allah telah membangkitkan Yesus Kristus dari antara orang mati, maka kita akan diselamatkan (Rm 10:9). Penjahat ini mungkin belum melihat secara langsung bahwa Yesus akan bangkit dari kematian, tetapi dengan  ucapannya bahwa “Yesus akan datang sebagai Raja”, maka sesungguhnya inilah yang dimaksud penjahat tersebut, bahwa ia percaya suatu saat nanti Tuhan Yesus akan datang kembali, dan tidak mungkin Tuhan Yesus dapat datang jika ia tidak bangkit dari kematian.

Menurut pendapat saya, orang ini adalah orang pertama yang menerima kasih karunia Allah melalui Yesus Kristus. Ia adalah orang pertama yang masuk surga karena percaya kepada Yesus Kristus. Murid-murid Tuhan mungkin saja sudah lebih dahulu percaya kepada Tuhan, tetapi mereka mati setelah penjahat ini mati. Penjahat ini mungkin saja hanya beberapa jam berada bersama-sama dengan Yesus di atas kayu salib, tetapi penjahat ini memanfaatkan waktu yang ada dan momen yang sangat penting ini, untuk percaya kepada Yesus. Ia menerima keselamatan itu di waktu-waktu terakhir masa hidupnya.

Saya tidak tahu apakah anda sudah percaya kepada Yesus Kristus atau belum. Banyak orang yang membaca renungan saya secara kebetulan, dan mungkin salah satunya adalah anda. Tetapi saya tidak percaya pada kebetulan semata. Saya percaya bahwa mungkin hari ini Tuhan yang menggerakkan anda untuk membaca renungan saya. Jika anda belum yakin akan keselamatan anda setelah anda mati, percayalah kepada Yesus Kristus, karena tidak ada nama lain selain nama Yesus Kristus yang dapat menyelamatkan anda (Kis 4:12). Bagi anda yang sudah mengaku diri anda Kristen, perhatikan apakah hidup anda sudah sungguh-sungguh berkenan di hadapan Tuhan, atau apakah anda masih hidup dalam dosa-dosa anda. Jangan sia-siakan waktumu. Manfaatkan waktu yang ada ini untuk kembali memperbaharui komitmen anda dengan Tuhan. Tuhan mati untuk saya, untuk anda, dan untuk siapa saja yang mau percaya kepadaNya. Mari di momen hari Jumat Agung dan Minggu Paskah ini kita kembali ingat pengorbanan Yesus. Jangan sia-siakan penderitaan dan kematian Yesus, tetapi bertobatlah, berilah diri kita diselamatkan dan hiduplah menurut jalan Tuhan hari lepas hari, sampai kita akhirnya masuk ke dalam surga yang kekal dan mulia.


Bacaan Alkitab: Lukas 23:39-43
23:39 Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"
23:40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
23:41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
23:42 Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.